Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Jun 2023 08:24 WIB

Partai Ummat dan Masyumi Masuk Barisan Koalisi Pendukung Anies Baswedan


 [Sumber Foto; Deklarasi Anies Baswedan capres NasDem Senin (3/10/2022). (Eva Safitri/detikcom)] Perbesar

[Sumber Foto; Deklarasi Anies Baswedan capres NasDem Senin (3/10/2022). (Eva Safitri/detikcom)]

Publikapost.com, Jakarta – – Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah tinggal menghitung bulan, tahapan demi tahapan perlahan sudah dilalui hingga hari ini oleh Partai Politik (Parpol) hingga calon presiden maupun calon wakil presiden.

Tak terkecuali Partai Nasdem yang sudah mengusung calon presiden dan mendeklarasikan Anies Baswedan pada Oktober 2022. Bersama PKS dan Demokrat koalisi tersebut dibentuk dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Namun jumlah partai yang mengusung Anies Baswedan lewat KPP akan bertambah dengan masuknya beberapa partai yang siap mendukungnya. Menukil cnnindonesia.com, berikut daftar partai yang mendukung Anies di Pilpres 2024:
1. Nasdem

Anies resmi dideklarasikan sebagai capres 2024 oleh Partai NasDem pada 3 Oktober 2022 lalu. Deklarasi itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat.

“Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat,” kata Paloh.

2. Demokrat

Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat telah resmi menguatkan dukungan Demokrat bagi Anies sebagai capres 2024.

“Pertemuan Majelis Tinggi Partai jadi ketetapan hukum Partai Demokrat sesuai diatur dalam AD/ART tahun 2020 kewenangan Majelis Tinggi Partai Demokrat adalah menentukan koalisi dalam pemilu dan tentukan capres dan cawapres,” kata Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3).

“Keputusan kami hadirkan dalam rapat tadi malam dimanifestasikan dalam pertemuan tadi di hadapan pak Anies, harapan aspirasi dan makin kuatkan tekad bapak Anies untuk terus berjuang dan makin kuat dan makin memiliki keyakinan beliau tak sendirian. Ada kami Partai Demokrat dari pusat dan daerah,” jelas AHY.

3. PKS
Anies juga mendapat dukungan dari PKS. Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang menyampaikan deklarasi secara langsung di markas DPP PKS, Kamis (23/2).

“Alhamdulillah pembahasan mengerucut sosok yang dimaksud itu jatuh pada Anies Rasyid Baswedan. Kita usung beliau menjadi tokoh nasional. Dan Allah takdirkan sebagai presiden,” ujar Syaikhu.

Keputusan PKS untuk mendukung Anies merupakan hasil keputusan musyawarah Majelis Syura VIII PKS. Syaikhu menyebut keputusan tersebut hadir juga telah melalui proses musyawarah dan dibahas secara saksama oleh sejumlah pihak.

4. Partai Ummat

Partai Ummat juga memastikan dukungan terhadap Anies. Dukungan tersebut diungkap Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais dalam penutupan rapat kerja nasional (Rakernas) I Partai Ummat, di Jakarta, Rabu (15/2).

“Jadi, tadi mengenai presiden, itu disebut langsung namanya Anies Baswedan,” kata Amien.

5. Partai Masyumi

Ketua Majelis Syuro DPP Partai Masyumi Abdullah Hehamahua mengungkap keputusan mendukung Anies sudah ditetapkan dalam Rapat Majelis Syuro Masyumi pada Minggu (4/6) lalu.

“Kami resmi dukung Anies. Saya sebagai Ketua Majelis Syuro yang memutuskan itu dengan teman-teman Majelis Syuro. Terakhir [rapat] Ahad lalu,” ujar Abdullah pada CNNIndonesia.com, Jumat (9/6).

Mantan penasihat KPK ini menjelaskan DPP Masyumi telah mengeluarkan instruksi agar para pengurus di tingkat DPW, DPC dan seluruh kader membantu memenangkan Anies.

Namun, hingga kini koalisi pengusung Anies, NasDem, Demokrat, dan PKS belum menetapkan cawapres pendamping Anies di Pilpres 2024. Mereka masih menggodok nama-nama potensial pendamping Anies.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita