Menu

Mode Gelap

Berita ยท 3 Mei 2023 03:02 WIB

Kapolres Situbondo Periksa Senpi Anggota, Cegah Penyalahgunaan Atau Pelanggaran Disiplin POLRI


 Kapolres Situbondo Periksa Senpi Anggota, Cegah Penyalahgunaan Atau Pelanggaran Disiplin POLRI Perbesar

Publikapost.com – Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, melakukan pemeriksaan senjata api yang digunakan anggotanya sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan atau pelanggaran disiplin Polri.

Menurut Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, pemeriksaan senjata api ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan atau pelanggaran disiplin terkait penggunaan senjata api dengan berpedoman pada Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

Polres Situbondo

” Tolong rekan-rekan benar-benar menjaga emosi dan menjaga senpinya karena penggunaan senpi ini harus sesuai Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 dan berhati-hati dalam bertindak, karena apabila ada yang menyalahgunakan akan diberikan sanksi tegas ” kata AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto saat memberi arahan kepada personel di Gedung Indoor Polres, Selasa kemarin, 2 Mei 2023

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo mengatakan bahwa pemeriksaan senjata api dilakukan secara periodik sebagai bentuk kontrol dan pengawasan kepada anggota yang memegang senjata api maupun senjata itu sendiri.

Pemeriksaan senjata api meliputi kecocokan data senpi dengan data anggota pemegang senjata api, kondisi senjata api, kebersihan, kelayakan dan juga kelengkapan administrasi bagi anggota pemegang senjata api dinas.

” Semua senpi diperiksa, baik yang ada di Polres maupun Polsek, kemudian dicocokkan dengan data yang ada di Bagian Logistik, sehingga diketahui jumlah riil sesuai daftar personel yang memegang senjata api. Kondisi dan kelaikan senjata juga diperiksa serta kartu senpi dipastikan berlaku ” tuturnya

Hasil pemeriksaan senjata api hari ini tidak ditemukan masalah terkait administrasi, kondisi senpi terawat dan semuanya dilengkapi kartu tanda kepemilikan senpi dinas, serta surat izin memegang senpi dinas. ( Dedi )

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita