Menu

Mode Gelap

Berita · 8 Jun 2023 04:04 WIB

Satpolairud Polres Situbondo bersama Tim SAR Evakuasi Awak Servis Boat Karam di Perairan Mangaran  


 Satpolairud Polres Situbondo bersama Tim SAR Evakuasi Awak Servis Boat Karam di Perairan Mangaran    Perbesar

Situbondo, Publikapost.com – Satpolairud Polres Situbondo Polda Jatim bersama masyarakat pesisir Kalbut melakukan evakuasi awak Servis Boat (kapal jasa pengangkut crew dan kebutuhan kapal) yang dilaporkan karam di perairan Mangaran sekira 2 mil sebelah utara Pelabuhan Kalbut Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo, Rabu (7/6/2023)

Sekitar pukul 14.15 wib, Satpolairud menerima laporan masyarakat perihal adanya salah satu Servis Boat yang beroperasi dan melayani kapal-kapal Pertamina Kalbut mengalami karam di Perairan Mangaran tepatnya di koordinat 7° 35′ 32” LS – 114° 0′ 37” BT.

Selanjutnya, Tim SAR gabungan terdiri dari anggota Satpolairud dibantu masyarakat pesisir langsung menuju lokasi kejadian dan melakukan evakuasi terhdap 3 awak servis boat yakni Ahmad Budiyono (30), Miswandi (50) dan Sukarsono, ketiganya warga Desa Semiring Mangaran.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasat Polairud AKP Moh. Hasanudin, SH menerangkan kronologi kejadian karamnya servis boat, pada hari itu ada servis boat tanpa nama lambung melakukan pelayanan pengisian air tawar terhadap MT Manggala dari Pelabuhan Kalbut tujuan Perairan Mangaran membawa 5 Ton Air Tawar PDAM.

Kemudian karena kondisi angin kencang dihantam ombak dari sebelah kanan lambung yang menyebabkan muatan air tawar miring ke kiri sehingga berakibat kurang seimbangnya kapal hingga mengalami karam. Seluruh awak kapal melompat dan berlindung di salah satu Fender MT Manggala. Kemudian awak kapal menghubungi pemilik kapal untuk meminta bantuan. Setelah menerima informasi servis boat yang karam, personil Satpolairud bersama masyarakat pesisir menuju lokasi sekitar 2 mil laut dari pelabuhan kalbut untuk membantu evakuasi awak servis boat.

“Memang saat meninggalkan pelabuhan Kalbut untuk mengantar air kondisi cuaca angin kencang dan ombak cukup besar sehingga terjadi karam. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa ketiga awak servis boat ditemukan dalam keadaan selamat, hanya mengalami kerugian erusakan kapal ditafsir kurang lebih Rp. 25.000.000,“ pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Melakukan Perlawanan, 1 Dari 5 Pelaku Begal Casis Bintara Polri Ditembak Polisi

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur Intelejen  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita