Menu

Mode Gelap

Berita · 10 Jul 2023 14:49 WIB

Buah Tangan Jamaah Haji Usai Pulang ke Indonesia


 [Kemenag.go.id] Perbesar

[Kemenag.go.id]

Publikapost.com, Indonesia – Perlahan tapi pasti para jamaah asal Indonesia memadati bandara, pertanda pelaksaan ibadah haji Tahun 2023 sudah usai. Tangisan haru dan rasa syukur tumpah usai penjemputan oleh sanak saudara di bandara. Begitu pula ketika sudah di tiba di kampung halaman, para warga sekitar menanti kepulangan nya berharap barokah tanah suci.

Terkait barang bawaan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan sudah mengimbau jamaah haji untuk mematuhi aturan pembawaan barang penumpang yang tertera dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017.

Mengutip harianhaluan.com, berikut ada beberapa buah tangan yang yang akan dibawa pulang jamaah asal Indonesia pasca melaksanakan ibadah haji:

1. Kismis Arab

Biasanya kismis berwarna hitam. Namun kismis Arab lebih berwarna terang. Kismis yang sering dijadikan oleh-oleh adalah kismis yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam. Kismis ini sering menjadi toping nasi kebuli oleh masyarakat Arab. Serta memiliki harga yang lumayan mahal.

2. Kurma

Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan adalah berbagai macam jenis kurma. Kurma ini biasanya memiliki rasa yang sangat manis dan tampilan yang lebih bagus. Banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi kurma. Karena kurma mengandung banyak mineral, vitamin dan serat yang tinggi. Sehingga bisa mencegah tubuh dari berbagai risiko penyakit dan menambah energi.

3. Air Zam-zam

Air Zam-zam merupakan oleh-oleh wajib jamaah haji yang selalu dibawa pulang ke Indonesia. Oleh-oleh yang satu ini selalu dinantikan oleh sanak saudara di rumah. Karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

4. Perlengkapan Ibadah

Selain makanan, oleh-oleh haji yang selalu dibawa pulang adalah perlengkapan ibadah. Biasanya jamaah haji akan berbelanja di Pasar Jafariyah yang memiliki banyak pilihan barang seperti sajadah, gelang, tasbih dan masih banyak lagi.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita