Menu

Mode Gelap

Berita Β· 28 Nov 2023 15:07 WIB

Pemusnahan Barang Bukti Di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Timur


 Konferensi Pers Pemusnahan Barang Bukti Perbesar

Konferensi Pers Pemusnahan Barang Bukti

Jakarta , Publikapost.com Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur menghadiri kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Cukai, Tindak Pidana Narkotika dan Tindak Pidana Umum Lainnya.

Dalam kegiatan ini BNNK Jakarta Timur diwakili oleh Ketua Tim Pemberantasan, M. Zulmanah Isnaem, SH., MH,. Pemusanahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Cukai, Tindak Pidana Narkotika dan Tindak Pidana Umum lainnya dihadiri oleh Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, Dandim 0505/JT yang diwakili, Kapolres Metro Jakarta Timur Yang diwakili dan Kepala Isntansi Terkait, yang dilaksanakan di halaman Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Selasa (28/11/23).

Dalam pemusnahan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkhracth) ini terdiri dari 82 (delapan puluh dua) perkara tindak pidana narkotika dengan barang bukti :

– 7,5 Kg ganja dan tembakau sintetis

– 0,58 Kg sabu

– 356 butir ekstasi

– 4,9 Kg serbuk pembuat pil ekstasi

– dan berbagai macam alat hisap narkotika seperti bong, pipet, korek gas api, timbangan dan handphone.

Keterangan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Imran, SH, M.Hum

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Imran, SH, M.Hum menyampaikan pihaknya mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang berkenan hadir.

”Kami ucapkan terima kasih kepada Walikota Jakarta Timur, dan jajarannya serta Dandim 0505 /JT yang diwakili oleh Bapak Danramil, Bapak Kapolres Metro Jakarta Timur diwakili oleh Kapolsek Jatinegara, Serta mohon maaf tidak bisa kami sebut satu persatu serta seluruh tamu undangan yang berbahagia,” ucapnya.

Kejari Jakarta Timur mengungkapkan pertama akan dihancurkan barang bukti ini secara masal baik secara digilas dipotong dan barang yang harus kita Gilas harus tuntas semuanya, sehingga tidak bisa digunakan kembali termasuk obat atau kosmetik yang tanpa ijin edar sehingga akan kita musnahkan secara serentak semoga kegiatan ini bisa terlaksana secara aman.

“Seluruh barang bukti narkotika dimusnahkan dengan cara dibakar, digilas dengan mobil wales gilas dan dihancurkan menggunakan blender sehingga barang bukti narkotika tidak dapat dipergunakan atau dimanfaatkan kembali,” ungkapnya.

Kejari Jakarta Timur menerangkan kegiatan pemusnahan ini merupakan tugas dan kewenangan Kejaksaan Negeri yang diatur dalam pasal 270 s/d 276 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang hukum acara Pidana dan diatur pula pada pasal 30 ayat (1) UndangUndang Nomor 16 Tahun 2014 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

”Pemusnahan barang bukti ini merupakan sebagai bentuk pelaksanaan eksekusi terhadap putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dan hal ini rutin dilakukan oleh Kejaksaan setiap tahunnya agar barang-barang bukti tersebut tidak disalahgunakan, terutama barang bukti tindak pidana narkotika, karena barang-barang tersebut merupakan barang yang membahayakan,” terangnya.

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Pemusnahan dan Pemberantasan Barang Bukti

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Timur melalui Kapolsek Jatinegara Kompol Chitya Intania Kusnita mengajak semua pihak untuk bersama-sama ikut memberantas peredaran narkoba yang bisa mengancam generasi muda khususnya di wilayah Jakarta Timur, maupun tindak pidana lainnya.

“Tentunya ini semua perlu adanya kesadaran dari masyarakat. ” tuturnya.

Kemudian dilakukan penandatanganan nota kesepakatan tentang pemusnahan dan pemberantasan barang bukti Narkotika oleh Walikota Jakarta Timur, Kajari Jakarta Timur, Dandim 0505/JT, Kapolres Jakarta Timur yang mewakili, kepala BNN yang mewakili dan Pengadilan Jakarta Timur dll. (Nfn/Phay)

Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Tingkatkan Rasa Nasionalisme, Karutan Ajak WBP Ikuti Upacara Hari Kesadaran Nasional Setiap Tanggal 17

17 Mei 2024 - 16:12 WIB

Ratusan Calon Anggota PPS Pilkada Ikuti Ujian Seleksi Berbasis CAT

17 Mei 2024 - 16:08 WIB

Calon Petahana Suhatri Bur Mendaftar ke Partai GerindraΒ 

17 Mei 2024 - 00:09 WIB

Trending di Berita