Menu

Mode Gelap

Berita · 14 Jun 2023 14:15 WIB

5 Alasan Manchester City Layak Juara Liga Champions 2022/2023


 Manchester City Juara Liga Champions 2023/2024. [Sumber Foto; Instagram Liga Champions] Perbesar

Manchester City Juara Liga Champions 2023/2024. [Sumber Foto; Instagram Liga Champions]

Publikapost.com, Manchester – Manchester City berhasil menutup musim 2022/2023 mengangkat trofi “Si Kuping Besar” dengan mengalahkan wakil Liga Italia, Inter Milan, Ataturk Olympic Stadium, Minggu (11/06/2023) dini hari. Pada malam itu juga The Citizens, sebutan Man City, mencetak sejarah menjad tim Liga Inggris kedua yang mencapai treble winner. Sebelumnya rival sekota mereka, Manchester United, sudah mencapainya dengan Sir Alex Ferguson.

“Berikan kredit untuk raihan lima gelar Premier League dalam tujuh tahun terakhir, dua Piala FA, empat Piala Carabao, kompetisi yang memberi kepribadian,” ujar Guardiola.

“Kredit atas apa yang Anda telah lakukan, Anda wajib menaklukan Eropa agar bisa dianggap sebagai salah satu tim yang benar-benar bagus, dan kami melakukannya,” ujarnya menambahkan. Berikut alasan Manchester City layak menjuarai Liga Champions 2022/2023:

1. Tim komplet, hampir sempurna
Sudah bertahun-tahun, sejak kedatangan Guardiola, Man City dikenal sebagai salah satu tim terbaik di dunia. Skuad mereka sempurna dari lini belakang sampai lini depan.

Musim lalu, langkah Man City terhenti di semifinal, kalah dari Real Madrid dalam duel dua leg. Dua musim lalu, Man City berhasil ke final, tapi keok mengejutkan dari Chelsea yang tidak diunggulkan.

Sekarang, Man City tampak jauh lebih siap. Kedatangan Erling Haaland menyempurnakan skuad mereka. Tim Guardiola komplet, nyaris tanpa cela, dan jelas siap juara.

2. Ambisi besar Josep Guardiola

Tidak ada yang meragukan status Pep Guardiola sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia. Masalahnya, rapor Pep selalu dinilai kurang karena kurangnya trofi Liga Champions.

Sepanjang kariernya sejauh ini, Guardiola baru meraih dua trofi Liga Champions. Keduanya bersama Barcelona, yaitu pada musim 2008-2009 dan 2010-2011.Sejak saat itu, Pep selalu gagal di momen krusial. Dia gagal bersama Bayern dan beberapa kali gagal bersama Man City.

Kegagalan tersebut tentu menyulut ambisi besar pelatih terbaik di dunia ini. Guardiola bakal habis-habisan untuk juara UCL musim ini.

3.Man City sudah lebih siap, waktunya juara

Sejak dilatih Guardiola, tepatnya mulai tahun 2016 lalu, Man City selalu disebut sebagai favorit juara Liga Champions. Mereka jadi unggulan juara hampir di setiap musim.

Sayangnya, sejauh ini pencapaian terbaik Man City adalah final musim 2022-2021 lalu. Mereka pernah sampai ke babak semifinal beberapa kali, tapi selalu gagal.

Kini, sepertinya Man City sudah lebih matang dan lebih siap. Materi pemain tidak jauh berbeda, tapi pengalaman mereka bermain di panggung UCL sudah jauh lebih banyak.

4. Berhasil bungkam sang juara bertahan

Mengalahkan Real Madrid di panggung semifinal Liga Champions sangatlah sulit. Apalagi dengan skor telak 4-0.
Los Blancos memang dikenal sebagai raja UCL. Seolah-olah kompetisi tersebut dibuat untuk mereka. Bahkan, muncul anggapan bahwa jika Madrid sudah tembus semifinal, kemungkinan besar bakal juara.

Nah, Man City berhasil mematahkan anggapan tersebut dengan performa meyakinkan. Mereka menang dengan agregat besar 5-1, menahan imbang sang juara di Bernabeu, lalu menang besar di Etihad.

5. Inter Milan lawan kuat, tapi …

Di atas kertas, skuad Man City jelas lebih tangguh dan lebih berkualitas daripada tim lawan, Inter Milan. Final Liga Champions musim ini diyakini bakal memberikan kejutan.

Tanpa bermaksud mendiskreditkan peluang juara Inter, rasanya musim ini wajar jika Man City jauh lebih diunggulkan. Segalanya mendukung skuad Guardiola untuk juara.

Inter memang sedang mendapatkan momentum positif, tapi situasi bisa berubah saat final nanti. Perlu diingat, laga final akan dimainkan 11 Juni 2023, ketika liga-liga domestik sudah selesai.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Tingkatkan Rasa Nasionalisme, Karutan Ajak WBP Ikuti Upacara Hari Kesadaran Nasional Setiap Tanggal 17

17 Mei 2024 - 16:12 WIB

Ratusan Calon Anggota PPS Pilkada Ikuti Ujian Seleksi Berbasis CAT

17 Mei 2024 - 16:08 WIB

Calon Petahana Suhatri Bur Mendaftar ke Partai Gerindra 

17 Mei 2024 - 00:09 WIB

Trending di Berita