Menu

Mode Gelap

Berita ยท 4 Des 2023 16:28 WIB

Gunung Merapi Keluarkan Abu Vulkanik ,Walikota Bukittinggi Himbau Masyarakat tetap Waspada Jangan Terpancing Isu Hoax?ย 


 Gunung Merapi Meletus dan Menyeburkan Abu Vulkanik Perbesar

Gunung Merapi Meletus dan Menyeburkan Abu Vulkanik

Bukittinggi , Publikapost.com – Pasca gunung merapi meletus dan menyeburkan abu vulkanik dengan dengan ketinggian 2.891 MDPL ini di tandai dengan adanya muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3000 meter dari puncak kawah disertai suara gemuruh dan dentumam yang cukup keras hingga abu vulkanik bercampur pasir hingga melanda bukittinggi yang berjarak 12 kilometer dari sekitar gunung merapi aktif ini hingga pagi pukul 08.45 WIB.

Pemerintah kota bukitinggi melakukan pembersihan area melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dinas pemadam kebakaran, Senin (4/12/2023).

Menurut hasil perekaman seismogram pusat mitigasi bencana pusat vulkanologi dan mitigasi bencana [PVMBG], erupsi gunung merapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik.

Laporan dari lapangan oleh tim pusat pengendali dan operasi [Pusdalops]badan bencana daerah kota bukittinggi [BPBD]bahwa sampai saat ini belum ada korban jiwa ataupun meninggal dunia bahwa berita yang di sebarkan adalah hoax dan kepastian nya belum ada.

Kendaraan Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Dinas Pemadam Kebakaran Membersihakan Abu Vulaknik Pasca Gunung Merapi Meletus

Sementara itu, menurut keterangan lebih lanjut PVMBG gejala peningkatan aktivitas gunung merapi yang bersifat ekplosif ini sudah berlangsung sejak januari 2023 sehingga gunung merapi naik level I menjadi [Waspada] disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini setelah hujan bercampur pasir maka masyarakat di rekomendasikan agar tidak di perbolehkan melakukan aktivitas di sekitar 3 KM dari kawah / puncak.

BPBD berharap masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing isu – isu tentang letusan gunung merapi dan selalu memgikuti arahan dari pemerintah daerah.

Waspada, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah jikalau keluar rumah gunakan masker ,” ungkap Erman Safar sebagai walikota bukittinggi. (RIZKI AHMAD RIFANDI)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita