Menu

Mode Gelap

Berita · 9 Sep 2023 23:53 WIB

Lompatan Inovasi Sosok Elon Musk Mempengaruhi Kehidupan Manusia


 Elon Musk. [Sumber Foto/: Getty Images/Kevork Djansezian] Perbesar

Elon Musk. [Sumber Foto/: Getty Images/Kevork Djansezian]

Situbondo, Publikapost.com – Perkembangan peradaban manusia terus mengalami kemajuan yang signifikan dan cepat terutama dalam bidang teknologi. Penemuan dalam mesin uap misalnya, membuat kinerja konvesional seperti tenaga manusia tergantikan. Di sisi lain, kuantitas produksi semakin banyak dan memberikan nilai tambah dalam penjualan.

Pada hari ini dunia dibuat geger dengan sosok Elon Musk, penemu, pengusaha sekaligus tokoh bisnis dari daratan Paman Sam, sebutan Amerika Serikat. Pendiri CTO dan CEO SpaceX itu mempunyai pelbagai ambisi dalam percepatan dunia teknologi. Berbagai inovasi dimunculkan pemilik platform Twitter itu.

Inovasi tersebut dinilai dapat mengubah dan meningkatkan kehidupan masyarakat dunia. Berikut 7 penemuan Elon Musk yang membuatnya tercatat sebagai orang paling kaya di dunia, dikutip dari Digimask, Selasa (19/7/2022)

1. Mobil listrik Tesla

Tesla merupakan perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik dan salah satu cara menghindari ketergantungan dengan bahan bakar. Selain itu Tesla juga menciptakan sistem baterai untuk menyimpan energi pada rumah dan bisnis, yang dikenal sebagai Powerpack atau Powerwall.

2. Roket SpaceX yang bisa digunakan kembali

SpaceX, perusahaan Elon Musk lainnya, menciptakan roket Falcon 9 yang dapat digunakan kembali. Perusahaan juga diketahui sedang mengerjakan penerbangan manusia dengan dua tujuan yakni Bulan dan Mars di masa depan.

3. Satelit internet Starlink

Lewat Starlink, Elon Musk mematahkan penilaian internet satelit dan menyediakan akses jaringan latensi rendah. Dengan teknologi ini diharapkan internet bisa digunakan untuk masyarakat di pedalaman seluruh dunia.

4. Layanan pembayaran Paypal

Elon Musk mendirikan X.com yang saat ini menjadi Paypal. Pada akhirnya perusahaan tersebut bergabung dengan Confinity. Paypal bersama layanan lain disebut revolusi layanan keuangan dan pembayaran online.

5. Panduan alamat Zip2 City Guides

Zip2 merupakan salah satu inovasi pertama yang dilakukan Elon Musk. Ini merupakan perusahaan teknologi berbasis internet dan menawarkan software untuk city guides.

Sistem yang digunakan adalah sebuah newsletter digital dengan basis data yang bisa dicari. Elon Musk menulis kode perusahaan untuk menggabungkan daftar bisnis dengan peta.

6. Tenaga surya murah lewat Solar City

Elon Musk juga membangun Solar City yang menawarkan panel surya modern dan murah. Solar City kini telah jadi bagian dari Tesla.

7. Kereta super cepat Hyperloop

Hyperloop merupakan sistem terowongan tertutup vakum untuk perjalanan lebih jauh. Kecepatannya mencapai lebih dar 600 mph, tetapi memang belum bisa digunakan oleh publik hingga saat ini karena masih tahap pengerjaan.

Dengan Hyperloop diharapkan bisa mengurangi kemacetan dan juga ramah lingkungan. Perjalanan pertama Virgin Hyperloop sudah dilakukan pada November 2020.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Direktorat Penyidikan Jampidsus Kembali  Tetapkan 7 Orang Tersangka Baru Terkait Perkara Komoditi Emas

19 Juli 2024 - 13:37 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berhasil Mengatasi Inflasi Kemenkeu RI Kucurkan DIF Tahun 2024 

18 Juli 2024 - 23:35 WIB

Trending di Berita