Menu

Mode Gelap

Berita · 25 Apr 2023 05:39 WIB

Berbekal Rasa Keingintahuan, Mahasiswa Trunojoyo Berhasil Menciptakan Filter Instagram Hingga Viral di Negara Tetangga.


 Berbekal Rasa Keingintahuan, Mahasiswa Trunojoyo Berhasil Menciptakan Filter Instagram Hingga Viral di Negara Tetangga. Perbesar

Publikapost.com- Media sosial merupakan salah satu akses kita untuk bersosialisasi dengan orang lain., Salah satunya yaitu Instagram. Dengan adanya Instagram kita dapat mengabadikan keseharian kita melalui postingan foto maupun video.

Adanya kemajuan teknologi kini dapat kita rasakan, seperti halnya penambahan fitur filter Instagram yang bertujuan untuk mempercantik foto dan video.

Dengan adanya fitur filter Instagram, kini dapat dimanfaatkan momentumnya oleh salah satu pemuda asal Sidoarjo, Jawa Timur.

Muhammad Rifqi Nur Wachid Adi Pratama atau sering dipanggil dengan nama Rifqi menjadi salah satu kreator filter di instagram, bahkan hasil ciptaannya viral hingga berbagai Negara.

Dalam pembuatan filter, Rifqi mempunyai alasan yang sangat mengesankan, yaitu untuk menghemat biaya serta mempersingkat editing foto maupun video.

“Alasan saya untuk membuat filter di instagram karena untuk mempersingkat waktu dalam pengeditan frame dalam gambar, supaya lebih hemat biaya juga waktu itu. Karena pada saat saya mau cetak gambar dan ketika saya request untuk ditambahkan frame, dari pihak percetakan disuruh menambah biaya untuk pembuatan frame. Dari sinilah saya memiliki tujuan untuk membuat filter frame foto di Instagram”.  Tutur Rifqi.

Saat kami wawancarai, Rifqi juga mengatakan ketika membuat filter pertamanya ia hanya penasaran, kemudian mencari sumber informasi yang relevan untuk menggali bakatnya yang belum berkembang.

“Saya membuat filter instagram ini hanya bermodalkan rasa keingintahuan saya dan atas bantuan berbagai informasi dari media sosial.” Kata Rifqi saat itu.

Rifqi juga membagikan cerita dan pengalamannya dalam membuat filter Instagram yang pertama, mulai dari membuat konsep filter hingga membuat filter.

“Semuanya ini saya mulai dari keluangan waktu saya dan juga untuk mengembangkan hobi saya di bidang IT. Karena saya sudah tertarik dengan dunia editing foto dan video sejak SMP, sejak saya tertarik dengan dunia edit foto maupun video sampai” saya memiliki channel youtube pribadi dengan subscriber ratusan ribu.”. Tutur Rifqi kala itu.

Sejak saat itu, Rifqi menguasai keterampilan mengedit foto dan video yang ia kembangkan melalui kanal YouTube-nya. Sembari membuat filter Instagram ini, ia juga menceritakan beberapa kesulitan yang ditemuinya dalam proses pembuatannya.

Dari berbagai macam kesulitan yang ia dapatkan, pemuda asal Sidoarjo ini juga belajar banyak mengenai hal baru dan semakin optimis untuk berinovasi karya terbarunya.

Menurut Rifqi dalam proses pembuatan filter Instagram terdapat beberapa kesulitan, mulai dari penentuan warna, kontras pencahayaan, dan dukungan perangkat.

Perjalanan Rifqi dalam pembuatan filter instagram dia lakukan secara mandiri alias dengan otodidak. Karena Rifqi sebelumnya telah memiliki basic pada bidang IT dan editing foto maupun video, ia juga terbantu dengan skill yang ia miliki.

Dengan informasi yang cukup terbatas, tidak sedikitpun mematahkan semangat pemuda ini dalam menyelesaikan tantangan yang dia hadapi. Justru dengan adanya berbagai kesulitan dan keterbatasan tersebutlah yang membuat Rifqi semakin bersemangat untuk berkarya agar berguna bagi sesama.

“hal yang paling berkesan dalam pembuatan filter ini adalah ketika saya mendapatkan kesulitan dalam penyesuaian kontras, warna dan juga support devicenya. Dari hal itu saya mendapatkan ilmu baru dan saya lebih bersemangat serta optimis dengan apa yang sudah saya usahakan. Sehingga akhirnya filter pertama saya bisa dikenal oleh banyak orang disekitar dan saya mulai mendapatkan penghasilan dari jasa pembuatan filter,” Ungkapnya.

Atas hasil semangatnya sehingga filter Rifqi telah tembus hingga berbagai negara, bahkan pengguna filter mencapai jutaan.

“saya mulai tahu filter buatan saya itu viral ketika saya hendak posting filter terbaru saya, kira-kira jarak seminggu dari filter sebelumnya. Ketika saya cek di frekuensi pengguna, saya kaget karena ada sebanyak 4 juta kali dibuka. Tidak Cuma itu, saya juga dapat banyak pertanyaan dari teman sekampus saya. Serta ada juga yang minta dibuatkan filter,” pungkasnya.

Dari karya tersebut, Rifqi memiliki sebuah harapan terkait dengan skill dan bakatnya dalam bidang IT. Pemuda ini berharap, dengan adanya era teknologi modern, skill yang dia miliki agar dapat menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat untuk banyak orang kedepannya. Tidak hanya melalui filter instagram, namun melalui media yang lain juga, karena kita pergi kemanapun pasti menggunakan teknologi.

Bagi teman-teman yang penasaran dengan karya Muhammad Rifqi Nur Wachid Adi Pratama, kalian bisa melihat di instagram miliknya, yaitu @MRNWAP.

Dari peristiwa tersebut dapat kita simpulkan, bahwa kita harus selalu mengikuti perkembangan zaman, karena dengan adanya perkembangan zaman dapat membawa dampak positif., meskipun banyak dampak positif maka kita jangan sampai terlena dan kita harus bisa mengontrol diri dalam berbagai hal.

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kota Pariaman Jadi Lautan Manusia Saksikan Festival Budaya Pesta Tabuik

22 Juli 2024 - 03:17 WIB

Bertemu Anies Baswedan, Relawan Arta Serahkan Kartu Jakarta Bahagia 

22 Juli 2024 - 03:09 WIB

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Trending di Berita