Menu

Mode Gelap

Berita ยท 30 Apr 2024 17:07 WIB

Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Bayar PBB BPKD Lakukan Pendataan di tiga Kecamatan


 Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Bayar PBB BPKD Lakukan Pendataan di tiga Kecamatan Perbesar

 

Padang Pariaman, Publikapost.com – Dalam rangka, meningkatkan kesadaran masyarakat, tentang pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) menggelar sosialisasi massal PBB untuk beberapa wilayah di Kabupaten Padang Pariaman, dimana sosialisasi ini berlangsung di Hall IKK Parit malintang, Selasa (30/04/2024).

Kepala BPKD Padang Pariaman Taslim Leter menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas basis data Sistem Informasi Objek Pajak (SISMIOP) dan Sistem Informasi Geografis Pajak Bumi dan Bangunan (SIG-PBB) yang akurat dan berkualitas sesuai dengan kondisi lapangan objek dan subjek pajak terkini.

“Karena data tersebut merupakan modal dasar yang sangat penting, maka data tersebut harus selalu dipelihara atau dimutakhirkan secara periodik sesuai dengan kondisi terkini di wilayah Kabupaten Padang Pariaman karena keusangan data merupakan hal yang dapat menghambat kelancaran penerimaan pendapatan dari sektor PBB-P2,” terangnya.

Ia melanjutkan, melalui sosialisasi ini diharapkan, para koordinator dan kolektor kecamatan maupun Wali nagari bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB dan di administrasikan dalam sebuah sistem basis data.

“Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terus berupaya dalam penyediaan sarana dan prasarana serta diiringi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, sebagai wajib pajak, baik secara sistem pelayanan maupun secara administrasi,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, PBB merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang penting bagi Kabupaten Padang Pariaman.

PBB ini digunakan, untuk membiayai berbagai program pembangunan di daerah, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Menurutnya, dengan membayar PBB, berarti masyarakat telah turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Kita berharap kepada Wali nagari dan Wali korong di bawah koordinasi Camat, untuk terus meningkatkan peran dan proporsi penerimaan sektor pajak, terhadap Pendapatan Asli Daerah di nagari,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini, diikuti Walinagari dan Wali korong di Kecamatan Nan Sabaris, Kecamatan Ulakan Tapakis, dan Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.

(Fakhri)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

HUT Bhayangkara Ke 78 , Polda Sumatera Barat Menggelar Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolda Cup 2024

19 Juni 2024 - 23:30 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan Beasiswa Sebanyak 3.722 Orang Siswa Siswi SMP dan SD

19 Juni 2024 - 20:59 WIB

Bupati Padang Pariaman Serahkan SK Pengangkatan 2000 Orang Pegawai PPPK

19 Juni 2024 - 18:54 WIB

Wakajati Sulsel Pimpin Penyembelihan Hewan Qurban 1445 H Di Kantor Kejati Sulsel

19 Juni 2024 - 15:37 WIB

Tungku Bakar Sate Sepanjang 40 Meter, Siap Bakar 6000 Tusuk Kambing

17 Juni 2024 - 18:33 WIB

Bernuansa Putih, Warga Rutan di Situbondo Kompak Laksanakan Sholat Idul Adha

17 Juni 2024 - 18:22 WIB

Trending di Berita