Menu

Mode Gelap

Berita ยท 29 Apr 2024 18:25 WIB

Gelar Rakor TPPS Tahun 2024, Bupati Suhatri Bur Minta Penanganan Kasus Stunting Segera Dituntaskan


 Gelar Rakor TPPS Tahun 2024, Bupati Suhatri Bur Minta Penanganan Kasus Stunting Segera Dituntaskan Perbesar

 

Padang Pariaman, Publikapost.com – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Padang Pariaman mengadakan rapat koordinasi tim percepatan penurunan stunting (TPPS) Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2024, di Hall IKK Parit Malintang, Senin (29/04/2024).

Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, prevalensi kasus stunting di Padang Pariaman mencapai 19,4%.

Angka ini menunjukkan, penurunan sebesar 5,6% dibandingkan tahun 2022. Penurunan ini menempatkan Padang Pariaman sebagai salah satu dari 4 daerah dengan penurunan stunting terbaik di Provinsi Sumatera Barat.

“Pencapaian ini patut kita syukuri, namun bukan berarti kita boleh berpuas diri, kita harus terus bekerja keras untuk menurunkan angka stunting hingga mencapai target nasional yaitu 14% pada tahun 2024 ini, ” kata Suhatri Bur.

Lebih lanjut bupati Suhatri Bur menyebutkan, Padang Pariaman merupakan 1 dari 5 kabupaten/kota di Sumatera Barat yang secara konsisten mengalami penurunan kasus stunting selama 3 tahun terakhir.

Hal ini menunjukkan, komitmen dan kerja keras Pemkab Padang Pariaman dalam memerangi stunting.

“Penajaman strategi Intervensi dari hulu sangat perlu dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan peran tim pendamping keluarga yang sudah dibentuk dengan memberikan pendampingan kepada calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca melahirkan atau ibu menyusui dan keluarga yang mempunyai anak 0-5 tahun,” terangnya.

Dengan demikian, rakor TPPS ini bisa menghasilkan kesepakatan, perencanaan dan terutama target capaian yang terukur untuk menjadikan Padang Pariaman yang semakin berjaya.

Sementara itu, kepala Dinas PPKB Padang Pariaman Elfi Delita dalam laporannya menyebutkan, koordinasi TPPS tingkat Kabupaten ini merupakan kegiatan operasional yang mengikutsertakan TPPS dan mitra kerja lainnya di tingkat Kabupaten dalam melaksanakan kegiatan yang mendukung dan memastikan pelaksanaan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita optimis bahwa dengan kerja keras dan kerjasama semua pihak, serta apa yang menjadi langkah dan strategi kita dalam menurunkan angka stunting dapat kita capai,” pungkasnya.

Rakor ini dilanjutkan, dengan penyampaian materi peran tim percepatan penurunan stunting oleh Wakil Bupati Rahmang selaku ketua TPPS Padang Pariaman, serta turut dihadiri oleh Ketua Pokja Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Provinsi Sumbar Lismomon Nata.

Turut serta hadir Kepala Pimpinan Perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman,Camat se- Kabupaten Padang Pariaman, Ketua Baznas, Ketua IBI, Ketua Forum Walinagari, Penyuluh KB Kecamatan se- Kabupaten Padang Pariaman serta Duta Genre Padang Pariaman.

(Fakhri)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Sekdakab Padang Pariaman Buka Bimtek Perizinan Usaha Bagi Para Investor Yang Akan Berinvestasi

20 Juni 2024 - 18:57 WIB

Kejati Sulsel Memberikan Sambutan Kerjasama Badan Diklat Kejaksaan RI Dengan United Nations Office On Drugs And Crime (UNODC)

20 Juni 2024 - 18:53 WIB

HUT Bhayangkara Ke 78 , Polda Sumatera Barat Menggelar Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolda Cup 2024

19 Juni 2024 - 23:30 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan Beasiswa Sebanyak 3.722 Orang Siswa Siswi SMP dan SD

19 Juni 2024 - 20:59 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan SK Pengangkatan 2000 Orang Pegawai PPPK

19 Juni 2024 - 18:54 WIB

Wakajati Sulsel Pimpin Penyembelihan Hewan Qurban 1445 H Di Kantor Kejati Sulsel

19 Juni 2024 - 15:37 WIB

Trending di Berita