Menu

Mode Gelap

Berita · 18 Jun 2023 12:31 WIB

Destinasi Wisata Kabupaten Situbondo, Ada “Africa Van Java”


 Taman Nasional Baluran Kabuapaten Situbondon. [Sumber Foto: pariwisata.situbondokab.go.id] Perbesar

Taman Nasional Baluran Kabuapaten Situbondon. [Sumber Foto: pariwisata.situbondokab.go.id]

Publikapost.com, Situbondo – Julukan Kabupaten “Bumi Sholawat Nariah” menjadi Situbondo memiliki daya tarik berbeda bagi masyarakat. Namnun, kabupaten yang berada di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi tersebut juga memiliki tempat wisata yang begitu indah.

Dengan akses infrastruktur yang terus diperbaiki pihak pemerintah daerah untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung menjadi hal prioritas. Berikut tempat destinasi wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga yang terletak di Kabupaten Situbondo:

1. Taman Nasional Baluran

Daya Tarik Wisata dengan branding wisata “Africa Van Java” adalah Taman Nasional Baluran, saat musim kemarau dapat melihat panorama yang mirip dengan daratan Afrika, namun saat musim hujan pemandangannya hijau mempesona dengan latar belakang Gunung Baluran terdapat pula Savana Bekol dengan rerumputan dan pepohonan yang eksostis menjadi habitat satwa seperti kerbau, banteng, rusa, kera, lutung, merak dan ular serta beberapa jenis burung kecil menjadi pemandangan menakjubkan serasa di Afrika.

Ada beberapa spot daya tarik yang bisa dikunjungi. Dari luasnya padang Savana Bekol, sampai lebatnya hutan hijau Evergreen Forest, hingga keindahan bawah laut di Bama. Selain itu juga ada beberapa destinasi lain seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, dan Pandean atau Candi Bang.

2. Ekowisata Kampung Blekok

Kampung Blekok dengan Branding Wisata “Harmony of Life” merupakan salah satu wisata baru yang ada di Kabupaten serta dikembangkan menjadi ekowisata dalam rangka konservasi hayati dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan alam.

Letaknya di Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Suasana nyaman kental terasa, begitu kita menginjakkan kaki di kampung yang berjarak 10 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit dari Kota Situbondo. Tidak hanya laut yang indah, hijaunya bakau yang merupakan habitat beragam burung air membuat kita betah selama mungkin dalam daya tarik wisata ini.

Disebut Kampung Blekok dikarenakan banyak sekali spesies burung air yang terdapat di kawasan ekowisata ini antara lain blekok sawah [ Ardeola speciosa ], kuntul kecil [ Egretta garzetta ], kuntul kerbau [ Bubulcus ibis ], kowak-malam abu [ Nycticorax nycticorax ], cangak abu [ Ardea cinerea ], cangak merah [ Ardea purpurea ], dan kokokan laut [ Butorides striatus ].

Selain burung air, Kampung Blekok merupakan habitat hutan mangrove yang dikembangkan menjadi kawasan konservasi hutan mangrove sebagai penyedia layanan penting dengan kemampuan ekosistem mangrove dalam menyimpan karbon.

3. Air Terjun Talempong

Keistimewaan air terjun telempong adalah tingkat tiga yang membuat jatuhnya air semakin cantik. Dengan ketinggian ± 50 m menambah kecantikan lenggok jatuhnya air serta terpaan butiran air menambah segarnya udara di sekitar lokasi, sangat cocok untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali ke rutinitas pekerjaan.

Airnya yang sejuk membuat anda tidak nahan untuk bermain air bahkan basah-basahan, banyaknya bebatuan yang besar akan membuat pemandangan semakin keren dan memberikan sensasi yang berbeda ketika anda menyusuri sungai – sungai dengan bebatuan ini.

Ketika mengunjungi air terjun talempong disarankan anda membawa bekal makanan/minuman, tapi ingat bungkusnya jangan dibuang sembarang karena kondisi alam yang sangat alami.

Akses menuju lokasi tidaklah sulit ditempuh dengan waktu 1,5 jam dari pusat kota, setelah sampai di Desa telempong dapat diakses dengan jalan rigid dan boardwalk (jembatan wisata), barulah traveler menjumpai air terjun eksostis dan menawan. Alamat Lokasi dari Air Terjun Talempong berada di Desa Talempong , Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

4. Pantai Tampora

Pantai Tampora yang terletak di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur ini memiliki pasir putih serta terdapat tebing bebatuan. Pantai tampora terletak di balik bukit dimana pohon-pohon rimbun menjadi nilai plus bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai ini. Hembusan angin pantai dan sejuknya angin perbukitan menjadikan suasana penuh dengan relaksasi jiwa dan pikiran.

Terdapat dua akses jalan menuju ke pantai tampora untuk akses masuk dan keluar yaitu akses utama (entry) melalui akses jalan bukit dan akses jalan keluar (exit) melalui jalan bawah gang dekat masjid. Disarankan untuk lebih baik masuk lewat bukit, alasannya yaitu keindahan bukit ini mampu menghapus kelelahan anda selama berjalan menjadi kebahagiaan, pemandangan diatas begitu interesting dan anda tidak akan kecewa dengan berlibur di pantai tampora.

Bila anda berkunjung ke pantai tampora disarankan untuk membawa bekal makanan, piknik di tempat ini sungguh sangat menyenangkan, apalagi kalau sore hari, sinar orange mewarnai langi barat pantai tampora. Angin sepoi-sepoi dan suara dedaunan bercampur baur dengan deburan ombak akan melengkapi kenikmatan panca indra disana.

Bila anda membawa mobil sebaiknya parkir di tempat yang disediakan depan pos tiket, karena akses jalan ke pinggir pantai tidak cukup untuk mobil, rimbun pepohonan sungguh mempesona, seolah-olah kita berada di tengah hutan. Pantai tampora berjarak 30 menit dari terminal Besuki Situbondo.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih Situbondo terletak di kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Masyarakat Jawa timur banyak mengenal Situbondo dari pantai Pasir Putih, suatu tempat rekreasi pantai yang berjarak kurang lebih 23 km di sebelah barat Situbondo.

Pasir Putih terenal dengan pantainya yang landai dan berpasir putih serta dengan ombak yang tenang. Dalam menyamarkan ulang tahunnya dibulan februari, pantai pasir putih rutin mengadakan berbagai lomba, diantaranya Lomba Ayam Sap-sap, layang-layang, perahu layar, perahu kano dan mancing.

Lomba ayam sap-sap yang dimaksud adalah lomba lepas ayam dari tengah laut sejauh ± 300 m dari bibir pantai, sebagai pemenangnya adalah ayam yang sampai dulu di pinggir pantai.

Tiket masuk wisata terjangkau. Pengunjung bisa sepuasnya untuk bermain dan berenang di pantai yang memiliki pasir berwarna putih dan air laut yang hijau. Disana kita bisa berenang, diving, snorkeling, bermain perahu layar dan kano, disini pengunjung khususnya anak-anak biasa menghabiskan waktu ditepi pantai untuk mencari keong dan kerang maupun ikan-ikan kecil saat air laut sedang surut.

Fasilitas dipantai ini pun cukup lengkap antara lain kamar mandi, musholla, tempat parkir, toko oleh-oleh kerajinan dari kerang dan batik Situbondo, warung makan, juga panggung musik dangdut lengkap dengan harga pintu jika hari libur besar.

Di samping kanan dan kiri pantai ini terdapat beberapa hotel bagi yang ingin bermalam di kawasan pantai pasir putih ini. Bila ingin menikmati semilir angin pantai sambil bermalam di tepi pantai, juga bisa mendirikan tenda yang sudah disediakan oleh pengelola pantai.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita