Menu

Mode Gelap

Berita ยท 9 Okt 2023 21:47 WIB

Berikut Upaya Mencegah Konflik Perang Antar Negara Pecah


 Prajurit mengendari tank dan siap bertempur. [Sumber Foto: AFP/ANATOLII STEPANOV] Perbesar

Prajurit mengendari tank dan siap bertempur. [Sumber Foto: AFP/ANATOLII STEPANOV]

Situbondo, Publikapost.com – Konflik wilayah antara Palestina dan Israel kembali membuat dunia terkejut. Serangan pertama Hamas pecah pada Sabtu (7/10/2023) dini hari. Faksi Palestina tersebut memulai serangan multi-cabang sekitar pukul 6:30 pagi waktu setempat dengan ribuan roket yang ditujukan hingga Tel Aviv dan Yerusalem, beberapa diantaranya melewati sistem pertahanan Iron Dome dan menghantam bangunan.

Baku tembak terjadi hingga malam hari antara pasukan Israel dan ratusan milisi Hamas di setidaknya 22 lokasi Israel. Hamas menyebut serangannya sebagai “Operasi Banjir Al-Aqsa” dan menyerukan “pejuang perlawanan di Tepi Barat” serta di “negara-negara Arab dan Islam” untuk bergabung dalam pertempuran tersebut.

Sayap bersenjatanya, Brigade Ezzedine Al-Qassam, mengeklaim telah menembakkan lebih dari 5.000 roket, sementara Hecht mengatakan Israel menghitung lebih dari 3.000 roket masuk.

Kejadian serupa, dalam artian konflik perang, bukan hanya terjadi antara Hamas-Palestina saja, meskipun konfliknya berkepanjangan. Sebelum keduanya pecah perang, Rusia dan Ukraina juga terlibat perang dengan memperebutkan wilayah.

Menukil Wagingpeace, ada banyak upaya mengatasi supaya tidak terjadi perang antar negara di dunia ini

1.Memberikan Dukungan Penuh pada Pembentukan Pengadilan Kriminal Internasional

Hal ini dilakukan agar pemimpin nasional dapat diadili untuk semua kejahatan perang yang mengerikan pada akhir permusuhan apa pun. Semua pemimpin yang melakukan kejahatan mengerikan harus dimintai pertanggungjawaban di bawah hukum internasional seperti yang mereka lakukan di Nuremberg, dan mereka harus menyadari hal ini sejak awal.

2. Memakzulkan Pemimpin Terpilih yang Mempromosikan atau Mendukung Perang Preventif Ilegal

Ini merupakan tanggung jawab warga negara dalam demokrasi untuk melakukan kontrol atas pemimpin mereka yang mengancam akan melakukan kejahatan di bawah hukum internasional, dan pemakzulan menyediakan alat penting untuk mencapai kontrol ini.

3. Gencatan Senjata

Tindakan ini bisa dilakukan dengan disaksikan oleh negara lain maupun PBB, sehingga ketika perjanjian yang telah disepakati ditandatangani, diharapkan isi perjanjian tersebut benar-benar dilaksanakan oleh pihak-pihak yang bertikai. Gencatan senjata dapat memulihkan hubungan negara yang bertikai secara bertahap hingga akhirnya benar-benar terbentuk perdamaian di antara negara tersebut. Sayangnya perjanjian gencatan senjata sering kali tidak mencantumkan sanksi apabila ada yang melanggar, sehingga peperangan dapat berpotensi untuk terjadi kembali.

4.Melakukan Negosiasi

Negosiasi mungkin perlu dilakukan di antara pihak yang bertikai, dengan perwakilan masing-masing pihak duduk bersama membicarakan jalan tengah untuk mengakhiri pertikaian. Dengan melakukan negosiasi maka diharapkan pihak yang terkait mampu berpikir dengan kepala dingin dan mencari solusi yang tepat, dan membicarakan masalah dengan baik-baik agar masalah dapat diselesaikan secara lembut. Tindakan ini juga sebaiknya melibatkan pihak ketiga sebagai penengah agar negosiasi dapat berjalan lancar.

5. Menghargai Budaya Negara Lain

Dengan saling menghargai kita akan selalu berusaha untuk tidak menghina atau memojokkan budaya tertentu, karena sebuah budaya yang aneh bagi kita sebenarnya merupakan kearifan lokal yang perlu untuk dilestarikan. Saling menghargai akan mencegah terjadinya peperangan karena masing-masing pihak merasa tidak ada yang perlu diperdebatkan dan konflik pun dapat dihindari.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

MIO INDONESIA Gelar Raker di Tavia Heritage Hotel Jakarta Pusat, Akan Dibuka Menkoinfo RI

20 Mei 2024 - 22:54 WIB

Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat Ungkap 3 Perkara Kriminal

20 Mei 2024 - 22:07 WIB

Kondisi Adelia Rahma Tengah Kritis di RSUP M Djamil Padang

20 Mei 2024 - 20:44 WIB

Siswa SMPN 73 Tebet Nekat Terjun dari Lantai 3, Korban Frustasi Dijauhi Teman Kelas

20 Mei 2024 - 20:27 WIB

Sebagai Penguatan Sektor Pertanian, Kajati Sulsel Agus Salim Laksanakan Kunker Ke Luwu Timur

20 Mei 2024 - 16:12 WIB

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Trending di Berita