Menu

Mode Gelap

Berita ยท 6 Mei 2024 16:22 WIB

Bupati Suhatri Bur Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII


 Bupati Suhatri Bur Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII Perbesar

Bupati Suhatri Bur Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII

Padang Pariaman, Publikapost.com – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekaligus Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXVIII tahun 2024, bertempat di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman, Senin (06/05/2024).

Bupati Padang Pariaman, menjadi inspektur upacara tersebut dalam arahannya, saat menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, mengajak semua pihak untuk terus bergotong-royong menyemarakkan dan melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar.

“Pendidikan adalah kunci untuk kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan kearah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan, terkhususnya di Padang Pariaman,” ujar Suhatri Bur.

Sementara itu, saat membacakan pidato Menteri Dalam Negeri menyebutkan, Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat, dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Berangkat dari prinsip dasar inilah, otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 (dua) tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi,” terangnya.

Menurutnya, otonomi daerah memberikan ruang bagi daerah untuk mengelola sumber daya dan keuangan sendiri untuk pembangunan daerah, ia juga berharap untuk dapat memanfaatkan otonomi daerah ini sebaik-baiknya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di tengah sambutannya, Bupati Suhatri Bur juga menyinggung permasalahan stunting di Padang Pariaman.

Menurutnya, stunting merupakan masalah serius yang harus segera diatasi.

Ia mengajak, seluruh pihak terkait untuk bekerja keras dalam memerangi stunting.

“Pemerintah pusat menargetkan tahun 2024 angka stunting anak turun menjadi 14 persen secara nasional, untuk itu perlu ditingkatkan dalam mengambil langkah dan strategi dalam upaya menekan angka stunting,” ungkapnya.

Adapun tema dalam peringatan Otda ini yaitu, “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.”

Upacara tersebut, diikuti oleh jajaran Forkopimda Padang Pariaman, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Padang Pariaman, para pelajar dan masyarakat umum.

Usai upacara, dilakukan penandatanganan kerjasama oleh Satpol PP Damkar dengan Dinas Pendidikan Padang Pariaman, dalam rangka sinergi pembinaan moralitas perilaku dan keterampilan pelajar dalam membentuk generasi muda yang berkarakter serta juga dilaksanakan penyerahan bantuan kepada siswa-siswi SD Se- Kabupaten Padang Pariaman yang terdampak bencana banjir.

(Fakhri)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Pelepasan Siswa Kelas VI SDN 5 Kendit Menampilkan Berbagai Kesenian dan Kebudayaan

15 Juni 2024 - 23:36 WIB

Puncak Bakti Sosial AKABRI 1994, Peringati 30 Tahun Pengabdian

15 Juni 2024 - 23:02 WIB

Kantor Camat Medan Area Terbakar, FAM Minta Usut Terjadinya Kebakaran Dikantor Camat

15 Juni 2024 - 19:06 WIB

Melalui Kirab Budaya Nusantara, SDN 5 Kendit Wujudkan Generasi Milenial Berkarakter Dan Memiliki Budaya Nusantara

15 Juni 2024 - 18:00 WIB

Kepala Sekolah SMP Methodist 9 Dipanggil Dinas Pendidikan Kota Medan Terkait Penyalahgunaan Dana Bos

15 Juni 2024 - 12:18 WIB

Penjelasan Bupati Padang Pariaman Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023ย 

14 Juni 2024 - 23:48 WIB

Trending di Berita