Menu

Mode Gelap

Berita · 4 Jul 2023 17:02 WIB

Persiapan Sebelum Menikah dalam Tinjauan Islam


 Pernikahan [Sumber Foto: NU Online] Perbesar

Pernikahan [Sumber Foto: NU Online]

Publikapost.com, Situbondo – Langkah yang mulus menuju bahtera rumah tangga sangat diinginkan oleh setiap pasangan suami-istri. Namun pada akhirnya tapak demi tapak selalu ada batu sandungan yang akan memberikan kedewasaan dalam rumah tangga.

Pelbagai persiapan sudah dilakukan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan untuk mengantisipasi kandasnya sebuah hubungan. Hal tersebut lazim dilakukan oleh setiap laki-laki atau perempuan yang siap untuk menikah. Tinjauan islam dalam melihat pernikahan sangatlah komplek dan memberikan penjelasan yang mudah.

Persiapan ini dilakukan agar calon mempelai sudah benar-benar siap untuk memasuki dunia pernikahan. Menukil prudentialsyariah.co.id, berikut persiapan sebelum menikah yang harus dilakukan.

1. Persiapkan Niat yang Tulus dan Matang

Menikah adalah ibadah yang agung dalam agama Islam. Sehingga, Anda harus melakukannya dengan niat yang tulus serta mental yang sudah matang. Yakin lah bahwa pasangan Anda akan menjadi teman sehidup semati. Persiapkan diri untuk bertanggung jawab dengan pilihan Anda sampai akhir hayat nanti.

2. Memperbaiki Akhlak dan Mengamalkan Sunnah

Menikah merupakan proses menyatukan hidup Anda bersama pasangan. Untuk itu, Anda dapat mulai memperbaiki akhlak dan menjalankan beberapa ibadah sunnah dari sebelum menikah. Hal ini karena akhlak merupakan bentuk cerminan diri yang akan terlihat oleh pasangan dan menjadi salah satu kunci keharmonisan rumah tangga.

3. Mengikuti Konseling Pranikah

Konseling pranikah dilakukan agar Anda dan calon pasangan memiliki gambaran tentang kehidupan pernikahan nanti. Hal ini dilakukan agar calon mempelai mampu hidup selaras dengan tuntutan dan petunjuk Allah SWT, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

4. Kesiapan Fisik, Mental, dan Finansial

Pastikan Anda dan calon pasangan sudah siap memenuhi tugas sebagai seorang istri dan suami. Anda juga dapat memeriksakan kesehatan tubuh dan mental sebelum memutuskan untuk menikah.

Kesiapan finansial juga sangat penting bagi pasangan yang baru saja menikah. Kebutuhan sehari-hari yang semakin tinggi tentu membutuhkan kesiapan finansial yang cukup untuk menopang hidup.

Pasalnya, permasalahan finansial menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat perceraian. Angka perceraian di Indonesia bahkan menempati posisi tertinggi di Asia Afrika. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki finansial yang cukup untuk rumah tangga.

Artikel ini telah dibaca 142 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Polisi Ungkap Rentetan Kasus Pelaku Begal Casis Bintara Polri

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur Intelejen  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita