Menu

Mode Gelap

Berita · 17 Jun 2023 10:48 WIB

Gapensi Situbondo Gandeng Gatensi Jatim Gelar Uji Kompetensi, Lahirkan Tenaga Kerja Konstruksi Bersertifikat


 Teks foto 1 : Sejumlah asesor mengikuti uji kompetensi kerja Perbesar

Teks foto 1 : Sejumlah asesor mengikuti uji kompetensi kerja

Situbondo, Publikapost.com – BPC Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Situbondo menggandeng BPD Gabungan Ahli Teknik Nasional Indonesia (Gatensi) Provinsi Jawa Timur menggelar uji sertifikasi kompetensi kerja untuk melahirkan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat. Sabtu (17-06-2023)

Uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi untuk sejumlah sub klasifikasi dan jabatan kerja, dilaksanakan di Aula Kantor BPC Gapensi Kabupaten Situbondo.

Ketua Umum BPD Gatensi Provinsi Jatim, Muhammad Hadi Sumarsono mengatakan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi tersebut diikuti peserta sebanyak 73 orang.

“Ada tiga tahapan dalam uji sertifikasi kompetensi kerja hari ini, pertama verifikasi kelengkapan administrasi, kedua tes tulis dan ketiga tes wawancara,” ujar M. Hadi Sumarsono

Dirinya berharap semua peserta uji sertifikasi kompetensi kerja bisa menjadi tenaga kerja konstruksi yang kompeten, yang dibuktikan dengan kepemilikan Sertifikat Konstruksi Keahlian dan Keterampilan atau yang disebut dengan SKK.

“Di Bulan Januari kemarin juga terbit regulasi baru Permen PUPR Nomor 1 tahun 2023 tentang Pedoman Pengawasan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang Dilaksanakan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.” bebernya.

Ketua Panitia Uji Kompetensi Tenaga Teknik, Muhammad Yassir mengatakan hal ini sejalan dengan pemerintah, dimana pekerja yang bisa menggarap pekerjaan konstruksi adalah tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja.

“Jadi Gapensi concern bahwa tenaga kerja konstruksi harus memiliki sertifikat kompetensi kerja. Output dari uji kompetensi yang kita laksanakan saat ini adalah untuk melahirkan tenaga teknik yang kompeten dalam pembangunan di Kabupaten Situbondo,” katanya

BPC Gatensi dan BPD Gapensi

Dirinya juga menjelaskan bahwa dari 73 peserta uji sertifikasi kompetensi kerja ini berasal dari situbondo, bondowoso maupun asosiasi lainnya.

“Saya berharap ke depan nantinya uji sertifikasi kompetensi ini semakin banyak pesertanya sehingga semakin banyak pula melahirkan tenaga teknik yang telah bersertifikat konstruksi keahlian dan keterampilan.” tutupnya. (Dedi)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita