Menu

Mode Gelap

Berita ยท 9 Nov 2023 18:13 WIB

Dandim 0823/Situbondo, berikan Penghargaan, Tali Asih dan Do’a bersama untuk mengenang jasa Pahlawan Lettu Nidin, Putra Daerah Situbondo


 Dandim 0823/Situbondo berfoto bersama Putra Alm. Lettu Nidin beserta tamu undangan lainnya. Perbesar

Dandim 0823/Situbondo berfoto bersama Putra Alm. Lettu Nidin beserta tamu undangan lainnya.

Situbondo, Publikapost.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional ke-78 tahun 2023, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro menggelar Do’a bersama dan memberikan penghargaan serta Tali Asih kepada keluarga Veteran Pejuang Kemerdekaan yakni Lettu (Letnan Satu) Nidin Sastroprayitno atas jasa-jasanya yang telah gugur di Medan Pertempuran demi mempertahankan wilayah Situbondo Khususnya dan Negara pada umumnya. Kegiatan tersebut berlangsung Aula Makodim 0823 Situbondo. Kamis, (09/11/2023).

Dalam kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Forum Peduli Sejarah Perjuangan Situbondo, Teguh Wicaksono beserta anggota, perwakilan Siswa-siswi SMA dan Perguruan Tinggi Situbondo serta Pramuka.

Kegiatan Doa bersama dan pemberian penghargaan serta Tali Asih kepada keluarga Veteran Pejuang Kemerdekaan ini adalah bagian dari wujud nyata jajaran Kodim 0823/Situbondo bersama Forum Peduli Sejarah Perjuangan Situbondo dan langsung diterima oleh putra kandung Lettu (Letnan Satu) Nidin Sastroprayitno yang bernama Arman Santoso.

Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro berikan Tali Asih kepada Putra Alm. Lettu Nidin

Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Anjas Asmoro, S.E. dalam sambutannya mengatakan bahwa, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, terlebih ini adalah salah satu para Veteran Pejuang Kemerdekaan untuk wilayah Situbondo yang juga lahir di Situbondo tepatnya di Arjasa, beliau telah gugur untuk berjuang mempertahankan wilayah Situbondo.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Situbondo yang ada hendaknya Jangan sekali-kali melupakan sejarah atau yang dikenal dengan JASMERAH” tegas Dandim Situbondo.

Ditambahkan oleh Letkol Anjas Asmoro, semoga niat baik yang kita perbuat ini dapat memperkuat nilai-nilai persatuan, kesatuan, dan kebersamaan di tengah Komponen masyarakat Situbondo.

“Kita semua berkomitmen untuk terus mengenang dan menghargai jasa para Pahlawan, para Veteran Pejuang Kemerdekaan yang telah gugur mengorbankan jiwa, raga bahkan harta benda demi berjuang untuk wilayah Situbondo yang saat bisa kita rasakan bersama.” pungkas Dandim Situbondo.

Berikut sejarah singkat Lettu (Letnan Satu) Nidin Sastroprayitno yakni, Lettu (Letnan Satu) Nidin Sastroprayitno lahir pada tahun 1915 di Arjasa.Berprestasi selama sekolah hingga pada tahun 1942 sehingga diangkat menjadi guru sekolah rakyat di Mangaran. Lulus sebagai tentara PETA 10 April 1944. Pembentukan BKR 1945 dan bergabung di Batalyon 5 Semut Merah. Letnan Nidin bawa divisi 7 Untung Suropati ikut bertempur pada 10 November di Surabaya. Pada Agresi Militer 1 menjadi Komandan seksi satu Kompi 4 Batalyon 5 Semut Merah. Pertempuran 1 Agustus di jembatan Curah Kalak membuat Letnan Nidin tertembak dan gugur pada 3 Agustus 1947 di Rumah Sakit darurat Desa Kedunglo, Kecamatan Asembagus. (Dee)

Artikel ini telah dibaca 94 kali

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita