Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Jul 2023 15:13 WIB

Keutamaan dan Amalan Hari Asyura


 Keutamaan dan amalan Hari Asyura. [Sumber Foto: surabaya.tribunnews.com] Perbesar

Keutamaan dan amalan Hari Asyura. [Sumber Foto: surabaya.tribunnews.com]

Publikapost.com, Situbondo – Tanggal 10 Muharram atau Hari Asyura tahun ini jatuh pada 28 Juli 2023, dalam pandangan ulama menyebutkan bahwa bulan tersebut sebagai bulan Allah. Syekh Jalalauddin As-Suyuti mengatakan, bahwa kelebihan bulan Muharram terletak pada namanya yang islami dibandingkan nama bulan hijriah lainnya.

Banyak keutamaan dalam bulan tersebut, Nabi bersabda, barang siapa berpuasa di hari asyura (10 muharram) maka orang itu akan diberi pahala 10 ribu malaikat dan diberi pahala layaknya 10 ribu orang haji dan umroh. Selain itu juga diberi pahala 10 ribu orang mati syahid.

Adapun barangsiapa memberi makanan buka kepada orang mukmin yang berpuasa di malam Asyura (10 muharram) maka pahalanya seperti menjamu dan mengenyangkan seluruh umat Nabi Muhammad SAW.

Mengutip dalam kitab I’anatut tholibin di sebutkan, keutamaan dan pahala yang akan didapatkan ketika beribadah di hari Asyura. Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa hari pertama turunnya hujan yaitu pada hari Asyura. Dan pertama kali nya Rahmat diturunkan ke bumi yaitu pada hari Asyura.

Maka siapa yang puasa pada hari Asyura maka seakan dia telah berpuasa sepanjang tahun. Dan puasa Asyura ini adalah puasanya para nabi. Dan siapa yang menghidupkan malam Asyura dengan beribadah maka seakan-akan dia telah melakukan ibadah nya penduduk tujuh langit,” terang kitab itu.

Kemudian, siapa yang sholat 4 rakaat pada hari Asyura ini, setiap setelah Fatihah membaca surat Al ikhlas 51 maka dimaafkan baginya dosa 50 tahun. Dan siapa memberi minum satu teguk minuman pada hari Asyura maka diberi minum kelak pada hari kiamat dengan segelas air yang tak akan ada haus lagi setelah meminumnya.

Para ulama sudah mengklarifikasikan jenis amalan yang hendak diperbanyak selama bulan Muharrram yaitu:
1. Melakukan salat
2. Berpuasa
3. Menyambung silaturahim
4. Bersedekah
5. Mandi
6. Memakai celak mata
7. Berziarah kepada ulama
8. Menjenguk orang sakit
9. Menambah nafkah keluarga
10. Memotong kuku
11. Mengusap kepala anak yatim
12. Membaca Surat al-Ikhlas 1000 kali

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita