Menu

Mode Gelap

Berita Β· 30 Agu 2023 22:06 WIB

Komedian Narji Jagongan Bareng Seniman Dan Budayawan PekalonganΒ 


 seniman, budayawan, dan pegiat influencer Perbesar

seniman, budayawan, dan pegiat influencer

Pemalang , publikapost.com – Beberapa orang seniman dan budayawan dari wilayah Pekalongan dan sekitarnya, pada Rabu siang 30 Agustus 2023, Jagongan bareng dengan DPP PKS yang membidangi seni budaya, pada acara Jagongan Budaya bertempat di sebuah Rumah makan yang berada di Kota Pekalongan.

Kegiatan Road Show bertajuk Jagongan Budaya tersebut dihadiri para seniman, budayawan, dan pegiat influencer diwilayah tiga daerah dimaksud.

Dalam acara ini komedian kenamaan Sunarji, yang akrab disapa Narji yang juga sebagai Bacaleg DPR RI PKS Dapil 10 Jawa Tengah, Wakil Ketua Bidang Seni Budaya DPP PKS Afwan Riyadi, Sekretaris Bidang Seni Budaya DPP PKS Hafen Aulia Husein.

Kemudian, Ketua DPD PKS Kota Pekalongan Rois Rahma Fathoni, dan Ketua DPD PKS kabupaten Pemalang Suwarso.

Acara berlangsung santai dan gayeng dengan penuh keakraban berdiskusi tentang seni dan budaya. Jagongan yang dipandu Hafen Aulia Husein tersebut sangat cair, diantara para seniman maupun budayawan menyampaikan terkait eksistensi seni dan budaya dalam pembangunan sebuah bangsa.

Baik dari keberpihakan kebijakan kepada pelaku seni dan budaya, kultur masyarakat, termasuk diera disrupsi seperti saat ini, sehingga berdampak terhadap keberadaan seni dan budaya.

Menurut Wakil Ketua Bidang Seni Budaya DPP PKS Afwan Riyadi, sengaja menggelar Jagongan Budaya, bagaimana ingin mendengar dan belajar bersama, untuk bisa mendapatkan masukan-masukan dari para seniman maupun budayawan.Terutama pelaku seniman di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Sehingga, bagaimana PKS harus bersikap terkait seni dan budaya itu sendiri.

Melalui Jagongan Budaya ini, kata dia, bagaimana unggah-ungguh-nya, dan bagaimana bisa menjalankan budaya di tengah-tengah masyarakat. Dirinya merasa bersyukur, melalui Jagongan Budaya, banyak mendapatkan masukan. Pada intinya, bagaimana harus mampu nguri-uri dan urip-urip budaya.

“Mudah-mudahan, PKS dapat diterima, bahwa kami itu bukan orang luar, tetapi juga warga sini (Indonesia-red). Kami harus mampu bagaimana bersikap dan tentu bisa diterima oleh masyarakat,” tutur Afwan Riyadi.

Sementara itu ketua DPD PKS Pemalang Suwarso yang juga bakal calon legislatif untuk Provinsi di dapil X Jawatengah ini menambahkan, bahwa PKS Kabupaten Pemalang sudah beberapa kali menggelar acara seni dan terus menggali serta menguri – nguri budaya’lokal dan ngurip urip ( menghidupkan ) para pelaku seni.

” Bahkan pada saat pendaftaran bakal calon legislatif DPD PKS di antar oleh ratusan seniman dari berbagai sanggar budaya” jelas Suwarso.

Disinggung terkait budaya di Pekalongan, Narji yang sudah hidup di Pekalongan selama lima belas tahun mengaku ada sebuah budaya kebanggaan lokal, dimana tiap kali ke acara, ada kesenian daerah yang ditampilkan. Meski dibeberapa daerah, khususnya di kota-kota besar sudah mulai terkikis ( Ragil 74 )

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita