Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Agu 2023 23:18 WIB

Jaga Fungsional Jalan, Dir Lantas Polda Sumut Turun ke Batu Jomba Tapanuli Selatan


 Jaga Fungsional Jalan, Dir Lantas Polda Sumut Turun ke Batu Jomba Tapanuli Selatan Perbesar

Tapanuli Selatan, Publikapost.com – Guna menjaga fungsional Jalan agar tetap berfungsi dengan baik, Dir Lantas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto, SH., S.IK., turun langsung ke Jalan Lintas Batu Jomba, Rabu (02/08/2023).

Selain Dir Lantas Polda Sumut, turut hadir Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Imam Zamroni, Personel Gabungan dari Satpol PP, BPBD, Dinas PU PR, Dinas Perhubungan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut, dan Jasa Raharja.

“Kami hadir di sini dalam rangka membantu rekan-rekan kita dari BBPJN untuk menjaga fungsional Jalan (Batu Jomba-red) ini,” ungkap Dir Lantas.

Lebih lanjut Muji mengatakan, pihaknya melakukan pengaturan arus lalu lintas di lokasi untuk menghindari kemacetan kendaraan, mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup di Jalan Lintas Batu Jomba selama proses perbaikan.

“Dan ada juga yang menyiapkan bantuan berupa material (penimbun Jalan) untuk mengurangi kedalaman Jalan yang amblas,” ucapnya

Muji menuturkan, dari hasil penelitian dan kajian dari BBPJN bekerja sama dengan akademisi dan peneliti-peneliti menyebutkan, bahwa lokasi Jalan Batu Jomba ini terdapat artesis (air yang memancar ke luar ke permukaan tanah) dan sesar (patahan) bumi.

Dir Lantas, Kombes Pol Muji Ediyanto, SH., S.IK, tinjau langsung kondisi area Jalan Lintas Batu Jomba, di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.Karena itu, BBPJN sedang merencanakan untuk membuat rute Jalan yang baru. Rute Jalan yang baru tersebut diperkirakan harus lebih panjang dari lokasi saat ini, sepanjang 14 KM. BBPJN juga telah merencanakan, ada sepanjang 34 KM lebih kurang Jalan baru akan dibuka.

“Namun demikian, semuanya itu masih berproses. Jadi yang bisa kita lakukan saat ini sampai Jalan yang baru nantinya sudah selesai, adalah untuk menjaga fungsional Jalan Lintas Batu Jomba,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia tak menampik rusaknya Jalan Lintas Batu Jomba juga akibat kelebihan berat muatan dari kenderaan pengangkutan barang yang sering melintas. Dia menyampaikan bahwa, Dua Jembatan Timbang yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Tapanuli Utara, saat ini tidak berfungsi.

“Dengan tidak difungsikannya Jembatan Timbang tadi, menyebabkan kendaraan yang melewati Batu Jomba ini jadi Over Dimensi Over Load (ODOL). Akibatnya pundasi kekuatan tanah tidak berimbang menyebabkan kondisi Jalan cepat amblas,” pungkas Dirlantas. (William)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Polisi Ungkap Rentetan Kasus Pelaku Begal Casis Bintara Polri

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur Intelejen  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita