Menu

Mode Gelap

Berita Β· 12 Sep 2023 18:20 WIB

Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Mabes Polri Ungkap Sindikat Narkoba Internasional


 Konfrensi Pers Sindikat Narkoba Internasional Perbesar

Konfrensi Pers Sindikat Narkoba Internasional

Jakarta , Publikapost.com – Mabes Polri berhasil membongkar sindikat narkoba internasional jaringan Fredy Pratama atau Miming.

Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim Polri menggelar konferensi pers dipimpin langsung Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada yang melibatkan sejumlah Polda yakni Polda Jatim, Polda Kalimantan Selatan, Polda Jambi, Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda DI Jogjakarta, Polda Bali dan Polda Kalimantan Tengah.

Pengungkapan kasus bandar kelas kakap Fredy Pratama atau Fredy Miming atau Wang Xiang Ming ini berkat operasi bersama Mabes Polri dengan Royal Malaysia Police, Royal Thai Police dan US-DEA.

Miming sendiri disebut-sebut merupakan pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Keberadaannya menjadi atensi Interpol sejak dikabarkan bersembunyi di The Golden Triangle atau Segitiga Emas yang dikenal sebagai surga bandar narkotika kawasan Asia Tenggara.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Brigjen Pol Mukti Juharsa sudah mengonfirmasi pengejaran Miming. Namun belum bersedia membuka lebih jauh proses pengejaran.

Pengungkapan kali ini juga disertai penyitaan aset yang diduga hasil pencucian uang narkotika tang tersebar di Jakarta, Surabaya, Bali, Banjarmasin hingga Muara Teweh. Termasuk tanah dan bangunan milik PT Armani Perkasa di Tewe Tengah, Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada mengakui sindikat narkoba jaringan Fredy Pratama bandar ‘triangle’ Banjarmasin rapi dan terstruktur. Namun terdapat kesamaan dalam modus operandi yang diendus dan dibongkar jajaran Mabes Polri bersama kerja sama dengan kepolisian di sejumlah negara.

“Dalam mengoperasikan sindikat narkoba ini yang saya sampaikan tadi adalah sebuah organisasi sindikat yang rapi,terstruktur dan diatur sedemikian rupa oleh Fredy Pratama. Siapa, berbuat apa ada yang bagian operasional, kemudian keuangan, pembuatan dokumen, pengumpul uang dan lain sebagainya,” kata Komjen Pol Wahyu saat konferensi pers, Jakarta, Selasa (12/09/23) siang.

Kabareskrim Polri menerangkan bahwa terdapat kesamaan modus operandi sehingga membuat jajaran kepolisian mampu mengungkap kasus peredaran narkoba jaringan internasional.

“Jaringan Fredy Pratama ini benar-benar sebuah jaringan yang rapi,pengungkapan dilakukan berdasarkan pada adanya kesamaan modus operandi,ketika kita mengungkap kasus-kasus narkoba,kemudian dievaluasi oleh teman-teman di Bareskrim ada kesamaan modus operandi yang digunakan oleh para sindikat tersebut,” terangnya.

Kabareskrim Polri melanjutkan modus operandi para sindikat menggunakan alat komunikasi yang sama yakni Blackberry Messenger Enterprise.

“Khususnya penggunaan alat komunikasi yaitu menggunakan aplikasi Blackberry Messenger Enterprise,terima dan bayar saat berkomunikasi,” lanjutnya.

DPO Fredy Pratama atau Fredy Miming atau Wang Xiang Ming

Kabareskrim Polri mengungkapkan penyidik mendalami dan menganalisa gerak para sindikat yang mengedarkan narkoba di Indonesia.

“Kemudian ditelusuri bahwa sindikat narkoba yang mengedarkan narkoba di Indonesia ini mengedarkan narkoba yang bermuara pada satu orang, yang sekarang masih DPO ada di Thailand yaitu atas nama Fredy Pratama alias Miming,” ungkapnya.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada menjelaskan Fredy Pratama atau Miming edy dinyatakan buron terakhir terlihat di Thailand dan dalam pencarian. Namun narkoba jaringan internasional yang menjerat Miming telah berangsur dibongkar Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

“Penyidik Dittipidnarkoba Bareskrim juga menghadirkan sejumlah barang bukti narkoba jenis sabu 120 kilogram, uang tunai,buku rekening dan beberapa mobil hingga puluhan tersangka yang telah diborgol,” jelasnya. (Nfn/Phay).

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Polisi Ungkap Rentetan Kasus Pelaku Begal Casis Bintara Polri

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur IntelejenΒ  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita