Menu

Mode Gelap

Berita · 13 Des 2023 22:03 WIB

Unuja Raih Bronze Winner Anugerah Diktiristek 2023


 Unuja Raih Bronze Winner Anugerah Diktiristek 2023 Perbesar

Probolinggo, Publikapost.com – Universitas Nurul Jadid (UNUJA) meraih penghargaan di Malam Anugerah Diktiristek 2023. Dalam pengumuman penghargaan Anugerah Ristekdikti yang berlangsung Rabu malam  (13/12) di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, kampus berbasis pesantren ini meraih anugerah bronze winner dalam bidang Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat untuk bidang Publikasi Ilmiah dan Kekayaan Intelektual.

Rektor UNUJA, KH. Abd. Hamid Wahid, M.Ag., menyampaikan bahwa pencapaian UNUJA meraih anugerah bergengsi dari Diktiristek ini merupakan prestasi kerja seluruh civitas akademika, khususnya di bidang luaran tridarma. “Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi seluruh civitas akademika UNUJA dalam meraih capaian ini. Ini apresiasi sekaligus evaluasi bagi kita untuk terus meningkatkan skaligus memperbaiki kualitas kebermanfaatan tridarma kita untuk masyarakat,” tutur pria yang akrab disapa Gus Hamid ini.

Gus Hamid juga mengatakan bahwa ke depan UNUJA  masih harus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas dan prestasi di semua bidang. Penghargaan Diktiristek untuk bidang publikasi ilmiah ini menjadi barometer bagi perguruan tinggi dalam bidang publikasi ilmiah. Dengan anugerah ini, harapannya UNUJA bisa mempertahankan sekaligus bersemangat untuk berbenah menjadi lebih baik dalam luaran tridarma.

Kepala Lembaga Penerbitan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNUJA, Dr. Achmad Fawaid, yang turut mendampingi Rektor UNUJA dalam menerima anugerah ini mengatakan bahwa anugerah di bidang publikasi ini didasarkan pada hasil penilaian terhadap indikator kinerja utama perguruan tinggi yang diperoleh dari skor SINTA (Science and Technology Index). “Dalam 2 tahun terakhir, memang ada peningkatan signifikan dalam hasil publikasi di UNUJA, baik untuk artikel jurnal, buku ajar, maupun kekayaan intelektual. Itu bisa dilihat dari peringkat UNUJA di Sinta yang 2 tahun lalu ada di peringkat 700an kini sudah berada di 296 dari seluruh PT di bawah Kemendikbud,” tutur Fawaid.

Fawaid juga menambahkan bahwa pencapaian UNUJA di bidang publikasi ilmiah ini tidak lepas dari peran dosen, mahasiswa, dan pemangku kepentingan di lingkungan Fakultas dan Lembaga. “Setidaknya, sejak tahun 2018, kampus ini sudah menerapkan kebijakan riset dan PKM berbasis publikasi ilmiah, mulai dari kebijakan publikasi tugas akhir, program KKN berbasis luaran, hingga insentif. Bahkan, UNUJA sudah memulai publikasi sebagai pengganti tugas akhir 2 tahun sebelum kebijakan Mendikbud tentang pengganti skripsi,” tuturnya.

Selain itu, UNUJA juga sudah menjalin beberapa kerja sama dengan mitra luar negeri, khususnya di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Tiongkok. Jejaring publikasi internasional yang dibangun oleh individu dosen juga menjadi faktor utama tingginya penilaian publikasi ilmiah. Beberapa jurnal internal UNUJA juga telah terakreditasi nasional. Sampai saat ini, terdapat 9 dari 13 jurnal aktif yang dikelola telah terakreditasi Sinta. Menurut Fawaid, “Untuk usia kampus swasta pesantren yang baru berusia 5 tahun, ini adalah percepatan yang luar biasa. Namun, PR kita ke depan adalah bagaimana memastikan publikasi ini tidak hanya selesai di luaran namun juga bermanfaat buat masyarakat.”

Sebagaimana diketahui, Anugerah Diktiristek merupakan agenda tahunan bergengsi yang diselenggarakan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek sebagai bentuk apresiasi kepada perguruan tinggi dan lembaga layanan pendidikan tinggi atas kinerjanya dalam pelaksanaan program dan kebijakan pendidikan tinggi, riset, dan teknologi. Selain itu, penganugerahan ini juga merupakan apresiasi kepada para mitra dari kementerian, lembaga, dunia usaha dan dunia industri, jurnalis, dan media yang telah berpartisipasi aktif dalam transformasi pendidikan tinggi, pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, program matching fund dan program lainnya.

Beberapa kategori anugerah ini, antara lain Anugerah Prioritas Nasional, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Jurnalis dan Media, Anugerah Humas, Anugerah Belmawa, Anugerah Sumber Daya, Anugerah Kelembagaan, dan Anugerah Riset, PKM, dan Publikasi Ilmiah. Katgori ini dibagi ke dalam subbagian PTNBH, PTNBLU, dan PTS.

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

TMMD Ke-120 Situbondo Libatkan Tiga Matra TNI

20 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kejaksaan selalu Hadir Ditengah Masyarakat, Agus Salim Menutup Turnamen Sepak Bola Kajati Sulsel Cup I 2024 Di Kota Malili Lutim

20 Mei 2024 - 11:55 WIB

Gus Hamid dan Red Hawk Bondowoso Siap Perkuat Potensi Ekonomi Hingga Pariwisata

19 Mei 2024 - 14:41 WIB

TMMD Ke-120 Bersama Masyarakat Bersinergi Mengukur Lokasi Pembangunan Rumah Panel Listrik

18 Mei 2024 - 23:49 WIB

Menangani Persoalan Sosial dan Kamtibmas, Kapolres Metro Jakarta Utara Mengukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas

17 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kaliandra Sipohon Masa Depan Energi Indonesia

17 Mei 2024 - 21:14 WIB

Trending di Berita