Menu

Mode Gelap

Berita ยท 7 Jun 2024 19:15 WIB

Melalui BRSDM KKP, Bupati Padang Pariaman Ajukan Pembangunan Berbasis Smart Fisheries Village


 Melalui BRSDM KKP, Bupati Padang Pariaman Ajukan Pembangunan Berbasis Smart Fisheries Village Perbesar

 

Padang Pariaman, Publikapost.com – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur memenuhi undang khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Republik indonesia dalam rangka wisuda mahasiswa Poltek KKP Pariaman serta wisuda SUPM vokasi KKP Nasional di Tegal Jawa Tengah, Jum’at (07/06/24).

Kedatangan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang saat itu, didampingi kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam dan Kabag Prokopim Anton Wira Tanjung disambut hangat oleh menteri KKP RI Sakti Wahyu Trenggono.

Dalam suasana penuh keakraban itu, Suhatri Bur sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan (BRSDM KKP) atas undangan yang disampaikan khusus kepada Bupati Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Suhatri Bur menyampaikan, bahwa Padang Pariaman memiliki dukungan potensi lahan dan sumber daya yang memadai dibidang Perikanan dan Kelautan.

Oleh karena itu, Bupati Suhatri Bur memanfaatkan, peluang dan momen pertemuan tersebut dengan mengajukan beberapa rencana pembangunan kelautan dan perikanan di Padang Pariaman, diantaranya pengembangan kawasan Nagari Singguliang Lubuk Alung sebagai Smart Fisheries Village, pembangunan kampung nelayan maju di Nagari Gasan Gadang kecamatan Batang gasan, serta pembangunan kampung perikanan budidaya di Nagari Sungai Asam Kecamatan 2×11 Enam Lingkung.

“Mengingat sektor perikanan dan kelautan merupakan sebagai salah satu objek pengembangan perekonomian dan mata pencaharian masyarakat di Padang Pariaman, maka kita berharap melalui Program ini semoga dapat meningkatkan produktivitasnya dan semakin menumbuhkan perekonomian melalui sektor perikanan ini.” harapnya.

Oleh karena itu, perlu pengembangan dibidang perikanan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kelautan dan perikanan, karena didalamnya merupakan kegiatan terpadu dan terintegrasi antara pendidikan, pelatihan, penyuluhan, dan inkubasi bisnis.

Ia menyebutkan, dengan adanya SFV atau Smart Fisheries Village, diharapkan nantinya nagari-nagari yang ada di Padang Pariaman dapat berdaya saing dengan nagari atau desa di Indonesia.

Seperti diketahui, bahwa Smart Fisheries Village (SFV) adalah suatu konsep pembangunan desa perikanan dengan basis penerapan teknologi informasi, komunikasi, dan manajemen tepat guna yang berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Smart Fisheries Village adalah model pengembangan desa perikanan pintar secara terintegrasi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, meliputi pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, industri, dan masyarakat itu sendiri.

(Fakhri)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

HUT Bhayangkara Ke 78 , Polda Sumatera Barat Menggelar Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolda Cup 2024

19 Juni 2024 - 23:30 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan Beasiswa Sebanyak 3.722 Orang Siswa Siswi SMP dan SD

19 Juni 2024 - 20:59 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan SK Pengangkatan 2000 Orang Pegawai PPPK

19 Juni 2024 - 18:54 WIB

Wakajati Sulsel Pimpin Penyembelihan Hewan Qurban 1445 H Di Kantor Kejati Sulsel

19 Juni 2024 - 15:37 WIB

Tungku Bakar Sate Sepanjang 40 Meter, Siap Bakar 6000 Tusuk Kambing

17 Juni 2024 - 18:33 WIB

Bernuansa Putih, Warga Rutan di Situbondo Kompak Laksanakan Sholat Idul Adha

17 Juni 2024 - 18:22 WIB

Trending di Berita