Menu

Mode Gelap

Berita · 23 Mei 2023 12:13 WIB

MKKS Cup 2023 Diikuti Ratusan Siswa SMP Negeri Se-kabupaten Situbondo  


 Plt Kadispendikbud Situbondo memberikan sambutan saat pembukaan MKKS Cup 2023 Perbesar

Plt Kadispendikbud Situbondo memberikan sambutan saat pembukaan MKKS Cup 2023

Situbondo,Publikapost.com – Ratusan siswa SMP Negeri se Kabupaten Situbondo ikut berlaga dalam berbagai perlombaan yang digelar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri baru-baru ini. Even tahunan yang di geber di aula SMPN 1 Situbondo itu sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam berkreasi dan berinovasi guna mencapai prestasi.

Ketua MKKS SMP Negeri Situbondo Dwi Sukwantoro mengatakan, kegiatan lomba yang diselenggarakan MKKS SMPN ini merupakan agenda rutin yang bertujuan meningkatkan motivasi bagi siswa-siswi untuk berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan tersebut juga sebagai ajang menumbuhkan persahabatan antar siswa jenjang SMP Negeri melalui lomba Mapel, Olahraga dan Seni.

Tak hanya itu, kata Dwi, MKKS Cup juga sebagai upaya sekolah dalam menumbuhkembangkan karakter positif pada siswa dan penggalang. Utamanya karakter religius, mandiri, dan nasionalisme serta gotong-royong. “Siswa yang berprestasi dan meraih juara lomba agar memiliki bukti sertifikat atau piagam kejuaraan yang berguna sebagai tiket untuk masuk jalur prestasi di jenjang SMA/SMK nantinya,” terang Dwi, kepada Jurnalis Publikapost.com (22-5-2023)

Kata Dwi, adanya kegiatan tersebut, diharapkan benar-benar menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk lebih semangat belajar, berkreasi dan berinovasi dalam meraih prestasi. “Seberapa jauh strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan, tentu akan mampu membuat para peserta didik dapat menguasai standar isi dan kompetensi lulusan,” harapnya

Ketua Panitia MKKS Cup Guritno menyampaikan, ada sembilan jenis perlombaan yang diselenggarakan kali ini. Di antaranya, lomba desain motif batik diikuti 43 siswa, lomba Tartil 81 siswa, lomba Nyanyi Solo 31 siswa dan lomba OSN yang meliputi mapel IPA, Matematika dan IPS diikuti 123 siswa.

Sedangkan lomba Petanque, diikuti 64 siswa, lomba Atletik 34 siswa, lomba Catur 25 siswa dan lomba Panahan diikuti 40 siswa serta lomba Bola Voli diikuti sebanyak 51 regu. “Jumlah siswa yang terlibat dalam MKKS Cup saat ini sebanyak 946 siswa,” ujar Guritno yang juga Kepala SMPN 3 Panji itu.

Adapun pemenang lomba MKKS Cup 2023, diantaranya diraih Joni Fajri Satrio, SMPN 2 Situbondo dan Adelia Anggun Pratiwi, SMPN 1 Banyuputih. Masing-masing sebagai juara 1 lomba tartil putra-putri. Lomba Atletik, diraih Tristan Saputra, SMPN 2 Panji dan Delfia Novarina, SMPN 1 Banyuputih. Lomba Catur, diraih M. Rayyan Az Zahran, SMPN 1 Situbondo. Kemudian, lomba Panahan diraih Alif Rizki Berlian SMPN 2 Arjasa dan Novi Anastasya SMPN 2 Arjasa. Lomba Petanque diraih Aris Alen Firmansyah, SMPN 1 Banyuputih dan Maulidia Rizki Aulia, SMPN 4 Situbondo.

Sementara lomba Nyanyi Solo, diraih Aslam Wira Asyhab, SMPN 1 Situbondo dan lomba OSN Mapel Matematika, diraih Adinata Rabbani, SMPN 4 Situbondo, Mapel IPA, Yesika Putri Restiyana, SMPN 5 Situbondo dan Mapel IPS, diraih Denis Dwi Rama Putra, SMPN 1 Banyuputih. Sedangkan lomba desain batik, juara 1 diraih Salfiyah Rona Putih, SMPN 1 Situbondo. “Untuk kejuaraan Bola Voli MKKS CUP 2023 putra-putri, juara 1 diraih SMPN 5 Situbondo dan SMPN 3 Panarukan,” beber Guritno.

Sementara itu, Plt Kadispendikbud Situbondo, Siti Aisyah mengapreasisi atas terselenggaranya MKKS Cup. Kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk mencari dan mencetak bibit-bibit yang siap berkompetisi di event nasional maupun internasional.

Selain itu, juga dapat membantu program-program Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas peserta didik yang ada di Situbondo. “Segala upaya yang sudah dilakukan untuk menuju perubahan pendidikan yang bermutu dan berkualitas dengan menunjukkan prestasi-prestasi. Baik tingkat Kabupaten, Nasional maupun Internasional,” ujarnya

Pejabat yang akrab disapa Bu Is itu mengatakan, menjunjung tinggi sportivitas harus menjadi komitmen bagi semua peserta lomba. Karena, kegiatan ini merupakan bagian dari pembentukan karakter kepribadian yang jujur dan disiplin. “Semua murid yang ikut berlaga adalah murid-murid yang hebat. Murid yang hebat karena gurunya hebat. Guru yang hebat karena kepala sekolahnya lebih hebat, kepala sekolah yang hebat karena adanya motivasi dan bimbingan dari sosok seorang pengawas,” pungkasnya, ( Dedi )

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita