Menu

Mode Gelap

Berita · 19 Jul 2023 05:50 WIB

Memeriahkan Tahun Baru 1 Muharram 1445 H, Pondok Pesantren Cahaya Islam Pawai Ompreng


 Rombongan Pawai Ompreng Pondok Pesantren Cahaya Islam Tanjung Kamal Perbesar

Rombongan Pawai Ompreng Pondok Pesantren Cahaya Islam Tanjung Kamal

Situbondo, Publikapost.com – Peringatan 1 Muharram 1445 Hijriyah disemarakkan umat muslim dengan berbagai macam kegiatan. Salah satu kegiatan yang biasanya turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam adalah pergelaran pawai.Pada momen itu, warga bisa menggelar pawai 1 Muharram yang merupakan salah satu tradisi memeriahkan Tahun Baru Islam. Kegiatan ini biasanya diselingi dengan iring-iringan obor dan spanduk dengan desain menarik dana kata kata inspiratif.

Salah satunya Pondok Pesantren Cahaya Islam yang berlokasi di Dusun Blumbang, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ikut memeriahkan Tahun Baru Islam dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan salah satunya Pawai Parade Ompreng, Selasa,(18/07/2023) malam.

KH. Alawi Al Gamar yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Cahaya Islam Tanjung Kamal mengatakan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah.

“Ada 4 kegiatan dalam menyambut Tahun Baru Islam, pertama Pawai Ompreng, kemudian Pawai Lampion lalu Pentas Seni dan terakhir sholawat dan pengajian bersama.” ujarnya saat di wawancarai oleh jurnalis Publikapost.com

KH. Alawi Al Gamar Pengasuh Ponpes Cahaya Islam ( dari kiri baju putih )

Masih kata KH. Alawi, hal ini dilakukan untuk mengenang sekaligus merayakan Tahun Baru Islam dengan melibatkan berbagai unsur terkait lainnya diantaranya tokoh masyarakat, lembaga-lembaga dan pondok pesantren baik yang ada di Tanjung Kamal maupun di luar Tanjung Kamal.

“Kami juga mengajak masyarakat menengah kebawah untuk berpartisipasi dalam memeriahkan Tahun Baru Islam yaitu para petani yang menggunakan gerobaknya yang di kemas dengan hiasan-hiasannya.” katanya.

Selanjutnya dirinya menjelaskan bahwa apa yang mereka lakukan semata-mata untuk meningkatkan rasa Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT.

“Selain itu sekaligus menjunjung tinggi nilai nilai islami dan untuk menggugah kita semua, bagaimana kita mengenang perjuangan Nabi Muhammad Saw dengan tahun baru hijriyah ini.”tutupnya. (Dee)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita