Menu

Mode Gelap

Berita · 4 Apr 2023 08:16 WIB

Finlandia Secara Resmi Akan Bergabung dengan NATO! Bagaimana Tanggapan Rusia?


Pada 24 Maret 2022, staf sibuk di markas NATO di Brussel, Belgia. ( Difoto oleh reporter Kantor Berita Xinhua, Zheng Huansong) Perbesar

Pada 24 Maret 2022, staf sibuk di markas NATO di Brussel, Belgia. ( Difoto oleh reporter Kantor Berita Xinhua, Zheng Huansong)

Publika Internasional- Pada 3 April waktu setempat, media Tiongkok mengatakan bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Glushko mengatakan bahwa Rusia akan memperkuat pasukan militernya di barat dan barat laut sebagai tanggapan atas serangan yang diperkirakan Finlandia pada Selasa (4 April) ) untuk bergabung dengan NATO.

“Kami akan memperkuat pasukan militer kami di barat dan barat laut. Jika pasukan dan sumber daya negara anggota NATO lainnya dikerahkan di Finlandia, kami akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk memastikan keamanan militer Rusia secara efektif,” kata Glushko.

Menurut laporan sebelumnya, pada Mei tahun lalu, Finlandia dan Swedia melamar untuk bergabung dengan NATO pada waktu yang bersamaan. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Mei tahun lalu mengenai keputusan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO, bahwa “tidak ada masalah” antara Rusia dan Finlandia dan Swedia, sehingga bergabungnya Finlandia dan Swedia dengan NATO tidak menimbulkan ancaman langsung bagi Rusia. perluasan wilayah China pasti akan menimbulkan tanggapan dari pihak Rusia.

Menurut laporan dari CCTV News dan Reuters dan Agence France-Presse, Kantor Presiden Finlandia menyatakan pada 3 April bahwa Finlandia akan secara resmi bergabung dengan NATO pada 4 April.

Sekretaris Jenderal NATO Stoltenberg mengatakan bahwa bendera Finlandia akan dikibarkan di luar markas NATO pada tanggal 4, ketika Finlandia akan menjadi negara anggota NATO ke-31.

Menurut Kantor Berita Xinhua, pada 30 Maret waktu setempat, parlemen Turki menyetujui permohonan Finlandia untuk bergabung dengan NATO dengan 276 suara bulat. Namun, Türkiye masih menentang Swedia bergabung dengan NATO.

Sumber gambar: Visual China-    VCG111325712081

Pada 25 Maret waktu setempat, Karen, juru bicara Kantor Kepresidenan Turki, menyatakan bahwa pintu bagi Turki untuk menyetujui aksesi Swedia ke NATO belum sepenuhnya tertutup. memecahkan masalah keamanannya, itu akan dibuka kembali Tinjauan aplikasi “Pendaftaran” Swedia.

Finlandia dan Swedia tahun lalu meninggalkan kebijakan netralitas militer mereka yang telah lama dipegang dan mendaftar untuk bergabung dengan NATO. Menurut peraturan, NATO harus memiliki “persetujuan bulat” dari 30 negara anggota sebelum dapat menerima anggota baru. Karena keterlambatan mendapatkan ratifikasi dari Turki dan Hongaria, proses “bergabung dengan perjanjian” antara kedua negara telah ditangguhkan.

Pada 27 Maret, Parlemen Hongaria memberikan suara untuk menyetujui aplikasi Finlandia untuk bergabung dengan NATO.Finlandia, Swedia, dan Turki menandatangani nota kesepahaman pada akhir Juni tahun lalu, yang menetapkan bahwa Turki telah setuju secara bersyarat untuk mendukung kedua negara bergabung dengan NATO. Namun, pada bulan Januari tahun ini, pemerintah Swedia menyetujui sejumlah demonstrasi menentang pemerintah Turki atau mendukung Kurdi di ibu kota Stockholm, yang menimbulkan ketidakpuasan yang kuat dari pihak Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kemudian mengatakan bahwa Turki memiliki sikap positif terhadap Finlandia tetapi tidak terhadap Swedia ketika bergabung dengan NATO.

Erdogan mengatakan pada 17 Maret bahwa Turki mengakui upaya Finlandia untuk bergabung dengan NATO dan memutuskan untuk memulai proses meratifikasi “aksesi” Finlandia ke perjanjian tersebut. Namun, Swedia belum dapat memenuhi persyaratan yang relevan, sehingga Turki tidak dapat memajukan persetujuan Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Menurut Reuters, negosiasi antara Swedia dan Türkiye hanya menghasilkan sedikit kemajuan.Sebagian besar analis percaya bahwa Turki akan membuat keputusan tentang “masuknya” Swedia setelah pemilihan umum pada bulan Mei.

Hongaria juga menentang aksesi Swedia ke perjanjian tersebut. Juru bicara pemerintah Hungaria Zoltan Kovacs mengatakan pada 29 Maret bahwa Swedia telah melakukan “sikap bermusuhan” terhadap Hungaria selama bertahun-tahun, dan bahwa perwakilan Swedia “berulang kali mengkritik Hungaria melalui saluran diplomatik dan menggunakan pengaruh politik mereka untuk merusak reputasi Hungaria.” Keuntungan”.

“Ada tingkat ketidakpuasan yang cukup besar terhadap Swedia dan (Hungaria), dan ketidakpuasan ini perlu diselesaikan sebelum negara tersebut disetujui untuk bergabung (NATO).” Kovacs mengatakan bahwa untuk menjembatani perbedaan antara kedua negara, kedua belah pihak perlu bekerja sama.

 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Rutan Kelas I Medan Ikuti Arahan Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, “Kementerian IMIPAS, Dikenal Sebagai Penjaga Gerbang Nusantara dan Pembina Warga Binaan”

22 Oktober 2024 - 14:20 WIB

Sat Lantas Polresta Deli Serdang Intensifkan Patroli Daerah Rawan Balap Liar

22 Oktober 2024 - 14:14 WIB

Polisi Ringkus Pelaku Pencurian di Batu Bara

22 Oktober 2024 - 14:11 WIB

28 Orang Pelaku Dari 14 Kasus Tindak Pidana Narkotika Nyungsep Diperangkap Timah Panas Timsus Polda Sumut

22 Oktober 2024 - 14:07 WIB

Putra Terbaik Polri Masuk Jajaran Kabinet Merah Putih

22 Oktober 2024 - 00:23 WIB

Praperadilan Bupati Situbondo Dengan KPK di Kasus Korupsi PEN Rp240 Miliar

21 Oktober 2024 - 19:14 WIB

Trending di Berita