Menu

Mode Gelap

Berita · 29 Des 2023 11:21 WIB

Refleksi Akhir Tahun Rutan Situbondo Ditutup Dengan Istighosah Dan Doa Bersama


 Refleksi Akhir Tahun Rutan Situbondo Ditutup Dengan Istighosah Dan Doa Bersama Perbesar

Refleksi Akhir Tahun Rutan Situbondo Ditutup Dengan Istighosah Dan Doa Bersama

Situbondo, Publikapost.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo melaksanakan refleksi akhir tahun sekaligus menyambut tahun baru 2024 dengan istighosah, ceramah agama, dzikir dan doa bersama yang bertempat di lapangan dalam Rutan Situbondo.

Istigosah dan do’a bersama ini diikuti oleh ratusan warga binaan (WBP) dan seluruh jajaran petugas Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Situbondo Kantor Wilayah Jawa Timur, Jum’at (29/12/2023)

Hal ini dalam rangka merefleksikan apa saja yang telah dilakukan selama satu tahun ke belakang dan memanjatkan doa serta harapan di tahun yang akan datang. Kegiatan tersebut juga menjadi ajang muhasabah atau introspeksi diri bagi WBP Rutan Situbondo.

Karutan Situbondo Rudi Kristiawan saat memberikan sambutan

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan menyampaikan harapannya di tahun yang akan datang akan lebih baik dari pada tahun 2023

“Doa bersama ini sebagai bentuk rasa syukur kita telah diberikan kesehatan dan kelancaran selama setahun kebelakang, serta kami memohon kebaikan, keberkahan, keselamatan dan kesehatan bersama, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang menjalani pidana di Rutan Situbondo untuk menjadi insan yang lebih baik.” ungkap Karutan Rudi.

Istighosah Dan Doa Bersama dipimpin oleh Ustad Muhammad Syaiful Kurniawan

Tak lupa Karutan Rudi juga mengingatkan bahwa di bulan Februari 2024 mendatang, kita semua akan memilih pemimpin bangsa, oleh karena itu gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan diberikan pemimpin bangsa yang amanah yang akan memperjuangkan kepentingan rakyat dan tentunya kita bersama yang ada di Lapas maupun Rutan.” ujarnya.

Masih kata Karutan Rudi, Refleksi akhir tahun 2023 ini sebagai bentuk evaluasi dari hidup kita yang sebelumnya.

“Saya harapkan kita semua dan WBP Rutan Situbondo untuk meningkatkan yang baik dan meninggalkan yang buruk dan semoga warga binaan bisa cepat pulang ke rumah masing-masing.” tutupnya.

Ustad Muhammad Syaiful Kurniawan saat memberikan ceramah

Muhammad Syaiful Kurniawan sebagai penceramah dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa introspeksi diri dan doa bersama lebih penting dilakukan untuk menyongsong tahun baru daripada melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, sehingga diharapkan semakin mawas diri dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Mari kita bersama-sama memohon kepada Allah SWT agar di tahun 2024 seluruh Pegawai maupun WBP selalu diberikan kesehatan, perlindungan, dimudahkan dalam segala urusan dan apa yang menjadi hajat bersama dapat dikabulkan oleh Allah SWT.” ujarnya.

Suasana makan bersama saat kegiatan istighosah dan do’a bersama usai

Kegiatan telah dilaporkan Karutan Situbondo dan mendapatkan dukungan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono dalam hal ini kakanwil Kemenkumham Jawa Timur mendukung penuh istighosah doa bersama ini yang diinisiasi oleh Rutan Kelas IIB Situbondo Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur ini. Pihaknya berharap di tahun 2024 mendatang Kementerian Hukum dan HAM RI untuk semakin baik dan maju lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat luas.

Kegiatan refleksi akhir tahun merupakan bagian dari program pembinaan kepribadian kerohanian di Rutan Situbondo.(Dee)

Artikel ini telah dibaca 81 kali

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita