Menu

Mode Gelap

Berita · 3 Jul 2023 14:59 WIB

Pemain Top Eropa Merumput di Liga Arab, Faktor Finansial atau Kompetitif


 Karim Benzema merupakan salah satu pesepakbola bintang dunia yang tergoda bermain di Liga Arab Saudi. [Sumber Foto: Twitter/ittihad_en] Perbesar

Karim Benzema merupakan salah satu pesepakbola bintang dunia yang tergoda bermain di Liga Arab Saudi. [Sumber Foto: Twitter/ittihad_en]

Publikapost.com, Arab Saudi – Jendela bursa tranfer musim panas 2023/2024 sudah di buka, banyak klub sepak bola berbondong-bondong membeli atau menjual pemain untuk menatap musim yang akan datang. Kesibukan mencari pemain yang cocok dengan tim kesebelasan juga dirasakan klub di Liga Saudi atau Saudi Pro League (LSP).

Sebelumnya, pada bulan Januari Mega Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, memutuskan bergabung dengan Al Nassr. Kepindahan tersebut secara langsung menaikkan pamor Liga Arab Saudi dalam kancah internasional.

Pada bursa tranfer musim panas ini sudah banyak pemain Eropa berlabuh di klub-klub LSP tersebut. Namun perlu diketahui bersama penyebab atau alasan para pemain top Eropa berlabuh ke klub Liga Arab Saudi, berikut penjelasan nya:

1. Olahraga Jadi Bagian Penting

Melansir The Independent, Pemerintah Arab Saudi melihat olahraga sebagai bagian penting dari strategi ‘Visi 2030’. Negara ini banyak berinvestasi di banyak sektor karena berusaha meningkatkan kekuatan ekonominya dari cadangan minyaknya yang terbatas, dengan olahraga menjadi salah satunya.

Proyek ini diyakini sudah dimulai pada tahun 2018 untuk mengampanyekan Arab Saudi di sepak bola dunia. Terbukti ajang Piala Dunia antarklub FIFA bisa mereka gelar tahun 2023 ini.

Sebelum mendapat ‘jatah’ Piala Dunia Antarklub 2023, Arab Saudi resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia 2027 mendatang, pada awal Februari. Mereka juga akan menggelar Asian Games 2029.

Saat ini sepak bola Arab Saudi seperti tengah bersiap naik level. Pemerintah Arab Saudi memberikan kesempatan kepada klub-klub mereka merekrut pemain-pemain top dunia. Tujuannya adalah meningkatkan pamor sepak bola di negara tersebut.

2. Menikmati Hidup Usai Dapatkan Semua Prestasi di Eropa

Selain Benzema, beberapa klub Arab Saudi lainnya juga dikabarkan tengah mengincar bintang-bintang top Eropa lainnya seperti Sergio Ramos, N’Golo Kante, hingga Ilkay Gundogan.

Lionel Messi sempat dikabarkan mendapat tawaran dari Al Hilal dengan kontrak 600 juta euro atau Rp9,5 triliun. Messi membenarkan kabar itu, tapi akhirnya memilih bergabung dengan Inter Miami CF.

Kemudian Al Hilal juga dilaporkan bersedia memberikan gaji kepada Sergio Ramos sebesar 30 juta euro atau Rp476 miliar per musim. Sedangkan Kante dilaporkan mendapatkan tawaran dari Al Ittihad dengan bayaran 100 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun per musim.

Gaji tersebut jelas sangat tinggi jika dibandingkan dengan bayaran yang mereka terima di klub Eropa.

Sehingga tak dimungkiri bahwa bayaran tinggi menjadi salah satu alasan yang membuat bintang-bintang Eropa ini tertarik untuk menerima tawaran klub-klub Arab Saudi.

Namun bagi Benzema memutuskan melanjutkan karier di Arab Saudi bukan karena uang semata. Ia menilai Liga Arab Saudi juga merupakan kompetisi yang bagus.

Dalam konferensi persnya bersama Al Ittihad, Benzema mengatakan mau bermain di Liga Arab Saudi karena dihuni pemain bintang salah satunya Ronaldo.

“Cristiano Ronaldo sudah ada di sini, dia adalah teman yang menunjukkan bahwa Arab Saudi mulai maju dan saya di sini untuk menang seperti yang saya lakukan di Eropa,” kata Benzema.

“Al Ittihad merupakan tantangan baru bagi saya. Liga yang bagus dan banyak pemain bagus,” ucap Benzema menambahkan.

3. Pajak Ringan

Masih berkaitan dengan finansial, pajak di Arab Saudi cenderung ringan. Bahkan, mereka tidak menarik pajak pendapatan.Hal tersebut tentu berbeda dengan negara-negara Eropa seperti Spanyol, Prancis, Italia atau Inggris. Hal tersebut membuat pemain-pemain dapat menikmati gajinya lebih besar. Karena mereka harus menyisihkan nyaris separuh, hanya untuk membayar pajak pendapatan di Eropa.

4. Kekuatan Uang Jadi Faktor Utama

Faktor utama yang membuat pemain bintang Eropa mau bergabung dengan klub Liga Saudi adalah kekuatan uang yang dimiliki klub-klub tersebut.

Cristiano Ronaldo, misalnya, Al Nassr memberikan gaji untuk Ronaldo sebesar 175 juta paun atau sekitar 3,3 triliun rupiah per tahun. Gaji Karim Benzema juga tak berbeda jauh.

Al Ittihad menggajinya sebesar 200 juta euro atau sekitar 3,1 triliun rupiah per musim. Hal tersebut membuat Ronaldo dan Benzema menjadi pemain dengan gaji termahal di dunia.

Di satu sisi, jika dilihat dari sisi finansial keputusan Ronaldo, Benzema, dan Kante untuk pindah ke klub Liga Saudi adalah keputusan yang tepat.

Hal itu membuat mereka paling tidak mendapat penghasilan yang besar sebelum mereka akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu. Bisa dibilang keputusan utuk bermain di Liga Saudi adalah investasi jangka pendek.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Melakukan Perlawanan, 1 Dari 5 Pelaku Begal Casis Bintara Polri Ditembak Polisi

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur Intelejen  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita