Menu

Mode Gelap

Entertainment · 11 Apr 2023 09:15 WIB

Tata Group Berencana Mengambil Alih Pabrik Wistron di India


 Tata Group Berencana Mengambil Alih Pabrik Wistron di India Perbesar

Pada bulan September tahun lalu, dilaporkan bahwa Tata Group, sebuah perusahaan India terkemuka, sedang bernegosiasi dengan Wistron untuk mengakuisisi satu-satunya pabrik manufaktur Wistron di India.

Pada bulan Januari tahun ini, dilaporkan bahwa Tata Group akan mengambil alih pabrik iPhone besar Wistron di India selatan, sebuah kesepakatan yang akan menjadikannya pembuat iPhone lokal pertama di India.  Business Line sekarang mengungkapkan bahwa Wistron akan menyelesaikan penjualan pabrik pembuatan iPhone di India ke Tata Group pada akhir April.

Faktanya, Wistron adalah salah satu pemasok terbesar Apple di India, pabriknya terletak di negara bagian Karnataka (Karnataka) di India selatan, dan telah merakit iPhone di India sejak 2017.  Saat ini Tata Electronics, salah satu divisi dari Tata Group, sudah memasok komponen ke Apple.

IT House mengetahui dari pejabat bahwa Tata Group (टाटा समूह) saat ini adalah perusahaan grup terbesar di India, termasuk 96 perusahaan di 7 departemen, beroperasi di lebih dari 40 negara di enam benua, dan produknya diekspor ke 140 negara, melibatkan penerbangan , mobil, produk konsumen yang bergerak cepat, bahan kimia, pertahanan dan kedirgantaraan, sistem distribusi tenaga, teknik, keuangan, perawatan medis, informasi, lokomotif kereta api, real estat, baja, komunikasi, dan bidang lainnya.

Menurut informasi publik, Tata Group mendapatkan namanya dari pendirinya, Jamshidji Tata, yang anggota keluarganya hampir selalu menjabat sebagai ketua kelompok.  Ketua kelompok pada masa transisi adalah Ratan Tata.

Wistron merupakan salah satu perakit smartphone Apple iPhone SE dan iPhone 6s.  Belakangan, Luxshare Precision mengumumkan akuisisi sebagian dari bisnis iPhone Wistron senilai US$472 juta, sehingga menjadi OEM daratan China pertama Apple.  Tata Group telah bernegosiasi dengan Wistron selama beberapa bulan dan berharap untuk menyelesaikan akuisisi pada akhir Maret tahun ini, kata orang yang mengetahui masalah tersebut.  Jika akuisisi berhasil, Tata akan mengambil alih delapan lini produksi iPhone di pabrik Wistron India, serta 10.000 pekerja pabrik, termasuk ribuan insinyur.  Wistron akan terus melayani sebagai mitra layanan untuk iPhone di India.

Kini, media asing melaporkan Tata Group akan menyelesaikan akuisisi pabrik iPhone Wistron di India pada akhir April.  Grup Tata telah memulai perubahan organisasi di pabrik tersebut, kata sumber tersebut.

Sekitar 2.000 pekerja mungkin diberhentikan di pabrik sebagai bagian dari proses kesepakatan, kata sumber tersebut.  Selain itu, pabrik juga dapat menghilangkan 400 manajer tingkat menengah, dan saat ini sekitar 4 sampai 5 manajer senior telah diberhentikan atau meninggalkan pabrik.

Telah berspekulasi bahwa konglomerat India dapat memproduksi iPhone 15 untuk Apple setelah akuisisi oleh Tata Group.  Saat ini, delapan lini produksi di pabrik Wistron di India sedang memproduksi iPhone 12 dan iPhone 14.

Tentu saja, setelah Tata mengambil alih pabrik Bangalore, Wistron akan mundur sepenuhnya dari pasar India, karena ini satu-satunya pabrik di India yang memproduksi produk Apple.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Polsek Kalideres Tangkap Tersangka Penipuan Dan Pemerasan Melalui Aplikasi Kencan

14 Mei 2024 - 21:48 WIB

Tingkatkan Keandalan, Kartini PLN UID Jakarta Raya Terus Tumbuhkan Budaya K3

12 Mei 2024 - 12:50 WIB

Terlibat Nakoba Jenis Ganja, Dua Aktor Sinetron Di Tangkap Polres Metro Jakarta Barat

11 Mei 2024 - 02:05 WIB

Epy Kusnandar “Kang Mus”Ditangkap Polisi Terkait Penggunaan Narkoba

11 Mei 2024 - 01:29 WIB

Bupati Suhatri Bur Berpesan Tenaga Pendidik Dapat Meningkatkan Mutu Pendidikan di Padang Pariaman

7 Mei 2024 - 17:37 WIB

JMI Sumut Dan Polri Watch Desak Kominfo dan Polisi Tutup Judi Online Berkedok Warnet

5 Mei 2024 - 22:34 WIB

Trending di Berita