Menu

Mode Gelap

Berita · 7 Okt 2023 15:13 WIB

Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya (JBMB) Tiba Di Kabupaten Situbondo dan Selanjutnya Menuju Kabupaten Bondowoso


 Serah Terima Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya (JBMB) Perbesar

Serah Terima Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya (JBMB)

Situbondo, Publikapost.com – Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya (JBMB) merupakan rangkaian pertama dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) ke-78 tahun 2023 ini.

Kirab Pataka JBMB dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dan kerja sama dengan konsep kegiatan kirab secara estafet berkeliling Jawa Timur yang akan menempuh jarak kurang lebih 2.001 kilometer dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Hari ini, Sabtu (7/10/2023) Rombongan kirab Bendera Pataka JBMB tiba di Kabupaten Situbondo dimana sebelumnya bermalam di Kabupaten Banyuwangi.

Rombongan kirab bendera pataka tersebut dijemput oleh Pemkab Situbondo di Waduk Bajul Mati, TN Baluran Situbondo, untuk kemudian dikirab menuju Pendopo Aryo Situbondo serta diserahkan ke Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi menjelaskan jika bendera pataka hanya singgah sejenak di Kabupaten Situbondo, karena sebelumnya sudah bermalam di Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 6 Oktober 2023.

“Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya, setelah diserahkan ke Pemkab Situbondo akan langsung dikirab kembali dan diserah terimakan ke Kabupaten Bondowoso, nantinya bendera pataka akan bermalam di Bondowoso, sampai besok, Minggu (8/0/2023) kemudian dikirim ke Kabupaten Probolinggo,” jelas Sopan.

 

Sebelum di kirab ke Kabupaten Bondowoso, dilaksanakan upacara serah terima Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kepala Satpol PP Kabupaten Banyuwangi Wawan Yadmadi kepada Asisten Administrasi Umum Dwi Herman Susilo. Kemudian diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi, untuk selanjutnya dibawa ke Kabupaten Bondowoso.

Dalam upacara penerimaan tersebut melibatkan personil Satpol PP, Linmas, Pemadam Kebakaran dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, Kepala Dinas Sosial dan tamu undangan lainnya. Diakhir upacara kirab Pataka ini ditandai dengan pembacaan Ripta Prasasti oleh Asisten Administrasi Umum Dwi Herman Susilo yang berisi amanat singkat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Asisten Administrasi Umum Dwi Herman Susilo mengaku bersyukur atas tibanya Kirab Bendera Pataka di pendopo Arya Situbondo dengan lancar.

“Alhamdulillah Bendera Pataka sudah tiba di Kabupaten Situbondo, dan selanjutnya akan kami serahkan ke Kabupaten Bondowoso,” kata Dwi Herman Susilo.

Lebih lanjut Dwi Herman Susilo mengatakan, sinergi yang baik antara Pemprov Jatim dengan Kabupaten dan Kota perlu dilakukan. Sehingga target pembangunan di Provinsi Jatim dapat berjalan secara optimal.

“Dengan sinergi dan kolaborasi antara pemkab dengan pemvrop, maka kita optimis Jatim akan terus Bangkit, melaju ke depan,” pungkasnya. (Dee)

Artikel ini telah dibaca 63 kali

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita