Menu

Mode Gelap

Berita · 4 Agu 2023 09:54 WIB

Dua Unit Bangunan Ruko Diduga Tidak memiliki Izin Persetujuan Bangunan Gedung ( PBG )


 Izin PBG Tiga Unit, Yang Di Pekerjakan Lima Unit. Perbesar

Izin PBG Tiga Unit, Yang Di Pekerjakan Lima Unit.

Medan, Publikapost.com –  Guna memperoleh penghasilan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan, adalah dari salah satu bentuk retribusi di Pemkot Medan, yaitu dari iuran Izin mendirikan bangunan.

Namun kenyataannya dilokasi, dengan berdirinya bangunan ruko yang berlokasi di Jalan Kerambik, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan. Diduga dua unit ruko siluman dan tidak memiliki izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Senin, (4/8/2023).

Ketika dikonfirmasi Media Publikapost.Com. Kadis permukiman perumahan kawasan permukiman dan penataan ruang (PKP2R) Endar Sutan Lubis melaui Kabid PKP2R Kota Medan Iwan, ia tidak dapat memberikan keterangan secara rinci terkait surat penindakannya namun hanya menyatakan, jika sudah banyak yang melapor dan sudah ditindak serta menurutnya diberi SP3.

Sebelumnya Walikota Medan Bobby Afif Nasution, Menyatakan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta perangkat daerah terkait agar lebih masif lagi menindak tegas bangunan yang tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sebab, masih banyak ditemukan bangunan yang didirikan tanpa memiliki IMB.

Dua Unit Bangunan Ruko Diduga Tidak memiliki Izin Persetujuan Bangunan Gedung ( PBG )

“Hingga saat ini masih banyak saya temui bangunan yang tidak memiliki IMB selama masa pembangunannya. Bahkan, sampai bangunan itu selesai dibangun, tidak memiliki IMB,” kata Bobby Nasution saat memimpin rapat koordinasi teknis pelaksanaan kegiatan tahun 2023 yang dilakukan secara zoom meeting di Command Center Balai Kota, Rabu (29/3).

Yang mengherankan, kata Bobby Nasution, bangunan yang tidak memiliki IMB hingga selesai dibangun itu tidak pernah dipersoalkan.

“Seharusnya ini menjadi perhatian kita,” ujarnya mengingatkan.

Menyikapi hal itu, menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya minta agar perangkat daerah terkait segera melakukan tindakan tegas terhadap bangunan yang tidak memiliki IMB.

“Dalam melakukan penindakan jangan pandang bulu,” tegasnya.

Jika ada aduan dari wilayah mengenai IMB, Bobby Nasution minta Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang langsung cepat merespon.

“Kalian bisa berkolaborasi dengan Satpol PP dan teman-teman yang ada di kewilayahan,” serunya.

Sementara Itu dari pantauan Publikapost.com di lokasi, hingga saat ini dua bangunan yang diduga Tidak memiliki Izin PBG Nya masih melakukan aktivitas pengerjaan seperti biasanya,” (Habib)

Artikel ini telah dibaca 124 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Direktorat Penyidikan Jampidsus Kembali  Tetapkan 7 Orang Tersangka Baru Terkait Perkara Komoditi Emas

19 Juli 2024 - 13:37 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berhasil Mengatasi Inflasi Kemenkeu RI Kucurkan DIF Tahun 2024 

18 Juli 2024 - 23:35 WIB

Komisi IV DPRD Medan Sidak Bangunan Bermasalah Bersama Ketua LSM Penjara Sumut Adi Lubis Dukung Dongkrak PAD

18 Juli 2024 - 23:32 WIB

Tingkatkan Kerjasama Global, UNUJA Gandeng Jiangsu Agri-Animal Husbandry China

18 Juli 2024 - 11:16 WIB

Trending di Berita