Menu

Mode Gelap

Berita · 20 Apr 2023 15:25 WIB

Berkah Lebaran, Kue Nastar Bikinan WBP Rutan Situbondo Banjir Orderan


 Rutan Situbondo Kelas IIB ( Foto Dedi) Perbesar

Rutan Situbondo Kelas IIB ( Foto Dedi)

Situbondo -Tahun ini menjadi tahun penuh perubahan dan semangat progresifitas bagi Rutan Kelas IIB Situbondo. Pasalnya, dalam tahun pertama kepemimpinan Karutan Rudi Kristiawan, terdapat banyak gebrakan serta inovasi kegiatan pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berhasil mencuri perhatian, Kamis, (20 April 2023).

Hal ini ditandai dengan semenjak Rudi Kristiawan menjabat sebagai Karutan Situbondo banyak hal yang dilakukan dalam menggebrak kegiatan kerja WBP Rutan Situbondo diantaranya dari pembuatan Rusibon Resto dalam Rutan, Penjualan Produk unggulan Rutan Situbondo di CFD Kabupaten Situbondo yang mengikutsertakan WBP dalam kegiatan mingguan itu, baru-baru ini Karutan Rudi Kristiawan menambah kegiatannya dengan menyuruh para WBP nya produksi kue nastar lebaran.

Pembuatan Kue Nastar Karya WBP (Foto Dedi)

Selain itu sebut saja lapak Rusibon Foodcourt dalam gelaran Car Free Day (CFD) Kabupaten Situbondo yang jajakan berbagai produk unggulan Rutan seperti kue coklat, pie susu dan beberapa kerajinan berbasis rotan sintetis selalu ludes setiap minggunya.

“Alhamdulillah, berbagai program inovasi yang kami canangkan dapat diterima dengan baik serta juga turut melibatkan WBP dalam penerapannya,” ungkap Rudi Karutan Situbondo.

Menyemarakkan momen Lebaran, hari raya kemenangan Ramadhan 1444 Hijriyah, Rutan IIB Situbondo tidak berhenti berinovasi. Kali ini, produk olahan Kue Nastar kreasi WBP yang dikemas dengan branding Rusibon Cake & Bakery banjir pesanan.

Tidak tanggung-tanggung, produksi harian kue nastar jelang lebaran Rutan Situbondo sentuh angka 10 toples dengan berat sekitar setengah kilo pertoplesnya. “Sudah produksi dan laku sampai 100 toples lebih,” bebernya.

Usut punya usut, pembuatan Kue Nastar jelang lebaran berawal dari keinginan Karutan untuk mendorong segenap WBP bisa tetap produktif selama jalani masa hukumannya.

“Saya ingin mereka semua produktif, tidak hanya makan, tidur secara gratis disini, tapi mereka disini saya dorong untuk belajar dan bekerja,” ugkapnya.

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan, ketika WBP bekerja membuat sesuatu, pihak Rutan memberikan dukungan berupa arahan dan ikut serta mempromosikan karya WBP Rutan Situbondo. “Untuk nastar bahkan laku hingga Surabaya,” tutur Rudi.

Terkait dengan pengelolaan hasil keuntungan dari produksi kue nastar kreasi WBP, dilakukan pembagian keuntungan secara rata. Dijelaskan, 50 persen dari pendapatan diputar kembali sebagai pengembalian modal dan bahan baku. “15 persen untuk gaji WBP dan sisa 35 persen untuk kesejahteraan seluruh pegawai,” sambungnya.

Hingga mendekati momen lebaran 1444 Hijriah, Rusibon Cake & Bakery terus peroleh banjir orderan kue nastar. Berkat citarasa nikmat dan teksturnya yang lembut, order pesanan tidak hanya dari pegawai rutan namun juga dari masyarakat setempat juga berdatangan. “Dari UPT lain seperti Surabaya dan Bangil juga memesan karena harganya sangat murah yaitu 55ribu per toplesnya,” jelas Mantan Karutan Padang Panjang itu. (Dedi)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita