Menu

Mode Gelap

Berita ยท 6 Jun 2024 17:17 WIB

Bupati Padang Pariaman Intruksikan Petugas Damkar Harus Cepat Mengatasi Bahaya Kebakaran dan Melindungi Masyarakat dari Potensi Bencana


 Bupati Padang Pariaman Intruksikan Petugas Damkar Harus Cepat Mengatasi Bahaya Kebakaran dan Melindungi Masyarakat dari Potensi Bencana Perbesar

 

Pariaman, Publikapost.com Melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Padang Pariaman, memberikan pembinaan kepada relawan pemadam kebakaran (RedKar) serta sosialisasi penanggulangan bahaya kebakaran bagi Satlinmas Tahun 2024.

Kegiatan ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, di Gedung Saiyo Sakato Pariaman, Kamis (06/06/24).

Dalam arahannya, Bupati Suhatri Bur menyebut, bahwa Damkar itu bukan hanya bertugas untuk memadamkan api, namun lebih dari itu, Damkar punya tugas melindungi masyarakat dari berbagai potensi bencana lingkungan.

Maka untuk itu, Damkar harus bersinergi dengan beberapa OPD terkait. Ditegaskan, Damkar jangan mengemukakan egonya dalam bertugas, karena menyangkut dengan keselamatan masyarakat.

“Petugas Damkar jangan kemukakan ego, harus ada SOP bergerak dalam menerima laporan,” tegasnya lagi.

Ditambahkan oleh Suhatri Bur, Damkar tidak dibenarkan datang terlambat, apalagi jika tempat kejadian dekat dari jangkauan.

“Saya instruksikan agar ini disikapi dan menjadi sebuah bahan evaluasi. Jangan kejadian lagi sebagaimana musibah kebakaran ruko di Lubuk Alung, sedangkan posko kita hanya berjarak 300 meter dari lokasi,” terangnya.

Kedepannya, melalui berbagai bimbingan dan sosialisasi, agar meningkatkan kemampuan petugas Damkar untuk lebih maksimal, ketika dilapangan Petugas harus cek secara berkala mobil dan fasilitas penunjang lainnya, untuk memaksimalkan tugas dan tanggungjawab kemanusiaan yang diemban.

“Petugas dan mobil Damkar harus siap kapanpun, hal ini harus menjadi konsentrasi bersama, agar sebagai potensi musibah kebakaran itu lebih cepat teratasi atau mungkin kita minimalisir,” ungkapnya.

Sosialisasi Penanggulangan Damkar ini dilaksanakan dalam dua sesi.

Sesi pertama penyampaian, materi dari Kasatpol PP Damkar dan Kabidnya.

Untuk sesi kedua, melakukan praktek langsung cara penanganan pemadaman kebakaran.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Kasatpol PP Damkar Rifki Monrizal bersama jajaran, Kepala OPD dan Camat, serta anggota Linmas Nagari sebagai peserta kegiatan dalam penanggulangan bahaya kebakaran.

(Fakhri)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Sekdakab Padang Pariaman Buka Bimtek Perizinan Usaha Bagi Para Investor Yang Akan Berinvestasi

20 Juni 2024 - 18:57 WIB

Kejati Sulsel Memberikan Sambutan Kerjasama Badan Diklat Kejaksaan RI Dengan United Nations Office On Drugs And Crime (UNODC)

20 Juni 2024 - 18:53 WIB

HUT Bhayangkara Ke 78 , Polda Sumatera Barat Menggelar Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolda Cup 2024

19 Juni 2024 - 23:30 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan Beasiswa Sebanyak 3.722 Orang Siswa Siswi SMP dan SD

19 Juni 2024 - 20:59 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan SK Pengangkatan 2000 Orang Pegawai PPPK

19 Juni 2024 - 18:54 WIB

Wakajati Sulsel Pimpin Penyembelihan Hewan Qurban 1445 H Di Kantor Kejati Sulsel

19 Juni 2024 - 15:37 WIB

Trending di Berita