Menu

Mode Gelap

Berita · 31 Mei 2023 12:20 WIB

Zero PMK, Pemkab Situbondo Gelar Kontes Ternak 2023, Tingkatkan Kualitas Hewan Ternak.


 Teks foto : Bupati Situbondo Situbondo bersama pemenang juara 1 kontes ternak kategori sapi kereman extrem Perbesar

Teks foto : Bupati Situbondo Situbondo bersama pemenang juara 1 kontes ternak kategori sapi kereman extrem

Situbondo, Publikapost.com – Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo kembali menggelar Kejuaraan Kontes Ternak 2023 setelah vakum akibat dilanda Pandemi PMK dan penyakit lainnya. Rabu (31/5/2023)

Ratusan ternak dari 17 Kecamatan wilayah Kabupaten Situbondo beradu bobot dan sehat dalam kontes ternak yang diselenggarakan dari tanggal 29 -31 Mei 2023 tersebut.

Achmad Junaidi selaku Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo mengatakan bahwa selain sebagai ajang promosi, gelaran Kontes Ternak 2023 ini, untuk meningkatkan kualitas hewan ternak masyarakat Kabupaten Situbondo dengan mengangkat tema ” Kontes Ternak 2023, Vaksinasi Tuntas, Kualitas Ternak Meningkat, Situbondo Berjaya “.

“Acara ini bertujuan untuk mendapatkan bibit ternak yang berkualitas dalam rangka peremajaan, memberikan motivasi dan merancang peternak untuk memproduksi bibit ternak yang berkualitas, memberi penghargaan bagi peternak yang berprestasi, melakukan promosi calon bibit yang berkualitas serta meningkatkan kemampuan bibit ternak.” ucap Junaidi saat memberikan laporannya.

Baca Juga :

Kelurahan Mimbaan Wakili Kabupaten Situbondo di BBGRM Terbaik Tingkat Jatim 2023

Selain itu dirinya mengatakan Kontes Ternak 2023 ini terbagi dalam beberapa jenis, yakni ternak sapi dan ternak domba sapudi.

“Kontes ternak ini digelar di Alun Alun Besuki, terdapat 153 sapi unggulan, 26 domba sapudi sehingga total berjumlah 179 ekor hewan ternak dari 17 kecamatan di kabupaten situbondo saling pamer bobot dan kesehatan.” ucapnya.

Bupati Situbondo bersama Pemenang Juara Umum Kontes Ternak

Selanjutnya dirinya menambahkan bahwa untuk ternak sapi terbagi dalam beberapa kategori yakni kelas extrem, kelas indukan, kelas pendet.

“Untuk mengikuti kontes ternak ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yakni hewan ternak dalam kondisi sehat dengan melampirkan keterangan dari dokter hewan, hewan ternak berasal dari Kabupaten Situbondo dengan dibuktikan kode barcode dan anting telinga dan terakhir hewan ternak sudah di vaksinasi.” pungkasnya.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan selain adu penampilan hewan ternak, acara ini juga digelar untuk meningkatkan kualitas ternak sebab hewan ternak yang ikut kejuaraan ini akan lebih menjadi tinggi.

Baca Juga :

Ratusan Motor Modif Keren Ramaikan Situbondo Oto Contest 2023

“Kegiatan ini untuk memberikan motivasi semangat kepada peternak agar lebih meningkatkan kinerja dalam beternak sehingga upaya untuk meningkatkan pendapatan sekaligus kesejahteraan masyarakat itu bisa dicapai.” ucapnya saat ditemui oleh awak media.

Selain itu dirinya menambahkan bahwa Kontes Ternak 2023 mendapatkan animo yang luar biasa dari para peternak di Kabupaten Situbondo.

“Pemerintah Kabupaten Situbondo akan terus memberikan layanan yang terbaik dalam upaya meningkatkan kesehatan ternak sehingga para peternak tidak lagi dirugikan dengan berbagai penyakit yang ada dalam peternakan,” katanya.

Sebagai informasi jumlah total hadiah Kontes Ternak 2023, sebesar 116 juta rupiah. Dan untuk Juara 1 (satu) Kontes Ternak 2023 Kategori Kereman Extrem dimenangkan oleh pemilik sapi H. Aji Zakiya. Sapi yang diberi nama Barong tersebut berjenis Limosin dengan bobot 1 ton 56 kilogram. (Dedi)

Artikel ini telah dibaca 156 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Melakukan Perlawanan, 1 Dari 5 Pelaku Begal Casis Bintara Polri Ditembak Polisi

22 Mei 2024 - 22:14 WIB

Dua Buronan Beda Propinsi Diamankan Oleh Tim Tabur Intelejen  Kejati Sulsel, Kajati Agus Salim Beri Apresiasi

22 Mei 2024 - 20:34 WIB

Mafia Tanah Merampas Hak Milik Atas Tanah Warisan Suku Jambak

22 Mei 2024 - 19:11 WIB

Pengukuhan dan Pelantikan DPC IWAPI Padang Pariaman Periode 2024-2029

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Aksi Unjuk Rasa Menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran Bergema di Seluruh Negeri

22 Mei 2024 - 19:01 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran : Perlawanan untuk Kebebasan Pers Wartawan Bersatu Banjarnegara menggelar aksi damai

22 Mei 2024 - 18:54 WIB

Trending di Berita