Menu

Mode Gelap

Berita Β· 19 Okt 2023 19:37 WIB

Polres Metro Jakarta Utara Gerebek Gang Macan Cilincing Amankan Belasan orang Dan Barang Bukti


 Keterangan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Iverson Manossoh SH.,MH Perbesar

Keterangan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Iverson Manossoh SH.,MH

Jakarta , Publikapost.com Guna menekan angka kriminalitas di wilayah Cilincing dan sekitarnya, Polres Metro Jakarta Utara gerebek Gang Macan, Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (19/10/23).

Dalam Kegiatan penggerebekan ini dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Iverson Manossoh.

Tim gabungan yang dikerahkan ini terdiri dari anggota Satuan Intelkam, Satuan Reskrim, Satuan Resnarkoba, Unit Reskrim Polsek Cilincing dan Tim Patroli Perintis Presisi Polres Metro Jakarta Utara hingga Si Humas Polres Metro Jakarta untuk mendokumentasikan kegiatan operasi tersebut.

Kasat Reskrim mengatakan Tim gabungan Polres Metro Jakarta Utara bergerak menuju permukiman padat penduduk tersebut untuk meringkus sejumlah target yang sudah ditentukan.

β€œIni merupakan kegiatan Satgas Gakkum Operasi Mantap Brata (OMB) 2023-2024 dalam rangka menekan angka kriminalitas,” ucapnya di lokasi penggrebekan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara mengungkapkan operasi ini dimulai dengan apel pengerahan pasukan di Pos Taktis Tanah Merdeka, Jalan Raya Cilincing.

“Setelah menerima arahan dari Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Iverson Manossoh, anggota langsung bergerak memasuki gang-gang sempit Kalibaru yang disinyalir menjadi tempat tinggal para pelaku kejahatan,” ungkapnya.

Lokasi Penggerebekan Gang Macan, Kali Baru, Cilincing

Kasat Reskrim melanjutkan berbekal data hasil penyelidikan, polisi lantas berpencar memasuki gang demi gang di permukiman padat penduduk tersebut.

“Operasi ini mengikuti salah satu tim yang berpencar di kawasan yang dikenal bernama Gang Macan. Gang tersebut terbilang sangat sempit. Penerangannya minim dan udaranya terasa lembab,” lanjutnya.

Kasat Reskrim menambahkan agar kegiatan berjalan aman dan terkendali, Kasat Reskrim menerjunkan 111 personel gabungan

β€œAda ratusan personel kami libatkan,” imbuhnya.

Kasat Reskrim menerangkan sasaran kegiatan (gerebek) ini antara lain pelaku geng motor, pengedar narkoba, pelaku tawuran, dan 3 C (Curas, Curat, Curanmor). Tim di lapangan kemudian memasuki gang itu dengan berjalan cepat tetapi tetap menjaga kesenyapan agar tak terlalu membuat gaduh.

“Setelah menelusuri gang yang sempit, petugas gabungan segera memasuki salah satu rumah kontrakan yang berada di lantai atas dan melakukan penggerebekan terhadap dua orang terduga pelaku tawuran,” terangnya.

Sejumlah Orang Dan Barang Bukti Diamankan Polisi

Kasat Reskrim menjelaskan Kedua pria ini tidak bisa banyak berkutik saat polisi datang dan langsung mendobrak pintu kontrakan mereka. Setelah interogasi, mereka langsung digiring untuk menunjukkan rumah-rumah pelaku lainnya.

β€œSasarannya pelaku kriminal yang meresahkan masyarakat, terlebih sebentar lagi akan memasuki tahapan Pemilu 2024,” jelasnya.

Kasat Reskrim menegaskan meski Tim memasuki jalanan dan gang yang cukup sempit dengan sepeda motor, anggota yang terbagi dalam tiga tim tetap bersemangat mencari para pelaku kejahatan di tempat persembunyiannya. Tidak hanya di Gang Macan, polisi juga bergerak sampai ke wilayah lainnya di Cilincing seperti kawasan Semper Timur untuk melakukan pengembangan. Dari penggerebekan itu, Polisi berhasil mengamankan 15 orang masing-masing berinisial IM (16), AZ (14), TP (21), ZA (17), SAZ (15), RS (16), D (21), AMT (17), KA (20), RH (21), YA (16), DS (18), AR (18), B (28), dan D (25). Berikut barang bukti antara lain 14 Hp, 1 laptop, seperangkat alat hisap, 15 bilah senjata tajam dan 1 klip bungkus kecil sabu.

β€œ15 orang yang diduga sebagai pelaku tawuran dan pengguna narkoba kami amankan berikut barang buktinya. Saat ini mereka semua telah berada di Mapolres Metro Jakarta Utara guna penyelidikan lebih lanjut,” tegasnya. (Nfn/phay)

Artikel ini telah dibaca 107 kali

Baca Lainnya

Melakukan Perlawanan, 1 Dari 5 Pelaku Begal Casis Bintara Polri Ditembak Polisi

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur IntelejenΒ  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita