Menu

Mode Gelap

Berita Β· 21 Nov 2023 16:57 WIB

Jelang Nataru Dan Pemilu 2024, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Metro Jakarta Selatan Koordinasi Dengan Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan


 Pengurus Pokdarkamtibmas dan Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Perbesar

Pengurus Pokdarkamtibmas dan Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan

Jakarta , Publikapost.com Koordinasi Ketua Pokdarkamtibmas bersama Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan, di ruang kerja Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (21/11/23) siang.

Dalam kesempatan itu Ketua Pokdarkamtibmas Resor Metro Jakarta Selatan didampingi oleh Sekretaris Pokdarkamtibmas Donny , Wakil Ketua Pokdarkamtibmas Resor Metro Jakarta Selatan Bambang dan Humas Pokdarkamtibmas Resor Metro Jakarta Selatan Nofan (Ophay).

Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Doddy Ginanjar mengatakan bahwa keamanan yang kondusif perlu terus dipertahankan. Ini semua membutuhkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan.

“Ini koordinasi Ketua Poldarkamtibmas, dengan agenda konsolidasi. Jadi hal-hal yang berkait dengan peran serta masyarakat, perlu terus mendapat perhatian dan ditingkatkan,” ucapnya.

Kasat Binmas menuturkan pihaknya sangat apresiatif berkait dengan kegigihan jajaran pengurus Pokdarkamtibmas dan anggotannya yang bersama personel Bhabinkamtibmas maupun Sat Binmas, melakukan pembinaan kesadaran hukum dan berbagai upaya mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Saya sangat mengapresiasi kemitraan Pokdarkamtibmas bersama Polri untuk sama-sama berusaha meningkatkan kesadaran hukum dan mencegah gangguan Kamtibmas di masyarakat. Apalagi memasuki Natal dan Tahun Baru serta jelang pemilu 2024 mendatang tentu tidak boleh meremehkan berkait upaya mencegah terjadinya gangguan kamtibmas,” tuturnya.

Kasat Binmas mengungkapkan dengan jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk, maka perlu menumbuhkan peran serta aktif dan mendorong masyarakat agar menjadi Polisi bagi diri sendiri.

“Salah satunya melalui wadah Pokdarkamtibmas, Pihaknya juga memberi resep dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Antara lain, anggota Pokdarkamtibmas dalam pelaksanaan tugasnya hendaknya mengedepankan cara-cara persuasif dan edukatif,” ungkapnya.

Kasat Binmas melanjutkan terutama dalam melakukan pembinaan serta senantiasa membangun komunikasi intensif dan efektif.

“Baik dengan Bhabinkamtibmas maupun pemangku kepentingan dan segenap elemen masyarakat lainnya. Ini agar tercipta keamanan dan kondusivitas wilayah yang terus terjaga. Lakukan komunikasi yang positif dan humanis terhadap masyarakat,” lanjutnya.

Kasat Binmas berpesan kepada seluruh anggota Pokdarkamtibmas agar selalu menjaga kebersamaan supaya tidak mudah terprovokasi terhadap ujaran kebencian dan berita hoak.

“Peran Pokdarkamtibmas agar dapat membantu memberikan informasi terkait peristiwa gangguan kamtibmas kepada kepolisian,” imbuhnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Resor Metro Jakarta Selatan H. Deden Suparman S.IP

Sementara itu Ketua Pokdarkamtibmas H. Deden Suparman S.IP menerangkan selain koordinasi bersama Kasat Binmas, juga sekaligus membahas agenda kegiatan dalam mendukung tugas Polri dalam menjaga kondusivitas keamanan. Terlebih sebentar lagi memasuki Nataru dan menjelang pemilu 2024.

“Seluruh anggota memahami peran dan tugas selaku mitra Polri. Apa dan bagaimana, semua dibahas dalam kegiatan ini berkait dengan tugas dan fungsi,” terangnya.

Ketua Pokdarkamtibmas memaparkan sebagai warga yang baik sedapat mungkin menghindari tindakan-tindakan yang dapat mencederai stabilitas kemanan lingkungan. Kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan tindakan kriminal lainnya seperti KDRT, Miras dan lain lain.

β€œMari kita sama-sama menjaga stabilitas keamanan Wilayah ini demi terciptanya lingkungan yang nyaman,” paparnya.

Ketua Pokdarkamtibmas menjelaskan sinergitas antara Polri dan Pokdarkamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan harus tetap terjaga. Pokdarkamtibmas memiliki peran penting dalam membantu Polri menjaga kamtibmas.

β€œPokdarkantibmas sebagai mitra Polri memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta kondusifitas situasi yang ada. Oleh karena itu Sinergitas antara Pokdarkamtibmas dengan Polri harus tetap terjaga,” jelasnya. (Nfn/phay)

Artikel ini telah dibaca 89 kali

Baca Lainnya

Melakukan Perlawanan, 1 Dari 5 Pelaku Begal Casis Bintara Polri Ditembak Polisi

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur IntelejenΒ  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita