Menu

Mode Gelap

Berita · 16 Jun 2023 11:08 WIB

Destinasi Wisata Terpopuler di Indonesia, Keindahan yang Begitu Nyata


 Destinasi Wisata Terpopuler di Indonesia, Keindahan yang Begitu Nyata Perbesar

Publikapost.com, Jakarta – Negara Indonesia dengan banyak pulau menyediakan tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga atau bersama teman kantor.

Dengan tersebarnya tempat wisata yang banyak membuat kalangan pengunjung bingung untuk mengunjunginya. Namun beberapa orang memilih tujuan wisata dengan menggunakan aplikasi pencari seperti halny Google.

Mengutip dari laman Kemenparekraf.go.id, berikut tempat liburan populer di Indonesia yang dapat menjadi tujuan wisatawan akhir tahun ini.

1. Labuan Bajo
Tempat liburan paling populer pertama ialah Labuan Bajo. Labuan Bajo dikenal sebagai surga tersembunyi di Indonesia bagian timur.

Tempat liburan populer ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan Selat Sape. Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas yang terkenal hingga ke mancanegara.

Keberadaan Pulau Komodo yang menjadi taman nasional telah diakui menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Ada berbagai objek wisata yang dapat dinikmati di Labuan Bajo, berikut diantaranya.

a. Pulau Rinca
Pulau Rinca terletak tidak jauh dari Pulau Komodo. Pulai ini juga masih berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo.

Pulau Rinca dikenal memiliki pemandangan yang menawan dan indah. Para wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti tracking atau penelusuran di pulau ini, lantaran memiliki jalur jelajah yang tidak kalah menangtang dari pulau komodo.

b. Pulau Padar
Pulau Padar berada tidak jauh dari Pulau Rinca dan hanya dipisahkan Selat Lintah. Namun jika para wisatawan tertarik untuk menikmati keindahan pemandangan alam di pulau ini, harus melakukan trekking yang cukup menantang menuju ke puncak bukit di Pulau Padar.

Namun, rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan pantai tiga warna dan jajaran pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya.

c. Pink Beach
Daya tarik dari pantai satu ini adalah pasir pantainya yang berwarna merah muda. Warna pink dari pasir ini merupakan campuran pasir putih dengan serpihan kerang, cangkang, serta invertebrata yang berwarna merah. Para wisatawan dapat melakukan snorkeling, diving maupun sunbathing di Pink Beach.

2. Raja Ampat
Raja Ampat merupakan salah satu objek wisata Indonesia yang mendunia dan diakui UNESCO. Keindahan pemandangan bawah lautnya menjadi daya tarik utama Pulau yang ada di ujung timur Indonesia ini.

Dilansir dari situs UNESCO, kecantikan Raja Ampat terletak di sebaran pulau-pulau kecil yang berbatasan dengan air laut, teluk, dan formasi batu karst menciptakan gradasi warna yang apik. Raja Ampat ini terdiri dari beberapa pulau besar dan bergunung-gunung, dengan yang terbesar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool, yang dijuluki Four Kings.

Wilayah yang masuk dalam kepulauan Four Kings ini sangat besar. Meliputi 9,8 juta hektare tanah dan laut, tempat bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis karang, dan 700 jenis moluska. Hal ini menjadikannya perpustakaan hidup paling beragam untuk biota terumbu karang dan bawah laut dunia.

Menurut laporan yang dikembangkan The Nature Conservacy dan Conservation International, sekitar 75% spesies duni hidup di sini. Sistem terumbu karang yang masih asli menjadi destinasi impian bagi para penyelam maupun para perenang snorkel. Berikut beberapa lokasi populer yang dapat menjadi tempat liburan para wisatawan di Raja Ampat.

a. Kabui Passage (lorong yang sangat sempit antara Waigeo dan Pulau Gam)
b. Dermaga Pulau Arborek
c. Sawandarek
d. Yenbuba
e. Dinding Friwenm

Keindahan Raja Ampat tak hanya ada di pemandangan bawah air, tapi juga di hutan lebat yang ada di pulau-pulau. Mengutip situs Raja Ampat Geopark, Raja Ampat terdiri dari total ada 2.713 pulau, tujuh cagar alam, lima kawasan konservasi perairan daerah, dan dua suaka laut nasional.

3. Danau Toba
Danau Toba di Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Danau Toba ini diperkirakan terbentuk dari letusan dahsyat gunung api, Gunung Toba, yang terjadi 74 ribu tahun lalu.

Mengutip situs Kemenparekraf, dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau. Berikut lokasi-lokasi di sekitar Danau Toba yang terkenal dan dapat menjadi pilihan tempat liburan para wisatawan.

a. Bukit Gajah Bobok
Asal muasal bukit ini diberi nama Gajah Bobok karena sesuai dengan namanya karena mirip dengan seekor gajah yang sedang tidur. Salah satu pesona Bukit Gajah Bobok yakni keindahan sunrise dan sunsetnya.

b. Bukit Siadtaratas
Pemandangan bukit Siadtratas sama dengan Bukit Gajah Bobok. Hanya saja lokasi menuju ke bukit ini cukup ekstrem dan jalannya kecil, tapi itu semua terbayar ketika sudah tiba di atas Bukit Siadtaratas.

c. Bukit Indah Simarjarunjung
Bukit ini cocok buat Anda yang suka foto-foto. Ada spot ayunan ekstrem, papan titian, bunga berbentuk love, dan masih banyak yang lainnya.

d. Bukit Holbung Samosir
Daya tarik Bukit Holbung adalah perpaduan pesona Danau Toba, perbukitan yang dikelilingi tanaman ilalang yang apik. Bukit ini pun menawarkan spot foto instagenic yang kece.

e. Air Terjun Situmurun
Air terjun Situmurun merupakan salah satu air terjun di pinggir Danau Toba yang terkenal. Airnya yang langsung terjun ke Danau Toba menjadi salah satu daya tariknya.

4. Lombok
Objek wisata Lombok kini makin mendunia setelah menjadi tuan rumah gelaran Moto GP pada Maret 2022. Lombok populer dengan objek wisata pantai yang indah, dan Gunung Rinjani yang megah. Berikut tempat liburan populer di Lombok:

a. Bukit Merese
Bukit Merese menawarkan panorama perbukitan hijau yang berbatasan langsung dengan birunya pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini yakni saat sunset dan sunrise.

b. Pantai Kuta Mandalika
Wisata pantai ini bisa ditempuh 16 menit dari Sirkuit Mandalika. Hamparan pasir putih dikelilingi daerah perbukitan hijau menjadi lanskap yang memanjakan mata saat berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika.

c. Pantai Seger
Pantai Seger bisa menawarkan beragam atraksi wisata seperti berenang, snorkeling, maupun berselancar. Pantai ini menjadi lokasi perayaan tradisi khas Suku Sasak yakni Bau Nyale.

d. Pantai Gerupuk
Pantai ini menjadi salah satu lokasi andalan untuk berselancar di Indonesia. Selain ombaknya yang menantang, embusan angin di Pantai Gerupuk juga kencang. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini yakni panen rumput laut hingga melihat area konservasi di Pantai Gerupuk.

e. Pantai Tanjung Aan
Pantai ini berjarak 2,8 km dari Sirkuit Mandalika. Kamu bisa snorkeling dan melihat terumbu karang yang masih asri di pantai berpasir putih ini.

f. Pantai Mawun
Pantai ini bisa ditempuh 30 menit dari Sirkuit Mandalika. Pantai Mawun berpasir putih yang berpadu dengan air laut biru jernih.

g. Desa Adat Sade
Di Desa Adat Sade ini Anda bisa melihat rumah-rumah adat yang masih otentik serta tradisi menenun yang terus dilestarikan.

5. Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Gunung Bromo terletak di Probolinggo, Jawa Timur dan memiliki ketinggian 2.392 Mdpl.

Mengutip situs Disporaparbud Probolinggo, Gunung Bromo dikenal dengan sunrise dan sunsetnya. Berikut tempat liburan yang populer di Gunung Bromo:

a. Kawah Gunung Bromo
Objek wisata Bromo yang pertama adalah kawah gunungnya. Untuk mencapai kawah Gunung Bromo para wisatawan perlu jalan kaki sekitar 2 km dari area parkir atau menyewa kuda untuk menuju ke kawah.

b. Padang Rumput Savana
Padang rumput Savana Bromo terletak di sisi timur gunung Bromo. Pemandangan lembah hijau yang dikelilingi tebing menjadi daya tarik di lokasi ini.

c. Pasir Berbisik
Objek wisata Pasir Berbisik menjadi salah satu destinasi terkenal di Bromo. Di area yang berada di sebelah timur puncak Bromo ini para wisatawan bisa mengendarai motor trail, menunggangi kuda.

d. Bukit Teletubbies Bromo
Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan untuk berjalan-jalan sembari menikmati pemandangan sambil berfoto ria. Bukit ini menawarkan pemandangan cantik Gunung Bromo dengan lanskap deretan bukit hijau dan rerumputan hijau yang apik.

e. Pura Luhur Poten
Pura Luhur Poten merupakan tempat ibadah warga sekitar yang memeluk agama Hindu. Saat Nyepi, kawasan ini selalu ramai digunakan ibadah dan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger pun ikut ditutup demi kenyamanan warga beribadah.

6. Pulau Komodo
Pulau Komodo menjadi salah satu magnet wisata di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Di Pulau Komodo ini Anda bisa melihat kehidupan liar komodo dengan tiga macam paket trekking, yaitu short track, medium track, serta long track.

Selama perjalanan pun Anda akan ditemani pawang yang siap menemani dan mengarahkanmu menjelajahi spot-spot terbaik di Labuan Bajo. Selain itu Labuan Bajo juga menyuguhkan pemandangan hamparan sabana dan laut birunya yang ciamik.

7. Desa Adat Wae Rebo
Desa Adat Wae Rebo berada di Distrik Manggarai di Flores, Nusa Tenggara Timur. Desa Adat Wae Rebo ini telah menerima Top Award of Excellence dari UNESCO dalam UNESCO Asia Pacific Heritage Awards 2012 yang diumumkan di Bangkok pada 27 Agustus 2012.

Desa kecil dan terpencil ini dikenal karena pembangunan kembali rumah adat Mbaru Niang yang dilandasi semangat gotong royong masyarakat menuju tradisi yang lestari, sekaligus meningkatkan kesejahteraan desanya. Berikut tempat liburan populer di Desa Adat Wae Rebo:

a. Hutan Todo
Pegunungan yang indah dan hutan Todo yang lebat. Di hutan tropis ini Anda bisa menemukan anggrek, berbagai jenis pakis dan banyak burung.

b. Mbaru Niang
Mbaru Niang merupakan rumah adat di Wae Rebo yang berbentuk kerucut dan seluruhnya tertutup ilalang lontar dari atap hingga ke tanah. Rumah adat ini memiliki lima tingkat yang setiap tingkatnya dirancang untuk tujuan tertentu.

8. Gili Trawangan
Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB). Gili Trawangan berada di sisi barat laut Pulau Lombok.

Di Gili Trawangan Anda akan mendapatkan lanskap pantai berpasir putih dengan sampan-sampan warna-warni yang terapung di air yang biru jernih. Kawasan di dekat Gili Trawangan yakni Gili Meno dan Air atau dikenal dengan sebutan Gili Tramena.

Mengutip laman Disbudpar NTB, berikut aktivitas yang dapat dilakukan para wisatawan di tempat liburan Gili Trawangan:

a. Bersepeda
Para wisatawan dapat dengan bebas bersepeda mengelilingi Gili Trawangan. Pasalnya, kawasan Gili Trawangan jauh dari polusi udara, tidak terdapat kendaraan motor karena dilarang oleh peraturan lokal. Kendaraan yang diizinkan di Gili Trawangan yakni sepeda dan cidomo (kereta kuda).

b. Snorkeling
Gili Trawangan memiliki keindahan terumbu karang yang membuat takjub. Kawasan ini pun menjadi salah satu destinasi menarik untuk snorkeling.

9. Tana Toraja
Tana Toraja di Sulawesi Utara ini kental dengan adat dan budaya. Ada beragam destinasi wisata yang menarik dikunjungi di Tana Toraja, mulai dari budaya hingga alam. Berikut tempat liburan populer di Toraja:

a. Gua Lemo
Gua Lemo merupakan makam bagi para bangsawan Tana Toraja. Makam ini merupakan perbukitan kapur dan dihiasi dengan ragam patung kayu yang dibentuk menyerupai orang yang sudah meninggal dan jasadnya dimakamkan ke dalam batu.

b. Patung Buntu Yesus Burake
Patung Yesus ini berada di atas Bukit Buntu Burake. Patung ini dibangun dengan mereplikasi gaya patung yang ada di Rio de Janeiro, Christ the Redeemer. Tak hanya patung Yesus, wisatawan juga bisa melihat jembatan kaca yang mengelilinginya. Jembatan kaca sepanjang 90 meter ini disebut yang terpanjang di Indonesia.

c. Desa Pallawa
Di desa ini para wisatawan menemukan rumah adat tertua di Sulawesi, tongkonan. Rumah adat ini merupakan kawasan desa yang bersejarah dan masih terjaga keasriannya. Ada 11 rumah tongkonan dengan alat penumbuk padi tradisional di desa ini.

d. Kolam Air Limbang
Kolam air ini adalah telaga yang terletak dua kilometer dari Kota Rantepao. Pemandangannya sangat eksotik, dikelilingi tebing batu cadas dan air berwarna hijau menyuguhkan pemandangan yang menarik.

e. Gumuk Pasir Sumalu
Tanah Toraja juga memiliki kawasan gumuk pasir Sumalu yang dulu disebut dengan Bukit Pa’buyan. Gundukan pasir yang mudah terbawa angin ini menjadi latar foto yang ciamik.

10. Uluwatu
Uluwatu di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali memiliki satu pura yang terkenal yakni Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu. Pura Uluwatu ini disebut juga sebagai Pura Luwur yang merupakan salah satu dari enam pura Sad Kahyangan, pilar spiritual utama di Bali.

Mengutip laman resmi Pemkab Badung, Pura Luhur Uluwatu menjadi salah satu tempat terbaik di Bali untuk menikmati matahari terbenam dengan pemandangan langsung menghadap Samudera Hindia. Lokasinya yang berada di tebing setinggi 250 kaki di atas ombak Samudera Hindia menjadi salah satu daya tariknya.

Adapun rekomendasi lokasi liburan terkenal di Uluwatu di antaranya:

a. Tarian Kecak
Tarian kecak ditampilkan setiap Kamis sampai dengan Minggu di panggung tebing yang berdekatan dengan tebing. Tarian ini dipentaskan pada pukul 18.00-19.00 Wita. Kecak Uluwatu merupakan satu-satunya tarian yang dipentaskan dengan pemandangan matahari terbenam sebagai latarnya.

b. Pantai Suluban
Pantai ini berada di Desa Pecatu dan memiliki pasir putih yang cantik. Pantai ini biasa digunakan untuk olahraga selancar karena ombaknya yang besar.

c. Pantai Nyang Nyang
Pantai ini juga memiliki pasir putih dan banyak karang. Pantai ini cocok untuk menikmati lanskap sunset.

d. Pantai Padang Padang
Pantai ini menjadi salah satu pecinta selancar untuk menaklukkan ombak. Pantai Padang Padang memiliki pasir putih dan tempat yang asyik untuk menikmati sunset.

e. Malini Agropark Uluwatu
Taman Wisata ini berlokasi tak jauh dari Pura Luhur Uluwatu. Agropark ini berada di pinggir tebing dan wisatawan dapat menikmati pemandangan Samudera Hindia dan matahari terbenam

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Melakukan Perlawanan, 1 Dari 5 Pelaku Begal Casis Bintara Polri Ditembak Polisi

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur Intelejen  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita