Menu

Mode Gelap

Berita · 25 Jan 2024 17:11 WIB

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 238 KPPS Patokan, Ini Arahan Ketua PPS Patokan


 Pelantikan dan Pengambilan Sumpah KPPS Patokan Oleh Ketua PPS Patokan Perbesar

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah KPPS Patokan Oleh Ketua PPS Patokan

Situbondo,Publikapost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo melantik dan mengambil sumpah 924 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) secara serentak, yang tersebar di 6 kelurahan yang ada di Kecamatan Situbondo, salah satunya di Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo yang berlangsung di Aula SMP Negeri 1 Situbondo. Kamis (25/1/2024).

Achmad Fathor Rozi Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Patokan menyebutkan, total jumlah KPPS di Kota Situbondo yang dilantik secara serentak ada 924 orang yang tersebar di 132 TPS pada 6 kelurahan. Masing-masing TPS terdiri dari 7 orang KPPS yang bertugas.

Adapun tugas KPPS diantaranya sebelum mendirikan TPS, mereka bertugas untuk membagikan C pemberitahuan atau undangan memilih yang bisa dilaksanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Setelah itu, melakukan proses pendirian TPS.

“Setelah dilantik serentak pada 25 Januari 2024 ini, selanjutnya mereka akan mendapatkan Bimbingan Teknis (bimtek).” ujar Ketua PPS Patokan, Achmad Fathor Rozi.

Ketua PPS Patokan, Achmad Fathor Rozi

Menurut Fathor, panggilan akrab Ketua PPS Patokan mengatakan seluruh KPPS akan menjalani bimtek sesuai arahan dari KPU RI, mengingat tantangan ke depan Pemilu 2024 ini semakin kompleks dan menghindari terjadinya jatuh korban seperti pada saat pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019 lalu.

“Untuk di Kelurahan Patokan sendiri disini ada 34 TPS, seperti diketahui saat ini sudah memasuki musim penghujan sehingga kami sudah memitigasi terkait lokasi TPS yang rawan terdampak banjir akibat hujan deras.” ujarnya kepada media ini.

Dia berharap petugas KPPS yang hari ini dilantik mampu menjalankan apa yang menjadi tugas pokoknya. Dari mulai tanggal 25 Januari sampai dengan 25 Februari 2024.

“Harapan kami tentunya mereka bisa bekerja secara profesional, berintegritas, jujur dan adil. Sehingga tahapan proses dari mulai pemungutan sampai penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dapat berjalan lancar, tanpa kendala.” harapnya.

Lanjut Fathor menambahkan, usai dilantik, para anggota KPPS diajak melakukan aksi penanaman pohon sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan. Menurutnya, penanaman pohon ini merupakan simbol bahwa banyak pohon yang digunakan dalam proses pemilu untuk keperluan logistik, terutama surat suara. Dengan pelantikan KPPS ini, maka dijadikan momentum atau sebuah usaha untuk mengganti pohon-pohon yang ambil.

Foto bersama KPU dan PPS serta KKPS

“Jumlah pohon yang akan ditanam ada 924 pohon sesuai dengan jumlah KPPS yang dilantik. Harapannya, agar lingkungan menjadi asri sehingga aksi penghijauan ini menjadi hal yang positif untuk dilakukan bersama dalam menjaga lingkungan.” harapnya.

Sebagai informasi Pelantikan dan pengambilan sumpah KPPS Kelurahan Patokan disaksikan oleh Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM pada KPU Kabupaten Situbondo, Imam Nawawi bersama sekretariat KPU Sanayo, Lurah Patokan, Babinsa dan Babinkamtibmas serta tamu undangan lainnya. (Dee)

Artikel ini telah dibaca 137 kali

Baca Lainnya

Tungku Bakar Sate Sepanjang 40 Meter, Siap Bakar 6000 Tusuk Kambing

17 Juni 2024 - 18:33 WIB

Bernuansa Putih, Warga Rutan di Situbondo Kompak Laksanakan Sholat Idul Adha

17 Juni 2024 - 18:22 WIB

Bupati Suhatri Bur Berterimakasih atas Dukungan Semua Pihak Dalam Membangun Padang Pariaman

17 Juni 2024 - 17:29 WIB

Bupati Padang Pariaman Berharap Dapat Menekan Angka Pengangguran, Dengan Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Agar Pemerintahan Berjalan Dengan Baik

17 Juni 2024 - 03:20 WIB

Wilayah Utara Menginginkan Calon Bupati dan Wakil Bupati Suhatri Bur Berpasangan dengan Asmar

16 Juni 2024 - 18:13 WIB

Pelepasan Siswa Kelas VI SDN 5 Kendit Menampilkan Berbagai Kesenian dan Kebudayaan

15 Juni 2024 - 23:36 WIB

Trending di Berita