Menu

Mode Gelap

Berita Β· 12 Sep 2024 21:35 WIB

Bentuk Kepedulian Terhadap Usaha Perikanan Bupati Suhatri Bur Serahkan 8 Unit Mesin Tempel Untuk Para Nelayan


Bentuk Kepedulian Terhadap Usaha Perikanan Bupati Suhatri Bur Serahkan 8 Unit Mesin Tempel Untuk Para Nelayan Perbesar

 

Padang Pariaman, Publikapost.com Komitmen bersama Bupati Padang Pariaman dengan DPRD untuk terus mensejahterakan para nelayan dan petani Budi Daya Perikanan di Padang Pariaman, hari ini Kita serahkan bantuan berupa 8 Unit mesin tempel 15 PK sebanyak 6 unit untuk KUB Payang Bersinar Korong Pasir Baru Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau, dan 2 dua unit mesin tempel 40 PK untuk KUB Taluak Bungo Korong Pauh Nagari Kataping dan KUB Muaro Anai Indah Korong Talao Mundam Nagari Kataping Kecamatan Batang Anai.

“Kami berharap dengan bantuan ini dapat memotivasi nelayan penerima untuk lebih giat melaut sehingga dapat meningkatkan produksi dan pendapatan.” Sebut Suhatri Bur. saat membuka pelatihan Teknis Budidaya Ikan Gurami Dan Penyerahan Mesin Tempel Untuk Nelayan Di Aula Bapelitbangda Parit Malintang, Kamis (12/9/2024).

Menurutnya, bantuan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan dan perhatian khusus Kita bersama untuk terus mensejahterakan para nelayan dan petani budi daya perikanan di Padang Pariaman.

Ia menyampaikan, dengan bantuan yang kita serahkan ini, untuk dikelola dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh anggota kelompok yang diwakili khususnya, KUB Teluk Bungo, KUB Muaro Anai Indah dan KUB Payang Bersinar.

“Jangan setelah mendapat bantuan malah menjadi pertikaian dan perselisihan antara anggota kelompok,” harapnya.

Menyinggung soal budidaya ikan Gurami, Bupati Suhatri Bur menuturkan, semenjak tahun 2022 Kabupaten Padang Pariaman, telah ditetapkan sebagai lokasi kampung perikanan budidaya yaitu, kawasan yang berbasis komoditas unggulan dan komoditas lokal di Nagari Sungai Asam Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung dengan komoditas ikan Gurami.

Ia melanjutkan, berbagai upaya terus kita lakukan dengan membangun komunikasi dan sinergitas dengan seluruh stake holders, khususnya dengan Kementerian dan Lembaga terkait.

“Insha Allah Tahun 2025 kita telah ditetapkan sebagai Lokasi Prioritas penerima DAK Bidang Kelautan dan Perikanan,” ungkapnya.

Menurutnya, kita juga sedang mengajukan proposal bantuan Excavator dan alat penangkapan ikan ke KKP RI.

“Semua itu untuk kesejahteraan kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman Khairul Nizam menyebutkan, bahwa pemerintah Padang Pariaman melalui Dinas Perikanan telah melaksanakan berbagai kebijakan daerah dalam rangka, meningkatkan produksi perikanan dan pendapatan pelaku usaha perikanan diantaranya adalah pemberian bantuan sarana dan prasarana kegiatan budidaya ikan kepada POKDAKAN seperti, bantuan benih dan induk ikan, pakan ikan dan sarana pendukung lainnya.

Selanjutnya, bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan kepada KUB nelayan seperti, mesin tempel, alat tangkap, serta sarana pendukung lainnya.

Disamping itu, juga diberikan bantuan sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran produk hasil perikanan.

“Hari ini kita melaksanakan peningkatan kapasitas pelaku usaha perikanan melalui bimbingan teknis, pelatihan, penyuluhan dan pendampingan dalam penerapan teknologi di bidang perikanan.

Kegiatan ini, menyasar pembudidaya ikan di Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, kita ambil lokasi ini, karena telah ditetapkan sebagai kampung perikanan budidaya di Nagari Lubuk Pandan dan Sungai Asam,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam bersama jajaran, Kepala Bapelitbangda Azwarman, Kabag Prokopim Anton Wira Tanjung, Kepala Dinas Kominfo diwakili Kabid IKP Heri Sugianto, Para penerima bantuan dan seluruh pelaku Budi Daya Gurami dari Nagari Sungai Asam dan Lubuk Pandan.

(Fakhri)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Polres Padang Pariaman Berhasil Menangkap Pelaku Pembunuhan Penjual GorenganΒ 

19 September 2024 - 20:33 WIB

Diduga Ganja, Petugas Rutan Situbondo Gagalkan Penyelundupan Tembakau Saat Layanan Kunjungan

19 September 2024 - 16:32 WIB

Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit, Kodim 0823/Situbondo Terima Sosialisasi Program ASABRI

19 September 2024 - 13:35 WIB

Hasil Penggeledahan Tim Penyidik Kejari Gowa Pada Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulsel

18 September 2024 - 18:54 WIB

Bimtek APDESI To Bali Harus Dievaluasi, Ini Pernyatan Tegas Ketua PWRI BOGOR RAYA

17 September 2024 - 23:38 WIB

Penutupan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Diprediksikan Lonjakan Kehadiran Pengunjung Padati Stadion Utama

17 September 2024 - 23:32 WIB

Trending di Berita