Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Apr 2023 20:02 WIB

Perdagangan India Malaysia Bisa Dengan Rupee


 Foto Baidu Perbesar

Foto Baidu

 

Pada 1 April lalu, Kementerian Luar Negeri India mengumumkan bahwa India dan Malaysia telah sepakat untuk menggunakan uang rupee India untuk penyelesaian permasalahan perdagangan.

Kementerian luar negeri India mengatakan bahwa perdagangan antara India dan Malaysia sekarang dapat diselesaikan dalam rupee India, selain mode penyelesaian mata uang lain yang ada.  Pada Juli 2022, Reserve Bank of India memutuskan untuk mengizinkan penyelesaian perdagangan internasional dalam rupee India.  Langkah RBI ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan perdagangan global dan mendukung kepentingan industri perdagangan yang menggunakan mata uang rupee India.

“Portal Berita The Hindu” mengatakan bahwa yang melatar belakangi keputusan Kementerian Luar Negeri India adalah karena para pejabat saat ini sudah bekerja keras untuk melindungi perdagangan India dari dampak krisis Ukraina.  Kendati demikian Dolar A.S. Juga telah menjadi mata uang cadangan utama dalam perdagangan internasional sejauh ini, dan pergeseran juga sangat menjauh dari dolar A.S.

Hal ini menunjukkan bahwa India bersedia mengambil langkah-langkah kongkrit untuk mendedolarisasi perdagangan internasional.

Perdagangan dalam dolar menjadi semakin sulit karena ekonomi Rusia mendapat sanksi dari kekuatan Barat setelah Rusia meluncurkan “operasi militer khusus” terhadap Ukraina, kata laporan itu.  Hal ini, pada gilirannya, memicu tren global untuk mencari solusi dan de-dolarisasi menggunakan mata uang nasional.

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Bentuk Kepedulian Terhadap Warganya, Bupati Suhatri Bur Hadiri Takziah Almarhum Aldelia Korban Luka Bakar

29 Mei 2024 - 23:34 WIB

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Aster Panglima TNI Tinjau Sumur Bor

29 Mei 2024 - 23:15 WIB

Kunker Tim Wasev TMMD Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodim 0823/Situbondo

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Belasan Unit Ruko Di jalan Tuasan Masih berdiri Kokoh Diduga Tidak Memilik PBG, Desak Walikota Medan Untuk Tinjau Lokasi Dan Minta Bongkar Bangunan Ruko

29 Mei 2024 - 16:55 WIB

Mewakili Generasi Muda, Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara Kabupaten Deli Serdang Tabulasi, Maju Bacalon Kepala Daerah

29 Mei 2024 - 16:47 WIB

Kajari Gowa Lantik Pejabat Baru, Ini Yang Disampaikan Dalam Sambutannya

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Berita