Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Agu 2023 21:31 WIB

Menkopolhukam dan Panglima TNI Tinjau Latihan Gabungan 3 Matra TNI Dharma Yudha 2023


 Latgab 3 Matra TNI 2023 Dharma Yudha Perbesar

Latgab 3 Matra TNI 2023 Dharma Yudha

Situbondo, Publikapost.com – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan kunjungan langsung ke Latihan Gabungan TNI Dharma Yudha 2023 di Perairan Banongan, Kabupaten Situbondo, Selasa 1 Agustus 2023

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau latihan gabungan dari TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU), yang dimulai dengan operasi gabungan tiga matra di Pantai Banongan.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memimpin langsung pelaksanaan Latihan Gabungan Tentara Nasional Indonesia Tahun 2023 (Latgab TNI 2023) di Perairan Banongan, Asembagus.

Pada pukul 05.30 WIB, dilakukan skenario latihan gabungan menggunakan tank amfibi yang mendarat di Pantai Banongan dan menuju pendaratan amfibi untuk merebut sasaran di pantai.

Setelah berhasil menguasai pantai, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Radjiman Wedyodiningrat 992 memberikan bantuan tembakan untuk membuka jalan bagi pasukan menuju sasaran dan menghancurkan induk pasukan musuh.

Operasi dukungan bantuan tempur ini melibatkan Armed 8 Kodam V/Brawijaya, Brigif 2 Marinir, Yonkav 8 Divisi 2 Kostrad, dan Yonkav 3/Tank Kodam V Brawijaya.

Operasi darat gabungan merupakan bagian dari serangkaian operasi lanjutan yang meliputi operasi udara gabungan, operasi amfibi, operasi lintas udara, dan operasi pendaratan administrasi.

Pasukan darat gabungan terdiri dari Komando Tugas Darat Gabungan Kodam V/Brawijaya yang melibatkan Brigif Para Raider 16 Wirayudha, Komando Tugas Gabungan Lintas Udara Brigif 18 Trisula, dan Komando Tugas Gabungan Amfibi 2 Marinir.

Selain itu, pasukan tersebut diperkuat oleh jajaran Komando Tugas Udara Gabungan yang meliputi skadron 15 dan skadron 21, yang membutuhkan kerja sama solid dalam komando dan pengendalian.

Latihan Gabungan yang diikuti 3 Matra, TNI AU, TNI AD dan TNI AL ini bertujuan untuk menguji Kesiapsiagaan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Kogabwilhan II)

Latgab TNI 2023 kali ini diikuti oleh 7500 prajurit 3 matra di tiga Kogabwilhan, seluruh prajurit bersenjata lengkap serta menerjunkan puluhan alutsista di antaranya tank amphibi. Menggunakan sandi Dharma Yudha, Latgab TNI 2023 mengangkat tema “Kogabwilhan TNI melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan NKRI”

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia Mahfud MD diangkat sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL serta penganugerahan brevet kehormatan anti teror aspek laut dan intai para ampibhi Korps Marinir TNI AL.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia Mahfud MD diangkat sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL serta penganugerahan brevet kehormatan anti teror aspek laut dan intai para ampibhi Korps Marinir TNI AL.

“Saya bangga menjadi bagian dari prajurit-prajurit yang handal, profesional, disiplin memiliki semangat tempur yang tinggi, tangguh dan Senantiasa menunjukkan kesiapsiagaan yang tinggi dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia,” ujar Menkopolhukam itu.,,

Anugerah itu ditetapkan melalui Keputusan Komandan Korps Marinis nomor: Kep/159/VII/2023 yang ditetapkan pada tanggal 29 Juli 2023 oleh Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal TNI Nur Alamsyah di Jakarta. Hal itu dilakukan setelah Latihan Gabungan TNI Dharma Yuda 2023 yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

“Saya merasa sungguh sangat bangga melihat sendiri dan sangat terkesan di hati saya betapa prajurit TNI di bawah bimbingan dan kepemimpinan pejabat tingginya telah menunjukkan sikap profesional, kapabilitas dan semangat juang untuk menjaga NKRI,” tutupnya.

Sebagai informasi Latihan Gabungan TNI Dharma Yudha Tahun 2023 ini berjalan dengan baik, terorganisir dan mampu menunjukkan ketrampilan dan kemampuan seluruh prajurit secara profesional sebagai tolak ukur kesiapsiagaan TNI sebagai wujud pertanggungjawaban TNI yang selalu siap untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.( Dee )

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Tingkatkan Rasa Nasionalisme, Karutan Ajak WBP Ikuti Upacara Hari Kesadaran Nasional Setiap Tanggal 17

17 Mei 2024 - 16:12 WIB

Ratusan Calon Anggota PPS Pilkada Ikuti Ujian Seleksi Berbasis CAT

17 Mei 2024 - 16:08 WIB

Calon Petahana Suhatri Bur Mendaftar ke Partai Gerindra 

17 Mei 2024 - 00:09 WIB

Trending di Berita