Menu

Mode Gelap

Berita · 4 Jul 2023 18:30 WIB

Menteri PUPR: Rumput JIS Tidak Memenuhi Standar FIFA


 PSSI dan kementerian lainnya melakukan inspeksi ke stadion JIS. [Sumber Foto: dok. PSSI] Perbesar

PSSI dan kementerian lainnya melakukan inspeksi ke stadion JIS. [Sumber Foto: dok. PSSI]

Publikatpost.com, Jakarta – Angin segar kembali menerpa cabang olahraga sepak bola tanah air pasca FIFA mengumumkan dalam website resminya bahwa Indonesia ditunjuka menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Turnamen ini rencananya akan digelar pada 10 November – 2 Desember 2023 mendatang. Sebanyak 24 tim akan bertanding untuk menjadi juara.

Dalam mendukung perhelatan itu pemerintah Indonesia akan melakukan survei terkait lapangan yang akan menjadi ajang kompesisi tersebut. Jakarta Internasional Stadium (JIS) salah satu dari banyak stadion yang akan digunakan piala dunia.

Sebelumnya, pada 14 Maret 2019, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, memperkenalkan bahwa stadion yang akan dibangun ini bernama Jakarta International Stadium. Anies mengatakan bahwa gubernur-gubernur pendahulunya memiliki andil dalam pembangunan JIS.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian menugaskan BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk menggarap proyek tersebut. Setelah tiga tahun berjalan, JIS akhirnya rampung pada 2022.

Pada Selasa (4/7/2023) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan rumput Jakarta Internatinal Stadium (JIS) tidak memenuhi standar FIFA.

Hal tersebut diungkapkan Basuki usai melakukan inspeksi JIS bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, dan ahli agronomi untuk rumput stadion Qamal Mutaqin, sebagai persiapan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Basuki mengatakan berdasarkan hasil evaluasi dan masukan dari Qamal Mutaqin rumput JIS dinilai belum memenuhi standar FIFA.

“Di antaranya salah satu yang utama adalah rumput. Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang,” ujar Basuki.

“Kita akan ganti semua rumput tersebut, sesuai dengan ahlinya beliau [Qamal]. Pak Qamal sebagai ahli agronomi untuk rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti, kalau mau tiga bulan bisa dipakai. Itu jangka pendek saja,” ucap Basuki menambahkan.

Pernyataan Basuki jelas mengejutkan. Pasalnya, rumput JIS diklaim memiliki kualitas setara markas klub Bayern Munich yaitu Allianz Arena.

JIS menggunakan jenis rumput hibrida atau perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami. Rumput jenis ini digunakan di Allianz Arena, Stadion Wanda Metropolitano Madrid, dan Stadion Tottenham Hotspurs. Selain rumput, JIS juga masih memiliki masalah dalam akses masuk menuju stadion dan area parkir yang belum memadai.

Artikel ini telah dibaca 94 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kepala Sekolah SMP Methodist 9 Dipanggil Dinas Pendidikan Kota Medan Terkait Penyalahgunaan Dana Bos

15 Juni 2024 - 12:18 WIB

Penjelasan Bupati Padang Pariaman Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 

14 Juni 2024 - 23:48 WIB

Polda Metro Jaya Ungkap Perampokan Toko Jam Tangan Mewah di Pantai Indah Kapuk 2

14 Juni 2024 - 23:44 WIB

Mabes Polri Gerebek Pabrik Ekstasi di Medan, Wakapolda Sumut: Komitmen Bersama Berantas Narkoba

14 Juni 2024 - 15:01 WIB

Raih Penghargaan Predikat Informatif, Bawaslu Kabupaten Gowa Jaga Transparansi Keterbukaan Informasi Publik

14 Juni 2024 - 14:29 WIB

Warga Minta Inspektorat Periksa Camat Medan Timur Terkait Pemilihan Kepling IV Kelurahan Gaharu

13 Juni 2024 - 19:16 WIB

Trending di Berita