Menu

Mode Gelap

Berita · 15 Des 2023 11:37 WIB

Peringati Hari Juang TNI AD 2023, Pasilog Kodim 0823/Situbondo Bacakan Amanat KSAD TNI AD


 Peringati Hari Juang TNI AD 2023, Pasilog Kodim 0823/Situbondo Bacakan Amanat KSAD TNI AD Perbesar

Peringati Hari Juang TNI AD 2023, Pasilog Kodim 0823/Situbondo Bacakan Amanat KSAD TNI AD

Situbondo, Publikapost.com – Peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2203 kali ini bertempat di halaman Makodim 0823/Situbondo Jl. P.B Sudirman No. 32 Kelurahan Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo.

Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke 78 Tahun 2023 tersebut mengambil tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”.

Adapun yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Pasilog Kodim 0823/Situbondo, Kapten Inf Agus Al Amin, Komandan Upacara (Danup), Pgs. Danramil 0823/02 Panji, Letda Inf Suyitno dan Paup Pasipers Kodim 0823/Situbondo, Kapten Inf Athin Irawanto yang diikuti kurang lebih 100 orang. Jumat (15-12-2023).

Sementara itu yang terlibat dalam pasukan upacara dalam memperingati Hari Juang TNI AD tersebut yaitu,1 SSR Perwira, 2 SST Pasukan tidak bersenjata, 1 SST Pasukan bersenjata, 1 SSR Gabungan Intel dan PNS.

Inspektur Upacara, Kapten Inf Agus Al Amin dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan Hari Juang TNI AD, agar kita semua selalu mengenang perjuangan Panglima Besar Sudirman dalam pertempurannya yang dikenal sebagai peristiwa Ambarawa, dan pada tanggal 15 Desember inilah yang menjadikan momentum HUT Juang TNI AD.

“Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa. Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan. Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua.” tegasnya saat membacakan amanat Kepala Staff TNI Angkatan Darat, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Hari Juang TNI AD kali ini mengusungkan tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”. Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD dengan Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Kemanunggalan TNI AD bersama rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik Sosial. Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin.

Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks. Selain itu, kita juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama, termasuk TNI AD.

TNI AD memiliki kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam. Kita dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, berperan aktif dalam pelestarian alam.

Restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan. Untuk itu, dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam. Mari kita bersama-sama wujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI.

Kita akan segera memasuki tahun politik tahun 2024. Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang sering kali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran. Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI. (Dee)

Artikel ini telah dibaca 63 kali

Baca Lainnya

Kota Pariaman Jadi Lautan Manusia Saksikan Festival Budaya Pesta Tabuik

22 Juli 2024 - 03:17 WIB

Bertemu Anies Baswedan, Relawan Arta Serahkan Kartu Jakarta Bahagia 

22 Juli 2024 - 03:09 WIB

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Trending di Berita