Menu

Mode Gelap

Berita · 6 Sep 2023 15:57 WIB

Ratusan WBP Rutan Situbondo Ikuti Skrining ACF TBV


 Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) dan pemeriksaan HIV Perbesar

Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) dan pemeriksaan HIV

Situbondo, Publikapost.com – Rutan Kelas IIB Situbondo atau yang lebih dikenal dengan Rusibon, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Fasyankes Kabupaten Situbondo dan Tirta Medical Center (TMC) melakukan kegiatan Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) tahun 2023 bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (06/09/2023)

Karutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan menjelaskan kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, pada hari ini dan besok tanggal 7 September 2023 terhadap 387 orang WBP. Adapun dihari pertama kegiatan skrining telah diikuti oleh 205 orang warga binaan pemasyarakatan.

“Ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan massif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi/ rentan terhadap penularan/ penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas/ Rutan,” katanya.

Karutan Rudi Kristiawan Meninjau Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) dan pemeriksaan HIV

Dalam proses pelaksanaan skrining gejala dilakukan oleh petugas kesehatan Rutan Kelas IIB Situbondo yang bekerja sama dengan petugas Dinas Kesehatan Situbondo.

“Terima kasih dan apresiasi kepada stakeholder internal maupun eksternal, sehingga Skrining TBC dapat dilaksanakan dengan lancar dan kondusif,” ujarnya.

Karutan Rudi menambahkan bahwa kegiatan skrining ACF TBC salah satu upaya Rutan Kelas IIB Situbondo dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran penyakit TBC khususnya di dalam Rutan.

“Kegiatan Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) dan pemeriksaan HIV tersebut dapat menambah pengetahuan WBP tentang gejala dan bahaya penularan penyakit TBC/HIV, beliau juga menyampaikan kepada WBP untuk mengikuti skrining dengan baik. Saya berharap tidak ada penemuan HIV/TBC di Rutan Situbondo, ” tutupnya. (Dee)

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Direktorat Penyidikan Jampidsus Kembali  Tetapkan 7 Orang Tersangka Baru Terkait Perkara Komoditi Emas

19 Juli 2024 - 13:37 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berhasil Mengatasi Inflasi Kemenkeu RI Kucurkan DIF Tahun 2024 

18 Juli 2024 - 23:35 WIB

Trending di Berita