Menu

Mode Gelap

Berita · 9 Nov 2023 21:06 WIB

7 Manfaat Ampas Kopi yang Harus Kalian Ketahui


 Foto istimewah Perbesar

Foto istimewah

Ampas kopi adalah sisa dari proses pembuatan kopi yang seringkali dibuang begitu saja. Namun, tahukah Anda bahwa ampas kopi sebenarnya memiliki banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat ampas kopi yang mungkin belum Anda ketahui:

1-Pupuk tanaman:

Ampas kopi mengandung nutrisi penting seperti kalsium, kalium, nitrogen, besi, magnesium, fosfor, dan kromium. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu memperkaya tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Anda dapat mencampurkan ampas kopi dengan tanah atau menggunakan ampas kopi sebagai pupuk organik.

2-Mengusir serangga dan hama:

Bau ampas kopi yang kuat dapat mengusir serangga dan hama dari tanaman Anda. Anda dapat menaburkan ampas kopi di sekitar tanaman atau mencampurkannya dengan air untuk membuat semprotan alami yang dapat mengusir serangga.

3-Menghilangkan kutu:

Ampas kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada tanaman. Caranya adalah dengan menaburkan ampas kopi di sekitar tanaman yang terinfeksi kutu. Bau ampas kopi akan membuat kutu menjauh.

4-Menghilangkan bau:

Ampas kopi memiliki kemampuan menyerap bau yang tidak sedap. Anda dapat meletakkan ampas kopi di tempat-tempat yang berbau tidak sedap, seperti di dalam lemari atau di dalam kulkas, untuk menghilangkan bau tersebut.

5-Eksfoliasi kulit:

Ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Anda dapat mencampurkan ampas kopi dengan sedikit minyak kelapa atau madu, lalu menggosokkan campuran tersebut pada kulit secara perlahan. Hal ini akan membantu membuat kulit Anda terasa lebih halus dan segar.

6-Pewarna rambut alami:

Jika Anda ingin mencoba pewarna rambut alami, ampas kopi bisa menjadi pilihan yang bagus. Campurkan ampas kopi dengan sedikit air panas, lalu aplikasikan campuran tersebut ke rambut Anda. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas. Ampas kopi akan memberikan warna cokelat gelap pada rambut Anda.

7-Mempercepat pertumbuhan tanaman:

Ampas kopi mengandung zat-zat yang dapat merangsang pertumbuhan tanaman. Anda dapat mencampurkan ampas kopi dengan air, lalu menyiramkan campuran tersebut ke tanaman Anda. Hal ini akan membantu tanaman tumbuh lebih cepat dan lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat ampas kopi yang mungkin belum Anda ketahui. Sebagai sisa dari proses pembuatan kopi, ampas kopi sebenarnya memiliki nilai yang bisa dimanfaatkan. Jadi, jangan langsung membuang ampas kopi begitu saja. Manfaatkan ampas kopi ini untuk kebaikan Anda dan lingkungan sekitar. Selamat mencoba!

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Direktorat Penyidikan Jampidsus Kembali  Tetapkan 7 Orang Tersangka Baru Terkait Perkara Komoditi Emas

19 Juli 2024 - 13:37 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berhasil Mengatasi Inflasi Kemenkeu RI Kucurkan DIF Tahun 2024 

18 Juli 2024 - 23:35 WIB

Komisi IV DPRD Medan Sidak Bangunan Bermasalah Bersama Ketua LSM Penjara Sumut Adi Lubis Dukung Dongkrak PAD

18 Juli 2024 - 23:32 WIB

Tingkatkan Kerjasama Global, UNUJA Gandeng Jiangsu Agri-Animal Husbandry China

18 Juli 2024 - 11:16 WIB

Trending di Berita