Menu

Mode Gelap

Berita · 18 Nov 2023 21:04 WIB

Coba 7 Makanan Khas Jawa Timur


 Foto: shutterstock.com Perbesar

Foto: shutterstock.com

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan kuliner. Salah satu hal yang membuat Jawa Timur terkenal adalah makanan khasnya yang lezat dan kaya cita rasa. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jawa Timur yang patut Anda coba:

1. Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah hidangan sup dengan kuah bening yang terbuat dari kaldu ayam yang gurih. Biasanya disajikan dengan daging ayam, tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Rasanya yang lezat membuat Soto Lamongan menjadi salah satu makanan khas yang populer di Jawa Timur.

2. Rawon

Rawon adalah masakan berkuah hitam yang terbuat dari bumbu rempah-rempah seperti kluwek. Daging sapi yang dimasak dalam kuah rawon ini memiliki cita rasa yang khas dan gurih. Biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, telur asin, dan kerupuk.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah makanan yang terbuat dari campuran sayuran segar seperti timun, krai, tauge, dan kangkung yang disiram dengan bumbu rujak yang pedas dan manis. Yang membuat Rujak Cingur menjadi istimewa adalah adanya cingur sapi yang dimasukkan ke dalamnya. Cingur sapi adalah hidung sapi yang dimasak dan memiliki tekstur kenyal.

4. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang adalah makanan yang terdiri dari sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, dan kangkung yang disiram dengan bumbu kacang yang khas. Biasanya disajikan dengan lontong dan dilengkapi dengan rempeyek sebagai pelengkap.

5. Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan yang terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, dan lentho yang disiram dengan kuah kacang yang gurih. Rasanya yang lezat dan tekstur yang kenyal membuat Lontong Balap menjadi makanan favorit di Jawa Timur.

6. Nasi Bebek

Nasi Bebek adalah hidangan nasi yang disajikan dengan daging bebek yang dimasak dengan bumbu khas Jawa Timur. Daging bebek yang empuk dan bumbu yang meresap membuat Nasi Bebek menjadi makanan yang lezat dan menggugah selera.

7. Tahu Tek

Tahu Tek adalah makanan yang terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan kuah kacang yang kental dan bumbu petis. Biasanya disajikan dengan irisan mentimun, tauge, dan kerupuk sebagai pelengkap.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang patut Anda coba. Setiap makanan memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa mencicipi kelezatan makanan-makanan khas ini. Selamat menikmati!

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Direktorat Penyidikan Jampidsus Kembali  Tetapkan 7 Orang Tersangka Baru Terkait Perkara Komoditi Emas

19 Juli 2024 - 13:37 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berhasil Mengatasi Inflasi Kemenkeu RI Kucurkan DIF Tahun 2024 

18 Juli 2024 - 23:35 WIB

Trending di Berita