Menu

Mode Gelap

Berita ยท 29 Jun 2023 09:51 WIB

Tradisi Baru Idul Adha Ala Rutan Situbondo, Nyate Bareng Seluruh WBP dan Petugas.


 Teks Foto 1 : Karutan bersama jajarannya makan bersama seluruh WBP Perbesar

Teks Foto 1 : Karutan bersama jajarannya makan bersama seluruh WBP

Situbondo, Publikapost.com – Merasakan kebahagiaan dan kebersamaan di momen Idul Adha, tidak semua warga binaan pemasyarakatan pada umumnya bisa merasakannya. Namun kali ini berbeda dengan Rutan Kelas IIB Situbondo yang selalu memberikan inovasi dan ide maupun gagasannya.

Pasalnya di momen Idul Adha 1444 H, Rutan Kelas IIB Situbondo menggelar makan bersama dengan bertajuk Nyate Bareng Seluruh WBP Dan Petugas Rutan Situbondo , Kamis (29/06/2023)

Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan menjelaskan bahwa ini merupakan pertama kalinya di Hari Raya Idul Adha 1444 H, kita makan bersama seluruh WBP dan petugas rutan situbondo.

“Total sebanyak 435 orang dengan rincian 363 WBP dan 72 Petugas, makan bersama dengan menu sate sebanyak 3000 tusuk dan gulai. Hal ini sudah pernah saya lakukan dulu saat pertama kali menjabat Karutan di Rutan Padang Panjang.” bebernya.

Tak hanya itu saja, Karutan Rudi juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuat mereka (RED- WBP) nyaman, tentram, hak-haknya dihormati serta memberikan layanan yang terbaik buat mereka.

Teks Foto 2 : Sholat Ied Idul Adha Berjamaah

“Momen Idul Adha 1444 H, Tahun 2023, kami inginkan mereka (RED- WBP) merasakan selayaknya berada di rumah bersama keluarga masing masing dengan menikmati hidangan sate dan gulai. ” ucapnya.

Karutan Rudi Kristiawan berharap kegiatan seperti ini dapat terus berkesinambungan di tahun-tahun berikutnya serta bisa menjadi momen sejarah di tahun ini.

“Kami harapkan kegiatan positif apapun yang ada di Rutan Kelas IIB Situbondo, untuk bisa lebih baik lagi ke depannya dan tentunya dengan skala yang lebih besar lagi. ” beber Karutan Rudi Kristiawan.

Sebelum makan bersama, dilakukan Sholat Ied berjamaah yang dihadiri oleh Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan, Pejabat Struktural dan seluruh Pegawai Rutan Situbondo yang bertempat di Musholah Al Ikhwan dan Aula Baharuddin Loppa.

“Alhamdulillah, hari ini dengan dipimpin langsung oleh imam dari luar, sholat Idul Adha berjamaah ini dapat terlaksana dengan penuh khidmat dan khusuk, Selepas sholat Ied, para warga binaan bersalaman dan bermaaf-maafan,” tutup Karutan Rudi saat diwawancarai oleh sejumlah awak media situbondo.

Sementara itu salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan, AW mewakili WBP lainnya mengatakan ini merupakan momen pertama kalinya di Hari Raya Idul Adha 1444 H, Karutan Situbondo bersama jajarannya memanusiakan kita sebagai warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Saya senang sekali, selama 4 tahun berpengalaman di tiga lapas, yakni Sidoarjo, Malang, Probolinggo dan terakhir di Rutan Situbondo, baru pertama kali ini merasakan kebersamaan di Hari Raya Idul Adha selayaknya di rumah bersama keluarga. Terima kasih Pak Rudi telah memanusiakan kita sebagai WBP” ungkapnya.

Informasi di lapangan dari 13 hewan qurban yang di terima oleh Rutan Situbondo, 7 di antaranya di sembelih pada hari ini Kamis (29/06) yang langsung di distribusikan bagi WBP Rutan Kelas IIB Situbondo dan sisanya 6 hewan qurban jenis kambing ini rencananya akan di sembelih besok hari sabtu dan akan di distribusikan untuk WBP Rutan Situbondo dan juga warga sekitar Rutan Situbondo.(Dedi)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

MIO INDONESIA Gelar Raker di Tavia Heritage Hotel Jakarta Pusat, Akan Dibuka Menkoinfo RI

20 Mei 2024 - 22:54 WIB

Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat Ungkap 3 Perkara Kriminal

20 Mei 2024 - 22:07 WIB

Kondisi Adelia Rahma Tengah Kritis di RSUP M Djamil Padang

20 Mei 2024 - 20:44 WIB

Siswa SMPN 73 Tebet Nekat Terjun dari Lantai 3, Korban Frustasi Dijauhi Teman Kelas

20 Mei 2024 - 20:27 WIB

Sebagai Penguatan Sektor Pertanian, Kajati Sulsel Agus Salim Laksanakan Kunker Ke Luwu Timur

20 Mei 2024 - 16:12 WIB

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Trending di Berita