Menu

Mode Gelap

Berita · 19 Okt 2023 16:05 WIB

Polres Situbondo Lakukan Pemeriksaan Senjata Api Berkala


 Polres Situbondo Lakukan Pemeriksaan Senjata Api Berkala Perbesar

Situbondo,Publikapost.com– Polres Situbondo Polda Jatim melakukan pemeriksaan puluhan senjata api (senpi) milik anggotanya yang dipakai serta melekat pada personel di lapangan. Pemeriksaan itu dilaksanakan secara berkala guna mengantisipasi penyalahgunaan senpi yang berdampak hukum serta berimbas negatif terhadap citra Polri di masyarakat.

Pemeriksaan senjata api dilakukan oleh Wakapolres Situbondo Kompol Kompol I Made Prawira Wibawa S, S.T., S.I.K., M.I.K. didampingi Kasi Propam I Komang Adi Aryama, S.H bertempat di Gedung Indoor Polres Situbondo, Kamis (19/10/2023)

Senjata api jenis revolver yang dipinjam pakaikan kepada anggota Polri aktif dilakukan pemeriksaan baik fisik, kebersihan dan kelengkapan administrasi personel yang memegang senjata api. Satu per satu personel yang menggunakan senpi memperlihatkan kepada tim pemeriksa.

Wakapolres Kompol I Made Prawira Wibawa mengatakan pemeriksaan senpi milik anggota Polres dan Polsek Jajaran dilaksanakan secara berkala guna mengantisipasi kasus penyalahgunaan yang berdampak hukum serta dapat memberikan dampak negatif terhadap citra Polri.

“Pemeriksaan sifatnya pengawasan dan pengendalian. Tujuan yang utama adalah mengantisipasi (terjadinya) penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri, khususnya anggota Polres Situbondo,” jelasnya.

Selain itu, Wakapolres Kompol I Made Prawira Wibawa mengingatkan kepada seluruh personel dalam pelaksanaan tugas khususnya dalam penggunaan senjata apai agar berpedoman pada Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

“Anggota pemegang senpi harus memahami Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 dan berhati-hati dalam bertindak karena apabila ada yang menyalahgunakan, akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku ” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Melakukan Perlawanan, 1 Dari 5 Pelaku Begal Casis Bintara Polri Ditembak Polisi

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur Intelejen  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita