Menu

Mode Gelap

Berita · 1 Agu 2023 13:23 WIB

Fakta Menarik Terkait Perubahan Logo Twitter


 Logo aplikasi Twitter yang dikabarkan akan ganti dari burung menjadi simbol X.[Sumber Foto: Dok. Twitter] Perbesar

Logo aplikasi Twitter yang dikabarkan akan ganti dari burung menjadi simbol X.[Sumber Foto: Dok. Twitter]

Situbondo, Publikapost.com – Jagat media sosial kembali dihebohkan dengan perubahan yang dilakukan pemilik platform Twitter, Elon Musk, dengan memperkenalkan logo baru X untuk menggantikan logo ikonik burung biru, Pada Senin (24/7/2023).

Logo X tertera pada bagian atas halaman Twitter versi desktop, tetapi gambar burung masih mendominasi tampilan media sosial itu versi aplikasi. Sebelum Musk resmi membeli Twitter, aplikasi jejaring sosial tersebut telah mengalami beberapa kali perubahan logo. Logo resmi Twitter yang pertama dirilis pada 2006 berupa tulisan dengan warna biru muda.

Menukil tempo.co, perubahan itu drastis mengubah citra Twitter, karena kata tweet atau cuit bagian integral dari nama perusahaan media sosial itu. Logo Twitter, burung biru sudah menjadi representasi cuitan dari Twitter.

1. Logo Twitter tahun 2012

Logo Twitter dirancang pada 2012. Kala itu oleh tim beranggota tiga orang. Salah satu desainer logo Twitter Martin Grasser mengungkapkan, logo twitter dirancang sederhana, dan bisa dibaca dengan ukuran kecil.

Elon Musk mengubah logo burung biru itu pada Senin, 24 Juli 2023. Di Twitter dia mengunggah gambar X dengan latar belakang bertema luar angkasa. “Kami akan mengucapkan selamat tinggal logo lama Twitter, secara bertahap, semua logo burung.”

2. Ambisi Elon Musk

Perubahan dilakukan Elon Musk untuk mengubah platform menjadi aplikasi yang bisa mempercepat ambisinya untuk membuat segalanya melalui perubahan nama X.

Jajak pendapat kepada jutaan pengikutnya untuk bertanya perlu mengubah warna platform yang semula berwarna biru menjadi hitam. Dia telah mengubah nama perusahaan induk Twitter menjadi X Corp.

3. Obsesi terhadap huruf X

Obsesi Elon Musk terhadap huruf X memang bukan hal baru. Dia meluncurkan startup AI bernama xAi dan membeli Twitter untuk menjadi salah satu bagian dari timnya dalam membangun X, aplikasi segalanya. Dia juga pendiri SpaceX, mobil Tesla Model X. Ia menamai salah satu anaknya X AE A-XII.

Pada 2017 silam, Musk juga membeli x.com kembali dari PayPal yang memang pernah didirikan dia sebagai bank online tahun 1999. Itu kemudian berubah menjadi PayPal.

4. X segalanya

Kepala Strategi Global di Biro Iklan R/GA Tom Morton menjelaskan, perubahan logo Twitter strategi Elon Musk mewujudkan X aplikasi segalanya. Itu cara Elon Musk menonjolkan diri. “Pergantian nama dan logo Twitter lebih kepada simbol, Twitter milik pribadi Elon Musk,” kata Tom. Meskipun begitu, logo tersebut mendapat reaksi beragam dari para pengguna Twitter. Sebab, istilah tweet selama ini menjadi ciri khas dari postingan atau cuitan di Twitter.

5. Banyak fitur

Mantan kepala periklanan di NBC Universal Linda Yaccarino mengatakan, X akan mengerjakan fitur-fitur baru dalam audio, video, perpesanan, pembayaran, sampai perbankan.

Sejak mengambil alih Twitter dengan harga 4 miliar dolar Amerika, Elon Musk memang membayangkan aplikasi yang menawarkan berbagai layanan, seperti pembayaran peer-to-peer yang mirip aplikasi WeChat di Cina. Perubahan nama Twitter menjadi X menjadi keputusan kontroversial lain dari Elon Musk sejak menjadi pemilik Twitter.

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Direktorat Penyidikan Jampidsus Kembali  Tetapkan 7 Orang Tersangka Baru Terkait Perkara Komoditi Emas

19 Juli 2024 - 13:37 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berhasil Mengatasi Inflasi Kemenkeu RI Kucurkan DIF Tahun 2024 

18 Juli 2024 - 23:35 WIB

Trending di Berita