Menu

Mode Gelap

Berita · 23 Feb 2024 12:35 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berencana Melakukan Penelitian Terhadap Objek Diduga Cagar Budaya di Kawasan Tambang Galian C Kecamatan Lubuk Alung


 Pemkab Padang Pariaman Berencana Melakukan Penelitian Terhadap Objek Diduga Cagar Budaya di Kawasan Tambang Galian C Kecamatan Lubuk Alung Perbesar

Padang Pariaman, Publikapost.com – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sosialisasikan rencana penelitian terhadap Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang ditemukan di kawasan tambang galian c di Korong Surantiah Nagari Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung.

Sosialisasi rencana penelitian yang diprakarsai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang Pariaman tersebut, dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat Daerah (Setda) di lantai II Kantor Bupati di Kawasan IKK Parit Malintang, Kamis (22/02/2024).

Rapat sosialisasi dipimpin langsung oleh Sekda Rudy Repenaldi Rilis dan didampingi Kadisdikbud Anwar. Turut hadir Kapolres Padang Pariaman AKBP Ahmad Faisol Amir, Dandim 0308 Letkol Inf Dwi Widodo, Wakil Ketua DPRD Risdianto, dan perwakilan dari Kejari Pariaman.

Tampak hadir, perwakilan OPD terkait dari Pemprov Sumbar, pihak penambang, para pakar dan ahli cagar budaya LPP Unand, dan pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, serta Wali nagari dan tokoh masyarakat.

Sekda Rudy Rilis menyampaikan, sosialisasi ini di gelar sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk melindungi dan melestarikan cagar budaya di wilayahnya.

Dia berharap, sosialisasi ini dapat menghantarkan sebuah pemahaman bahwa melindungi cagar budaya itu merupakan kewajiban pemerintah maupun masyarakat.

“Di lokasi temuan ODCB aktivitas tambang harus dihentikan, dan sesuai izinnya di lokasi tanah clay silahkan beraktivitas dengan catatan apabila ada pertemuan baru seperti batu yang sudah ditemui, pihak pengelola harus melaporkan kembali, dan ini adalah perintah undang-undang,” ujar Rudy.

Sosialisasi yang berlangsung tiga jam tersebut, menghasilkan sebuah kesepakatan bahwa peserta rapat mendukung untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Disdikbud akan menindaklanjuti apa yang sudah disepakati dalam rapat sosialisasi penelitian objek cagar budaya ini.

(Fakhri)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pelepasan Siswa Kelas VI SDN 5 Kendit Menampilkan Berbagai Kesenian dan Kebudayaan

15 Juni 2024 - 23:36 WIB

Puncak Bakti Sosial AKABRI 1994, Peringati 30 Tahun Pengabdian

15 Juni 2024 - 23:02 WIB

Kantor Camat Medan Area Terbakar, FAM Minta Usut Terjadinya Kebakaran Dikantor Camat

15 Juni 2024 - 19:06 WIB

Melalui Kirab Budaya Nusantara, SDN 5 Kendit Wujudkan Generasi Milenial Berkarakter Dan Memiliki Budaya Nusantara

15 Juni 2024 - 18:00 WIB

Kepala Sekolah SMP Methodist 9 Dipanggil Dinas Pendidikan Kota Medan Terkait Penyalahgunaan Dana Bos

15 Juni 2024 - 12:18 WIB

Penjelasan Bupati Padang Pariaman Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 

14 Juni 2024 - 23:48 WIB

Trending di Berita